Klasifikasi Sumber Energi Pembangkit Tenaga Listrik


Klasifikasi Sumber Energi Pembangkit Tenaga ListrikSumber energi adalah segala sesuatu  di lingkungan yang kemudian dapat menghasilkan energi. Secara umum sumber energi dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu: 

 

Energi Terbarukan 

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan secara terus menerus dari berbagai sumber energi seperti matahari, angin, air, panas bumi, biomassa, energi gelombang, dan lain-lain. Keunggulan dari sumber energi terbarukan ini adalah  tidak pernah habis dan sumber energi ini juga merupakan  energi  bersih atau bebas dari polusi yang dihasilkan oleh sumber energi konvensional sebelumnya. Sumber energi terbarukan termasuk misalnya. 

 

Energi Matahari 

Energi surya merupakan sumber energi terbarukan yang paling potensial diantara sumber energi terbarukan lainnya, mampu menghasilkan energi yang bersih, aman dan andal. Harga atau biaya pemasangan sumber energi surya saat ini jauh lebih murah dibandingkan 10 tahun yang lalu, sehingga sumber energi ini bisa dibandingkan dengan generator yang masih menggunakan energi fosil dari segi biaya produksinya. Energi surya dibedakan menjadi dua jenis yaitu pasif dan aktif.


Energi Angin 

Angin biasanya digerakkan oleh udara  atmosfer, dan kincir angin digunakan untuk menangkap energi tersebut. Energi angin ini dapat dihasilkan baik dalam cuaca berkabut maupun hujan. Lokasi  turbin angin merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi kinerja pembangkit.

Turbin angin biasanya ditempatkan 30 meter di atas permukaan tanah. Turbulensi angin kemudian ditempatkan pada setiap titik dengan jarak 5-15 kali lebar diameter turbin untuk menghindari turbulensi, dan turbin dapat beroperasi pada sumbu horizontal atau vertikal. 

 

Energi Biomassa 

Biomassa adalah energi yang dihasilkan dalam bidang pertanian atau peternakan. Energi ini dihasilkan dari kotoran tumbuhan dan hewan. Sumber energi biomassa adalah bahan organik yang energi sinar matahari disimpan dalam ikatan kimia.Jika ikatan antara molekul karbon, hidrogen, dan oksigen putus karena terbakar atau terurai, maka energi yang tersimpan dari zat tersebut akan terlepas. 

 

Energi Gelombang Laut 

Energi gelombang laut menutupi 1/3 permukaan bumi, dimana laut merupakan sumber energi terbarukan yang mempunyai potensi  sangat besar, memanfaatkan pergerakan kinetik air di sepanjang pantai. Yang paling efektif adalah dengan menggunakan tiang osilasi sehingga dapat memutar turbin angin menggunakan dasar gelombang air laut. 

 

Energi Panas Bumi 

Energi panas bumi merupakan energi yang dihasilkan dari panas yang terkandung dalam inti bumi yang merupakan energi  bersih dan terbarukan. Kekurangan dari sumber energi ini adalah tidak semua tempat dapat membangun sumber energi panas bumi dan juga rentan terhadap bencana tanah longsor atau gempa bumi. 

 

Energi Tak Terbarukan 

Energi tak terbarukan merupakan energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang proses pembangkitannya memakan waktu jutaan tahun. Energi ini dikatakan tidak terbarukan karena jika sumber daya tersebut diekstraksi atau digunakan secara berlebihan, maka penggantian sumber daya alam dengan jumlah yang sama tidak mungkin terjadi dalam jutaan tahun mendatang. 

Jenis-jenis sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah:


Batubara 

Batubara merupakan bahan bakar fosil yang mudah terbakar berupa batuan sedimen, terbentuk dari bahan-bahan organik, terutama sisa-sisa tumbuhan, yang unsur utamanya adalah karbon, hidrogen, dan oksigen.


Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan bakar fosil yang berbentuk cairan kental berwarna hitam atau coklat tua dan mudah terbakar. Minyak terdiri dari campuran hidrokarbon yang kompleks. Minyak merupakan hasil penguraian bahan organik seperti tumbuhan dan hewan.

 

Gas Alam 

Gas alam mempunyai nama lain yaitu gas alam yang merupakan bahan bakar fosil  berbentuk gas yang kandungan utamanya adalah metana. Gas metana dihasilkan oleh penguraian bahan organik oleh bakteri anaerob. Metana merupakan gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global jika dilepaskan ke atmosfer.

 

Energi Nuklir 

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi fisi dan termonuklir inti atom. Bahan utama  bahan bakar nuklir adalah uranium dan plutonium, uranium dan plutonium merupakan hasil penambangan bawah tanah, sehingga bahan bakar nuklir juga merupakan bahan bakar yang tidak terbarukan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url