Cara Mudah Mematikan Bunyi Token Listrik, Mudah!

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan bunyi berisik yang berasal dari token listrik di rumah Anda? Jika ya, Anda tidak sendiri. Banyak pemilik rumah mengalami masalah yang sama. Bunyi berulang dari token listrik bisa menjadi sangat mengganggu, terutama saat Anda mencoba untuk bersantai di rumah Anda. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah praktis untuk membantu Anda mematikan bunyi tidak diinginkan tersebut. Berikut ini cara-cara dalam mematikan bunyi token listrik yang sebagian orang di anggap menggangu, apalagi bunyinya terjadi pada malam hari, hal ini tentu menggangu tetangga atau istirahat kita, berikut ini beberapa cara dari kelasteknisi.com.

1. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Dengan Kode 812

Untuk mematikan suara alarm pada meteran Anda dapat mengiikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, pergi ke meteran atau token listrik prabayar rumah Anda.
  • Kemudian tekan tombol 812 untuk mematikan suara token di rumah.
  • Setelah berhasil memasukkan kode 812 pada meteran prabayar, lanjutkan dengan tombol Enter.
  • Tekan Enter untuk mematikan / menghentikan suara meteran listrik secara otomatis. Ini adalah cara untuk mematikan suara meteran listrik token.

Tanda listrik dimatikan hanya ketika alarm atau meteran listrik berbunyi karena token habis, tetapi perhatikan bahwa meteran listrik akan dalam kondisi baik, bisa saja suara Alarm timbul dikarnakan adanya suatu masalah pada meteran prabayar kamu. Anda dapat meminta bantuan PLN.

2. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Dengan Pengisian Token

Langkah kedua untuk mematikan bunyi token listrik adalah dengan melakukan pengisian token. Cara ini terbilang ampuh karena selain bunyi yang mengganggu menjadi hilang, dapat juga mengurangi resiko listrik padam karena token listrik habis bisa dihindari.

Dalam pengisian token listrik bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tetapi PLN telah mempunyai peraturan dalam hal ini, di mana setiap pelanggan hanya diperbolehkan mengisi daya sebesar 720 jam per bulan sesuai jatah daya listrik.

Semisal, rumah memiliki daya listrik sebesar 900 kWh. Kalikan 900 dengan 1000 dan mendapatkan hasil 0,9. Lalu kalikan 0,9 dengan 720 jam untuk mengetahui kebutuhan kWh per bulan. Hasilnya adalah 648 kWh. Kalikan 648 dengan Rp 586 untuk mengetahui tarif bulanan, dan hasilnya adalah Rp 376.728 per bulan. Artinya, itulah tarif bulanan yang dikeluarkan satu bulan untuk listrik. Namun, untuk batas minimal pembelian token listrik sendiri sekitar Rp 20 ribu.

3. Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Gunakan Kode 456

Cara terakhir untuk mematikan bunyi token listrik yakni dengan memasukkan kode 456 pada meteran yang diikuti oleh angka minimal kuota listrik yang diinginkan. Dalam khasus ini, PLN sendiri telah menetapkan standar minimal 20 kWh untuk batas kuota listrik rumah.

Ubah standar minimal listrik pada meteran listrik yang awalnya 20 kWh\h menjadi 10 kWh. Caranya dengan menekan masukkan kode 456 diikuti angka 10. Dengan begitu, bunyi token listrik akan mulai berbunyi ketika daya telah mencapai batas minimal tersebut atau batas yang telah kita sesuaikan sendiri.

Penyebab Bunyi Token Listrik Muncul

Bunyi token listrik sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari stok listrik menipis, batas kuota listrik di bawah 20 kWH, dan terjadi eror pada alat meter prabayar. Jika stok listrik menipis, Anda bisa mengatasinya seperti tig acara di atas. Tetapi jika permasalahan yang terjadi adalah terjadi eror pada alat meter prabayar, maka Anda harus melapor ke kantor PLN.

Cara melapornya pun cukup dengan menghubungi nomor layanan 123 yang didahului dengan kode area. Semisal berada di Jakarta, artinya menggunakan kode 021 yang diikuti dengan angka 123. Setelah terhubung, baru laporkan kondisi meteran listrik dan ceritakan kronologi sebelum terjadinya error.

Biasanya, kantor PLN akan memberikan solusi yang terjadi pada alat meter prabayar yang ada. Contohnya, apabila saat error muncul kode ERR-03 pada meteran listrik, ini menandakan adanya masalah pada jumper positif alat meteran prabayar. Solusinya adalah dengan melepas jumper dan memasangnya kembali.

Hindari mengotak-atik alat meter prabayar sendiri jika terjadi masalah. Segera hubungi pihak PLN, supaya mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat dan sesuai. Atau dalam keadaan listrik mati tapi meteran tetap nyala, berikut solusi dan penyebabnya, klik di sini.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan meteran listrik berbunyi bip di rumah. Cara mudah untuk mematikan bunyi tanda listrik di rumah. Kami harap informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url