7 Cara Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Listrik merupakan salah satu tagihan yang termasuk biaya wajib bulanan. Sebagian besar keluarga saat ini sangat mengandalkan listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Halo sahabat teknisi, kalau konsumsi listrik tidak terkontrol sehingga mengakibatkan membengkak tagihan listrik kita, tidak bisa dipungkiri biaya listrik akan terus meningkat. 

Namun, jelas juga bahwa kenaikan harga listrik sering kali disebabkan oleh kebiasaan sepele yang harus dihindari. Untuk mengurangi tagihan listrik supaya tidak membengkak, berikut adalah cara penghematan konsumsi yang mungkin bermanfaat untuk sobat kelasteknisi. 

1. Matikan Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan 

Cara paling mudah untuk menghemat listrik  adalah dengan mematikan dan mencabut perangkat elektronik seperti TV dan charger ponsel saat tidak digunakan. Jika Anda membiarkan steker dicolokkan, listrik akan tetap  tersambung. Sedikit kebiasaan mematikan listrik yang tidak dikonsumsi secara rutin  bisa menghemat banyak uang untuk ibumu. 

Baca juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik PLN Secara Online Terbaru

2. Gunakan AC seperlunya

Saat cuaca panas, Anda mungkin ingin menyalakan AC atau AC. Namun, membiarkan AC dalam waktu lama dapat membuang daya dan mencemari lingkungan. Jadi pilihlah waktu  terbaik saat Anda ingin menyalakan AC, misalnya saat Anda tidur di malam hari. Selain itu, belilah AC yang memiliki fungsi hemat energi dan dapat menaikkan atau menurunkan suhu ruangan secara otomatis. Atau carilah jenis AC yang bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan.  

3. Gunakan lampu LED 

Salah satu cara termudah untuk mengurangi tagihan listrik adalah dengan memasang lampu hemat energi (LED). Mengutip laman Live Science, sekitar 15% penggunaan listrik rumah tangga berasal dari  penerangan. Oleh karena itu, Anda bisa mengganti penerangan rumah Anda dengan lampu LED. Lampu LED tidak hanya hemat energi, tetapi juga dapat mengurangi emisi karbon sekitar 40 kg per tahun.  

4. Hindari Pengecasan HP Saat Tidur 

Anda mungkin terbiasa meninggalkan ponsel, laptop, atau baterai lain yang terisi daya dan kemudian tidur. Ternyata kebiasaan ini bisa bikin tagihan listrik meroket lho, Moms! Jika arus terisi penuh dan tidak segera dihilangkan, arus akan terus mengalir. Selain itu, perangkat elektronik mudah rusak. 

5. Perhatikan Penggunaan Kulkas

Kulkas adalah salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan di rumah, tetapi juga berkontribusi paling besar terhadap konsumsi daya. Jika ingin menghemat daya, jangan mengisi lemari es terlalu banyak atau terlalu sering membuka tutupnya. Karena jika sudah selesai akan menyedot listrik dan menyulitkan motor kulkas untuk mengatur suhu internal. 

6. Gunakan Sirkulasi dan Ventilasi di Rumah 

Ketika rumah Anda memiliki aliran udara dan ventilasi yang baik, itu dapat mengurangi tagihan listrik secara signifikan, Mom! Lampu tidak hanya dapat digunakan lebih sedikit karena cahayanya digantikan oleh sinar matahari dipagi hingga sore hari, tetapi juga dapat digunakan lebih sedikit jika sirkulasi udaranya baik. Anda bisa menambahkan tanaman dan pepohonan untuk menambah kesejukan rumah Anda.

7. Gunakan Cara Alami 

Sementara beberapa pekerjaan rumah tangga lebih mudah dan efektif dengan perangkat elektronik,  bukan tidak mungkin untuk melakukannya sendiri. Misalnya untuk mencuci pakaian, gunakan tangan untuk menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Atau Anda tidak perlu menggunakan penyedot debu untuk membersihkan sudut-sudut rumah Anda. Anda sebaiknya membersihkannya sendiri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url