10 Produsen Chip Terbesar di Dunia: Ada Instrumen Texas



Chip silikon adalah otak di balik hampir setiap jenis perangkat komputasi modern yang sekarang kita andalkan untuk menjalankan kehidupan kita sehari-hari. Berkat produsen chip, mereka digunakan dalam ribuan produk. Ini tidak hanya mencakup ponsel dan komputer , tetapi semuanya mulai dari mobil dan peralatan hingga berbagai perangkat medis. Tanpa chip komputer, sebagian besar dunia modern kita seperti yang kita tahu akan terhenti.

Chip juga dikenal sebagai sirkuit mikro atau microchip. Istilah chip, semikonduktor, dan bahkan sirkuit terpadu sering digunakan secara bergantian. Namun, ada beberapa perbedaan kecil. Chip adalah istilah umum yang digunakan ketika menggambarkan sirkuit terpadu kecil yang diperlukan untuk menjaga jutaan perangkat yang kita gunakan setiap hari berjalan secara efektif. Berikut ini adalah sepuluh perusahaan microchip dan semikonduktor terbesar di dunia dan informasi rinci tentang masing-masing.

10. Instrumen Texas

Texas Instruments (TI) berlokasi di Dallas, Texas dengan Rich Templeton sebagai CEO saat ini.

Texas Instruments adalah salah satu produsen chip terbesar di dunia yang mendesain dan memproduksi chip untuk perangkat seluler, semikonduktor analog, dan prosesor sinyal digital. Itu masih menghasilkan produk yang membuat perusahaan terkenal – kalkulator. Perusahaan ini dimulai pada tahun 1930 dalam bisnis minyak dan gas. Mereka kemudian fokus pada elektronik sistem pertahanan. Mereka mulai membuat semikonduktor pada tahun 1958 dan saat ini memiliki paten yang berjumlah puluhan ribu. Pada tahun 1967 perusahaan bertanggung jawab untuk menciptakan kalkulator genggam . Pada tahun 1970 Texas Instruments juga mengeluarkan mikrokontroler chip tunggal yang menggabungkan semua elemen komputasi menjadi satu bagian silikon.

Pada tahun 1990 TI merilis kalkulator TI-81. Ini adalah salah satu produk yang paling populer dan membuat perusahaan menjadi pemimpin dalam grafik. Pada tahun 1997, bagian pertahanan dari bisnis tersebut dijual kepada Raytheon. Pada tahun 2016 perusahaan memegang sekitar 45.000 paten. Texas Instruments memiliki pendapatan $18,34 miliar pada akhir tahun 2021.

9. Nvidia Corp. 

Nvidia Corp. didirikan pada April 1993 oleh Jensen Huang, Curtis Priem, dan Chris Malachowsky. Itu memiliki pendapatan $ 16,68 miliar pada tahun 2021. Perusahaan ini dikenal dengan kartu grafis videonya. Ini dianggap high-end dan populer di kalangan seniman digital dan gamer.

Nvidia berbasis di Santa Clara, California, dan tergabung dalam Delaware. Perusahaan Amerika merancang antarmuka pemrograman aplikasi (API), unit pemrosesan grafis, dan sistem pada chip (SoC) untuk pasar otomotif dan komputasi seluler. Nvidia juga memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras kecerdasan buatan dan telah berkembang ke industri game.

Dalam beberapa tahun terakhir Nvidia telah mulai membuat prosesor mobile untuk tablet dan smartphone. Pada bulan September 2020, perusahaan berusaha untuk mengakuisisi Arm Ltd. Ini akan menjadi salah satu akuisisi semikonduktor terbesar yang pernah ada. Namun, kesepakatan itu gagal pada Februari 2022 karena meningkatnya masalah regulasi.

8. Broadcom Inc. 

Broadcom Inc. terletak di San Jose, California. Tan Hock Eng adalah presidennya.

Broadcom Inc. adalah perusahaan Amerika yang mendesain dan memproduksi berbagai macam produk semikonduktor dan perangkat lunak. Mereka menyediakan produk untuk pasar perangkat lunak, nirkabel, broadband, dan penyimpanan.

Dari semua perusahaan semikonduktor, Broadcom memiliki sejarah yang unik. Perusahaan ini awalnya didirikan oleh pasangan mahasiswa-profesor. Henry Nicholas dan Henry Samueli dari UCLA memulai perusahaan pada tahun 1991. Pada tahun 1995 perusahaan telah pindah ke Irvine, California dari Westwood, Los Angeles. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 11.750 orang di lebih dari 15 negara.

Mereka menghasilkan semikonduktor analog dan digital. Mereka juga membuat antarmuka, prosesor, sakelar, router , dan serat optik. Perusahaan juga membuat produk untuk jaringan small-home, small-office (SOHO). Broadcom memiliki pendapatan $23,89 miliar pada tahun 2020.

7. Micron Technology Inc. (MU)

Salah satu produsen chip terbesar, Micron Technology didirikan pada tahun 1948 dan berkantor pusat di Boise, Idaho. Produk komersial perusahaan dipasarkan dengan merek Ballistix dan Crucial.

Micron Technology Inc. adalah perusahaan Amerika yang memproduksi penyimpanan data komputer dan memori komputer termasuk USB flash drive dan memori akses acak dinamis.

Micron Technology mengkhususkan diri dalam solusi memori dan penyimpanan. Produk mereka digunakan dalam elektronik, komputer, dan mobil. Salah satu produk utama mereka adalah flash RAM. Mereka juga memproduksi penyimpanan disk yang dapat ditulis ulang. Perusahaan go public pada tahun 1984. Pada tahun 2021 pendapatan perusahaan adalah $28,45 miliar. 

Dari semua perusahaan semikonduktor, Micron memimpin dalam produksi produk DRAM. Semikonduktor DRAM (dynamic random access memory) adalah perangkat dengan latensi rendah dan menyediakan pengambilan data berkecepatan tinggi. Ini penting karena dunia terus memperbaiki dan meningkatkan teknologi 5G . Smartphone yang memiliki kemampuan 5G biasanya memiliki DRAM 50 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan ponsel 4G.

6. Qualcomm Inc. (QCOM)

Qualcomm didirikan pada Juli 1985 oleh Irwin Jacobs dan Andrew Viterbi. Kantor pusat berada di San Diego, California.

Qualcomm adalah perusahaan telekomunikasi dan semikonduktor. Mereka merancang layanan dan produk komunikasi nirkabel. Perusahaan ini dikenal secara global untuk teknologi akses ganda (CDMA) divisi kode yang dipatenkan. CDMA telah memainkan peran penting dalam komunikasi nirkabel. Mereka membuat chipset Snapdragon yang digunakan di banyak perangkat seluler.

Salah satu produsen chip terbesar, perusahaan ini memiliki sekitar 45.000 karyawan. Pendapatan QCOM adalah $33,57 miliar pada tahun 2021. Mereka memiliki beberapa anak perusahaan termasuk Digital Fountain, SnapTrack, Wilocity, Qualcomm Innovation Center, dan Airgo Networks.

Snapdragon adalah kumpulan produk semikonduktor yang digunakan untuk perangkat seluler. Ini dirancang oleh Qualcomm. Perusahaan terkadang menyebut Snapdragon sebagai platform seluler. Semikonduktor Snapdragon digunakan dalam berbagai sistem termasuk Android, perangkat yang dapat dikenakan, dan bahkan mobil.

5. Intel Corp.

Intel Corporation (INTC) adalah perusahaan teknologi Amerika dengan kantor pusat di Santa Clara, California.

Intel didirikan oleh Gordon Moore dan Robert Noyce pada Juli 1968. Noyce juga memainkan peran kunci dalam penemuan microchip. Produsen chip khusus ini adalah pemain utama dalam kebangkitan Lembah Silikon dan membantu menjadikannya pusat teknologi tinggi seperti sekarang ini. 

Intel berspesialisasi dalam desain dan produksi chipset motherboard, sirkuit terintegrasi, dan pengontrol antarmuka jaringan. Intel mengembangkan x86, yang merupakan prosesor yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi. Mereka memasok mikroprosesor untuk produsen komputer seperti HP, Dell, Lenovo, dan Acer. Mereka juga memproduksi sirkuit terpadu, chip grafis, chipset motherboard, prosesor tertanam, dan pengontrol antarmuka jaringan.

Bisnis utama perusahaan adalah memproduksi microchip untuk komputer pribadi. Intel bertanggung jawab untuk menciptakan chip mikroprosesor pertama di dunia untuk tujuan komersial pada tahun 1971. Pendapatan Intel meningkat setiap tahun sejak 2018. Berdasarkan penjualan tahun 2020, Intel adalah produsen mikrochip terbesar di Amerika Serikat. Pendapatan tahunan untuk tahun 2021 adalah $79,02 miliar.

4. Global Foundries

Global Foundries didirikan pada Maret 2009. Mereka saat ini berkantor pusat di Malta, New York.

Global Foundries mempekerjakan sekitar 15.000. Global Foundries memproduksi chip untuk pasar yang mencakup komputasi, otomotif, dan konektivitas kabel. Perusahaan memproduksi chip untuk sekitar 7 persen dari industri semikonduktor. Produsen chip ini saat ini menjadi satu-satunya perusahaan yang beroperasi di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Singapura.

Perusahaan mengumumkan beberapa perkembangan penting dalam beberapa tahun terakhir. Penjualan divisi mikroelektronik IBM ke Global Foundries diumumkan pada Oktober 2014. Global Foundries melisensikan proses 14nm 14LPP FinFET dari Samsung pada 2016. Kemudian pada 2018, mereka mengembangkan node 12nm 12LP yang didasarkan pada proses 14LPP 14nm Samsung. 

Mereka mengumumkan bahwa memori non-volatil magnetoresistif tertanam mereka memasuki produksi pada Februari 2020. Ini adalah produksi pertama eMRAM siap di antara perusahaan semikonduktor. Perusahaan mengumumkan pada April 2021 bahwa mereka memindahkan kantor pusat globalnya ke Malta, New York dari Santa Clara, California. Pendapatan untuk perusahaan adalah $ 6 miliar pada tahun 2020.

3: UMC

United Microelectronics Corporation (UMC) didirikan pada tahun 1980. Perusahaan ini berkantor pusat di Hsinchu Science Park di Hsinchu, Taiwan. UMC memiliki 12 fasilitas produksi dan sekitar 20.000 karyawan. Ketua saat ini adalah Stan Hung. Situs web mereka menyatakan bahwa pendapatan perusahaan pada tahun 2021 adalah $7,7 miliar.

Pada Mei 1980, United Microelectronics Corporation adalah spin-off dari Institut Riset Teknologi Industri. Perusahaan baru secara resmi dimulai dan merupakan bisnis sirkuit terpadu swasta pertama di Taiwan. Pada tahun 1985 perusahaan secara resmi ditambahkan ke Bursa Efek Taiwan. Morris Chang adalah ketua pada waktu itu.

UMC terutama dikenal untuk memproduksi sirkuit terpadu dan bisnis semikonduktornya. Salah satu produsen chip terbesar, juga merupakan pemasok besar untuk industri otomotif. Pada tahun 2000 mereka menjadi perusahaan pertama yang memproduksi chip menggunakan teknologi pengolahan tembaga. Pada 2019 mereka mengakuisisi perusahaan, Mie Fujitsu Semiconductor.

2. Samsung Electronics

Samsung Electronics (SEC) didirikan pada Januari 1969 di Suwon, Korea Selatan.

Samsung Electronics adalah salah satu produsen chip semikonduktor terbesar di dunia. SEC memiliki organisasi penjualan dan pabrik perakitan di 74 negara dan mempekerjakan sekitar 290.000 orang.

SEC telah menjadi produsen televisi terbesar di dunia sejak tahun 2006. SEC telah memimpin dunia dalam pembuatan ponsel mulai tahun 2011. Ia juga mengklaim sebagai produsen chip memori terbesar. Ini terkenal dengan komputer tablet, terutama Samsung Galaxy Tab yang didukung oleh Android.

Produk Samsung paling sering digunakan di tablet dan smartphone. Mereka memproduksi lini perangkat mereka sendiri dengan nama, Samsung Galaxy. Perusahaan juga memproduksi peralatan rumah tangga, robotika , peralatan medis, dan perangkat keras komputer. Klien mereka termasuk Nokia, Sony, Apple, dan HTC. Samsung membuat 17 persen chip semikonduktor dunia. Samsung Electronics memiliki pendapatan keseluruhan sebesar 279,6 triliun Won Korea pada tahun 2021.

1. TSMC

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), adalah produsen semikonduktor terbesar dan paling berharga di dunia.

TSMC , yang kadang-kadang disebut hanya Taiwan Semiconductor, adalah perusahaan desain dan manufaktur multinasional. Meskipun sebagian besar dimiliki oleh investor asing, ia terletak di Taman Sains Hsinchu di Hsinchu, Taiwan.

TSMC didirikan pada tahun 1987 di Taiwan oleh Morris Chang. Setelah 31 tahun, Chang pensiun dari perusahaan. Sejak 1993 TSMC telah berada di Bursa Efek Taiwan, dan di Bursa Efek New York sejak 1997. TSMC saat ini memproduksi 11.617 produk dan menerapkan 281 teknologi proses. Produsen chip memiliki pendapatan $ 45,51 miliar pada tahun 2020.

Per Desember 2021, TSMC menyediakan 54 persen chip semikonduktor dunia. TSMC memasok chip ke perusahaan seperti Intel dan Apple, jadi tidak heran jika TSMC menjadi salah satu produsen chip terbesar di dunia. Secara global, TSMC adalah perusahaan keenam yang paling berharga. Mengingat krisis pasokan chip, TSMC telah mencatat rekor pendapatan pada tahun 2022 dan sedang mengerjakan ekspansi untuk tahun 2023. Beberapa perusahaan semikonduktor telah mengalihdayakan produksi komponen mereka ke TSMC.

Baca juga

1. 50 Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Terbaik di Dunia

2. 10 Produsen Komponen Elektronik Terbaik di Dunia

3. 15 Perusahaan Mobil Listrik Terbesar dan Terlaris di Dunia

4. 15 Perusahaan Energi Terbesar di Dunia

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url