Motor Servo: Pengertian, Cara kerja, Jenis, dan Aplikasi

Kita telah melihat cara kerja lengan robot di banyak industri dan kebanyakan dari kita berpikir bahwa bagaimana lengan ini bergerak dengan sangat tepat. Kita sering melihat printer mencetak kertas dan melihat pergerakan akurat dari print head di atas kertas untuk menulis atau menggambar.

Ada banyak aplikasi lain seperti pembukaan/penutupan pintu otomatis, penentuan posisi antena, pergerakan panel surya, dll. Dalam semua aplikasi ini, satu hal yang umum adalah pergerakan linier dan sudut yang tepat dan akurat. Motor Servo adalah mekanisme yang sempurna untuk mencapai gerakan yang akurat ini.

Jadi dalam artikel ini, kita akan mengetahui, Apa itu Motor Servo? Bagaimana cara kerjanya? Jenis Motor Servo dan Aplikasi yang Digunakan.dalam artikel ini, kita akan melihat Apa itu Motor Servo? Bagaimana cara kerjanya? Jenis Motor Servo dan Aplikasi yang Digunakan.

Pengertian Motor Servo

Motor servo adalah motor listrik yang dapat berputar dengan presisi tinggi dan efisiensi tinggi. Pada dasarnya, motor servo adalah bagian dari sistem loop tertutup . Sistem ini terdiri dari beberapa bagian seperti:
  • Motor AC atau DC
  • Posisikan perangkat umpan balik seperti Encoder
  • Perakitan Gear Box untuk mengurangi kecepatan motor
  • Sirkuit Kontrol

Prinsip Kerja Kerja Motor Servo

Motor servo menggunakan pasangan motor AC atau DC biasa dengan perangkat umpan balik posisi. Poros keluaran motor dihubungkan dengan rakitan roda gigi untuk mengurangi kecepatan.




Rangkaian kontrol merupakan bagian penting dari motor servo. Motor servo bekerja dalam sistem loop tertutup yang menerima sinyal dari pengontrol baik secara analog maupun digital dan mengontrol jumlah gerakan.

Jenis Motor Servo

Motor servo terutama diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, seperti:

1. Motor Servo AC atau Motor Servo DC

Pada motor servo AC kecepatan berbanding lurus dengan frekuensi tegangan suplai dan jumlah kutub magnet, sedangkan pada motor servo DC kecepatan berbanding lurus dengan tegangan yang diberikan.

Motor servo AC memiliki keunggulan tertentu dibandingkan motor servo DC seperti,
  • Lebih efisien daripada motor servo DC karena kecepatannya yang unik terhadap kemampuan penanganan torsi.
  • Kurang bising dibandingkan motor servo DC.
  • Ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.
Baca juga: 

2. Brushed or Brushless

Dalam motor servo DC, pergantian dicapai secara mekanis dengan sikat atau secara elektronik tanpa sikat.

Motor brushed memiliki belitan di rotor dan magnet permanen di stator. Motor brushed lebih sederhana dalam desain, mudah dipasang dan dioperasikan, serta berbiaya rendah.

Motor servo brushed memerlukan perawatan yang lebih tinggi karena keausan biasa dari sikat karbon. Ukurannya lebih besar dan menghasilkan banyak kebisingan saat beroperasi.
Motor brushless memiliki belitan di stator dan magnet permanen yang melekat pada rotor. Motor brushless memberikan output yang lebih tinggi, torsi yang lebih tinggi, dan ukuran yang ringkas.

Ini membutuhkan perawatan yang lebih rendah karena tidak adanya sikat karbon dan menghasilkan kebisingan yang rendah.

3. Sinkron atau Asinkron

Synchronous dan Asynchronous adalah istilah yang berhubungan dengan kecepatan. Motor servo AC sering dikategorikan berdasarkan kecepatan putaran medan sinkron atau asinkron.

Kecepatan motor AC berhubungan dengan frekuensi tegangan yang diberikan dan jumlah kutub magnet sedangkan kecepatan motor DC berhubungan langsung dengan tegangan yang diberikan.

Pada motor asinkron, rotor berputar pada kecepatan yang sama dengan medan magnet putar stator. Sedangkan pada motor asinkron, kecepatan rotor lebih lambat dari medan magnet putar stator.

Namun, kita dapat menggunakan VFD untuk memvariasikan kecepatan pada motor asinkron.

Aplikasi Motor Servo

Motor servo cukup sering digunakan dalam industri manufaktur. Untuk kontrol posisi sudut yang tepat, mereka banyak digunakan. Ini adalah beberapa aplikasi untuk referensi Anda di mana motor servo digunakan.
  • Lengan Robotika: Ini banyak digunakan di banyak industri seperti Otomotif, Farmasi, Medis, dll. Motor servo digunakan untuk setiap gerakan sudut di lengan robotika.
  • Kamera: Pada kamera modern, motor servo digunakan untuk memfokuskan gambar secara otomatis.
  • Panel Surya: Motor servo digunakan untuk menggerakkan panel surya ke arah matahari.
  • Penempatan Antena: Posisi yang benar diperlukan untuk mendapatkan sinyal terbaik dari mana saja. Motor servo adalah mekanisme yang sempurna untuk memutar antena pada posisi terbaik untuk penerimaan sinyal terbaik.
  • Pintu Otomatis: Kami telah melihat pembukaan/penutupan pintu otomatis di mal, toko kelontong, rumah sakit, bioskop, dll. Pembukaan dan penutupan otomatis ini dicapai oleh motor servo.
  • Mainan RC: Mainan modern adalah contoh bagus dari motor servo. Mobil RC, pesawat terbang, kapal, dan robot kecil memiliki motor servo di dalamnya.
  • Printer: Untuk mencetak majalah, koran, dan bahkan dalam kertas sederhana, gerakan kepala cetak yang tepat adalah persyaratan utama. Motor servo sangat cocok untuk mencapai operasi ini dengan lancar dan akurat.

Demikian artikel mengenai motor servo muali dari pengertian, cara kerja, jenis, dan aplikasi, semoga kamu dapat memahaminya, jangan lupa baca artikel kelasteknisi.com lainnya. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url