Mengenal RST Pada Listrik 3 Fasa



Apa Arti RST Pada Listrik 3 Fasa - RST singkatan Referensi, Sekunder dan Tersier. Ada juga yang menggunakan UVW, XYZ, atau ABC untuk sistem tiga fase. Untuk sadapan terminal, huruf U, V, W melambangkan kepala kumparan, dan huruf X, Y, dan Z melambangkan ujung kumparan.

Sistem tiga fase digunakan untuk mentransfer daya tinggi ke bangunan dan mampu menggerakkan motor listrik besar. Pengkabelan diatur sedemikian rupa sehingga daya yang ditarik dari setiap fase sama.

Apa itu RST

RST adalah sebutan umum untuk tiga fase sistem suplai. UVW dan XYZ kemudian digunakan untuk menunjuk sambungan ke belitan pada motor, generator, dll. Gulungan individu adalah U ke X, V ke Y, dan W ke Z.

Misalnya, dalam desain generator wye, X, Y, dan Z akan diikat bersama untuk menghasilkan titik netral, dan fasa R, S, dan T akan disuplai dari terminal belitan U, V, dan W.

Arti ABC, RST, atau UVW dalam Listrik 3 Fasa

IEC telah menetapkan teknik untuk mengenali sambungan belitan tiga fasa. Sebelumnya adalah bagaimana huruf dan angka digunakan. Terminal tegangan tinggi (HV) diidentifikasi dengan huruf besar seperti ABC, RYB, UVW, L1-L2-L3.

Terminal tegangan rendah (LV) diidentifikasi dengan huruf kecil seperti abc, ryb, uvw, l1-l2-l3. Setiap belitan memiliki 1 di awal dan 2 di akhir. Penggunaan huruf dan angka berbeda-beda di setiap negara; periksa tabel di bawah ini untuk pedoman umum:

  • Amerika Serika: L1, L2, L3 dan 1, 2, 3
  • Eropa: UVW dan RST
  • Inggris: RYB dan ABC

RST digunakan sebagai standarisasi untuk sistem kelistrikan tiga fasa di Indonesia. Namun, di beberapa negara lain, singkatan ini mungkin tidak digunakan dan urutan fase dapat disebut dengan cara lain, misalnya dengan menggunakan singkatan L1, L2, dan L3 atau dengan menggunakan singkatan warna, seperti R (merah), B (biru), dan Y (kuning).

Sistem kelistrikan tiga fasa adalah sistem yang menggunakan tiga kabel atau fase untuk mengalirkan arus listrik. Fase-fase tersebut dapat bekerja secara bersamaan atau berurutan, tergantung pada kebutuhan. Dalam sistem kelistrikan tiga fasa, setiap fase memiliki tegangan yang berbeda satu sama lain sebesar 120 derajat. Hal ini memungkinkan arus listrik yang dikirim melalui fase-fase tersebut untuk mengalir dengan lebih efisien dan dapat menyediakan daya listrik yang lebih besar daripada sistem kelistrikan satu fasa.

RST sering diurutkan seperti YRB atau BRY menurut kode warna. Biasanya, sistem kelistrikan beroperasi dalam keseimbangan tiga fase. Sebagian besar beban curah, seperti beban industri, adalah beban seimbang tiga fasa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url