Pembangkit Listrik Tenaga Gas: Prinsip Kerja, Siklus, dan Komponennya

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) adalah pembangkit listrik yang menggunakan gas sebagai bahan bakar utama untuk menghasilkan energi listrik. Gas yang digunakan dapat berupa gas alam, gas hasil pengolahan batubara (syngas), atau gas cair (LNG).

PLTG Gorontalo adalah salah satu pembangkit tenaga listrik yang memanfaatkan gas sebagai bahan bakar utamanya. PLTG Gorontalo memiliki kapasitas pembangkitan sebesar 100 megawatt (MW), dihasilkan oleh 4 generator yang masing-masing berkapasitas 25 MW.

Prinsip Kerja PLTG

PLTG adalah pembangkit tenaga listrik yang mengonversi energi kinetik yang dihasilkan oleh gas untuk menghasilkan energi mekanik pada turbin dan kemudian di konversi lagi oleh generator menjadi energi listrik. Cara kerja pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) adalah sebagai berikut:

  1. Udara dari lingkungan diserap oleh kompresor dengan bantuan filter agar udara yang masuk adalah udara yang bersih dari debu maupun kotoran lainnya.
  2. Udara kemudian di tekan oleh kompresor bersamaan dengan bahan bakar gas
  3. Di dalam combustion chamber campuran udara dan gas dibakar dalam tekanan yang tinggi sehingga gas buang dari combustion chamber memiliki tekanan tinggi yang dapat memutarkan turbin.
  4. Turbin mengubah energi kinetik dari gas menjadi energi mekanik selanjutnya turbin akan memutar generator.
  5. Generator menghasilkan energi listrik dari berputarnya turbin.
  6. Sisa gas bakar dibuang secara langsung ke lingkungan. 


Siklus Brayton

Pada siklus brayton tertutup proses kompresi dan ekspansi sama dengan siklus brayton terbuka, bagian yang dirubah adalah ruang bakar. Ruang bakar digantikan oleh penyalur panas (heat exchanger) dimana penyalur panas ini berfungsi untuk meningkatkan temperatur udara yang terkompresi, sumber panas pada siklus brayton tertutup ini menggunakan sumber panas eksternal.

Siklus Brayton adalah sebuah siklus termodinamika yang mendasari operasi berbagai mesin penting, seperti turbin gas, jet engine, dan kompresor gas. Di balik kesederhanaannya, siklus ini menyimpan rahasia efisiensi dan kekuatan yang luar biasa.

p class="products ed-focus" data-fo="0" style="background-color: white; box-sizing: border-box; margin: 18px 0px;">Siklus Brayton terdiri dari empat proses utama:

  • Kompresi: Udara dikompresi dalam kompresor, meningkatkan tekanan dan temperaturnya.
  • Pemanasan: Udara panas yang terkompresi dialirkan ke ruang bakar, di mana dicampur dengan bahan bakar dan dibakar. Proses ini menghasilkan gas panas dengan tekanan tinggi.
  • Ekspansi: Gas panas bertekanan tinggi dialirkan melalui turbin, menyebabkan turbin berputar dan menghasilkan energi mekanik.
  • Pendinginan: Gas buang dari turbin didinginkan dalam heat exchanger, menurunkan temperaturnya dan membuatnya siap untuk dikompresi kembali.

Komponen PLTG

1. Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan di dalam proses pembakaran adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang bernama gas metana dengan rumus kimia CH4. Gas metana merupakan salah satu gas yang terkategori dalam hidrokarbon. Hasil dari pembakaran satu meter kubik gas alam setara dengan 10,6 kWh. Gas metana terdiri dari 4 atom hidrogen dan 1 atom karbon.

2. Kompresor

Kompresor berfungsi untuk menghisap udara dari lingkungan untuk dimasukkan ke dalam ruang pembakaran. Dengan naiknya tekanan udara maka suhu udara di dalam ruang pembakaran akan naik sehingga menyebabkan panas.

3. Pompa Bahan Bakar

Pompa Bahan Bakar bekerja dengan prinsip sama seperti kompresor udara sebelumnya, yaitu untuk menghisap gas bahan bakar dari dalam penampungan dan mendorong gas tersebut menuju ruang pembakaran dengan tekanan tinggi.

4. Ruang Bakar

Ruang bakar merupakan tempat terjadinya pembakaran antara udara dengan bahan bakar. Bahan bakar dapat terbakar apabila terdapat tiga unsur api yaitu bahan bakar, udara dan panas. Panas dihasilkan oleh udara dan bahan bakar yang dipompa sebelumnya di dalam kompresor dan pompa bahan bakar.


Baca juga: Jenis-Jenis Turbin

5. Turbin

Turbin adalah komponen yang mengubah energi kinetik yang dihasilkan oleh gas buang dari ruang bakar menjadi energi mekanik. Pada turbin terdapat bilah-bilah besi yang dapat menerima gas buang sehingga turbin dapat berputar.


Kesimpulan

PLTG merupakan salah satu alternatif pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan efisien. Dengan potensi gas alam yang berlimpah di Indonesia, PLTG dapat menjadi sumber energi yang penting untuk masa depan.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • TeknoKu
    TeknoKu 21/01/23, 22.43

    Materi yang bermanfaatmenambah pengetahuan tentang pembangkit listrik.
    Terima kasih banyak

    • Kelas Teknisi
      Kelas Teknisi 22/01/23, 23.05

      yoi, sama-sama

  • Admin
    Admin 22/01/23, 00.33

    Jadi makin tau tentang pembangkit gas ini. tq bro.

    • Kelas Teknisi
      Kelas Teknisi 22/01/23, 23.05

      Alhamdulillah, siap bro

Add Comment
comment url