Bagian-Bagian Dari Sistem Tenaga Listrik

Sistem tenaga listrik memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya sistem tenaga listrik, banyak aktivitas yang tidak dapat dilakukan, mulai dari menyalakan lampu, menjalankan alat elektronik, hingga mengoperasikan mesin-mesin industri. 

Oleh karena itu, bagian-bagian dari sistem tenaga listrik harus berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang selalu optimal agar sistem tenaga listrik dapat beroperasi dengan lancar. Berikut adalah beberapa komponen penting dalam sistem tenaga listrik:

Sistem tenaga listrik adalah rangkaian peralatan dan jaringan yang digunakan untuk memproduksi, mentransmisikan, mendistribusikan, dan mengatur penggunaan energi listrik dari sumber tenaga listrik yang berbeda seperti pembangkit listrik tenaga air, tenaga panas bumi, tenaga angin, tenaga surya, dan lain sebagainya. Sistem ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat serta menjamin keberlangsungan pasokan energi listrik yang andal dan efisien.


Berikut ini kami jelaskan bagian-bagian dari sistem tenaga listrik

1. Pembangkit Tenaga Listrik

Sistem Pembangkitan adalah salah satu bagian utama dalam struktur sistem tenaga listrik, pembangkit pada sistem tenaga listrik mempunyai peran untuk menghasilkan energi listrik.

2. Sistem penyaluran

Sistem Penyaluran adalah salah satu bagian utama dalam struktur sistem tenaga listrik yang berperan untuk mengirimkan daya listrik mulai dari pembangkitan kemudian disalurkan melalui jaringan transmisi, dan disalurkan ke instalasi pengguna tenaga listrik dengan menggunakan saluran distribusi.

3. Distribusi Tenaga Listrik

Distribusi tenaga listrik adalah bagian yang menyalurkan energi listrik menuju konsumen. Biasanya tegangan yang didistribusikan terkhusus di Indonesia mulai dari 20kV, 400V, hingga 380/220V.

Demikianlah bagian-bagian dari sistem tenaga listrik yang harus Anda ketahui, terutama bagi yang ingin menggeluti dunia kelistrikan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url