Jenis Motor yang Bisa Menggunakan AC Motor Speed Control

Pernahkah Anda berpikir untuk mengontrol kecepatan motor listrik? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan AC Motor Speed Control. Meskipun tidak semua jenis motor listrik dapat menggunakan kontrol ini, ada beberapa jenis motor listrik yang cocok. Artikel ini akan membahas jenis motor listrik yang bisa menggunakan AC Motor Speed Control.


Artikel ini akan membahas jenis motor listrik yang bisa menggunakan AC Motor Speed Control. Baca artikel ini untuk mengetahui motor listrik mana yang cocok dengan kontrol ini.



Jenis Motor Yang Menggunakan AC Motor Speed Control

  • AC Asynchronous Squirrel Cage Motors
  • AC Asynchronous Wound Rotor Motor
  • AC Synchronous Brushless Motors
  • AC Synchronous Permanent Magnet Motors

AC Asynchronous Wound Rotor Motor dan Squirrel Cage Motors adalah dua tipe yang paling banyak digunakan dalam dunia industrial engineering. Untuk tipe Squirrel Cage Motors, sudah terbukti bahwa jenis ini aman dan banyak digunakan dengan kombinasi VFD.


Wound Rotor Motors pun yang notabene-nya membutuhkan torsi tinggi ketika beroperasi tetap bisa menggunakan speed control.


Sedangkan AC Synchronous Permanent Magnet Motors, tipe engine motor ini memang dikembangkan khusus dan hanya bisa digunakan dengan AC motor speed control. Motor jenis ini juga termasuk teknologi baru yang menggabungkan antara prinsip brushless motor dengan induction motor.


Jika Anda punya mesin dengan engine motor tua dan tidak punya dilengkapi nameplate seperti produk motor terbaru, berikut ini adalah panduan singkat untuk mengetahui mana motor yang bisa dikombinasikan dengan speed control.


  • NEMA Premium Motors: dengan rating torsi konstan dari 4:1 sampai 20:1 dan rating torsi variable dari 10:1 sampai 20:1.
  • EPAct Motors: dengan rating torsi konstan dari 2:1 dan rating torsi variabel dari 4:1 hingga 10:1
  • Pre-EPAct Motors (pre-1992): hanya bisa digunakan bersama speed control bila tipe motornya sudah VFD-rated, punya insulation kelas F atau lebih tinggi, dan VFD punya ratio torsi konstan tidak lebih dari 2:!

Jika Anda masih ragu apakah motor di industri sendiri bisa dikombinasikan dengan VFD atau tidak, meminta bantuan dari engineer profesional akan sangat membantu.


Walaupun dari kebanyakan kasus, ketiga tipe AC motor non nameplate di atas bisa dikontrol dengan variable frequency drives.


Dengan mengetahui jenis motor listrik yang bisa menggunakan AC Motor Speed Control, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari aplikasi yang digunakan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url