Bias Maju Dan Bias Mundur Dioda

Bias maju dan bias mundur adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi operasi dari sebuah dioda semikonduktor. Dioda adalah komponen elektronik yang hanya bisa mengaliri arus listrik dari satu arah (sebagai katoda atau anoda) dan memblokir arus dari arah yang berlawanan.

Bias maju terjadi ketika tegangan pada katoda dioda lebih tinggi daripada tegangan pada anoda, sehingga dioda mengalami kondisi yang disebut "terbias maju" atau "terbuka". Pada kondisi ini, dioda dapat mengaliri arus listrik dari katoda ke anoda.

Sementara itu, bias mundur terjadi ketika tegangan pada anoda dioda lebih tinggi daripada tegangan pada katoda, sehingga dioda mengalami kondisi yang disebut "terbias mundur" atau "tertutup". Pada kondisi ini, dioda tidak dapat mengaliri arus listrik dari katoda ke anoda.

Bias Maju


bias maju semikonduktor

Dioda dikatakan bias maju apabila

Dioda dikatakan bias maju apabila tegangan yang diterapkan pada anoda (kutub positif) lebih besar daripada tegangan pada katoda (kutub negatif). Dalam kondisi ini, dioda akan mengalami konduksi dan arus akan mengalir dari anoda ke katoda. Pada saat yang sama, tegangan yang diterapkan pada dioda akan mengalami penurunan yang disebut sebagai tegangan drop dioda.

Contoh Dioda dikatakan bias maju apabila

Contoh dari Dioda dikatakan bias maju adalah ketika kita menghubungkan dioda pada sebuah sumber tegangan DC. Jika tegangan positif dari sumber tegangan tersebut diterapkan pada anoda dioda, dan tegangan negatif diterapkan pada katoda, maka dioda akan dikatakan dalam kondisi bias maju. Pada kondisi ini, arus akan mengalir dari anoda ke katoda dan dioda akan mengalami konduksi.

Bias Mundur

Dioda dikatakan bias mundur apabila

bias maju dan bias mundur

Dioda dikatakan bias mundur apabila tegangan yang diterapkan pada katoda lebih besar daripada tegangan pada anoda. Dalam kondisi ini, dioda tidak akan mengalami konduksi dan arus akan sangat kecil atau tidak ada. Pada saat yang sama, tegangan yang diterapkan pada dioda akan meningkat, yang disebut sebagai tegangan reverse breakdown. Dioda yang dalam kondisi bias mundur dapat mengalami kerusakan jika tegangan reverse terlalu tinggi.

Contoh Dioda dikatakan bias mundur apabila

Contoh dari Dioda dikatakan bias mundur adalah ketika kita menghubungkan dioda pada sebuah sumber tegangan DC dengan polaritas yang salah. Jika tegangan positif dari sumber tegangan tersebut diterapkan pada katoda dioda, dan tegangan negatif diterapkan pada anoda, maka dioda akan dikatakan dalam kondisi bias mundur. Pada kondisi ini, arus akan sangat kecil atau tidak ada dan tegangan yang diterapkan pada dioda akan meningkat, yang disebut sebagai tegangan reverse breakdown. Dioda yang dalam kondisi bias mundur dapat mengalami kerusakan jika tegangan reverse terlalu tinggi.



Next Post Previous Post
1 Comments
  • blockchain
    blockchain 21/01/23, 22.37

    Terima kasih informasi nya, kalau bisa lengkapi dengan contoh soal kak

Add Comment
comment url