Pengertian Generator Sinkron dan Prinsip Kerjanya


Pengertian Generator Sinkron

Generator sinkron (sering disebut alternator) adalah mesin listrik yang digunakan untuk mengubah energi mekanik (gerak) menjadi energi listrik dengan perantara induksi medan magnet. Perubahan energi ini terjadi karena adanya pergerakan relatif antara medan magnet dengan kumparan generator. Pergerakan relatif adalah terjadinya perubahan medan magnet pada kumparan jangkar (tempat terbangkitnya tegangan pada generator) karena pergerakan medan magnet terhadap kumparan jangkar atau sebaliknya. 

Alternator ini disebut generator sinkron (sinkron = serempak) karena kecepatan perputaran medan magnet yang terjadi sama dengan kecepatan perputaran rotor generator. Alternator ini menghasilkan energi listrik bolak balik (alternating current, AC) dan biasa diproduksi untuk menghasilkan listrik AC 1-fasa atau 3-fasa.

Prinsip Kerja Generator Sinkron

  • Gulungan medan rotor terhubung ke sumber eksitasi yang memasok arus searah (DC) ke belitan medan. Ketika arus searah mengalir melalui kumparan medan, itu menginduksi arus.
  • Mekanisme listrik generator yang terhubung ke rotor segera digunakan, menyebabkan rotor berputar pada kecepatan pengenalnya.Rotasi rotor memutar medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan medan. Medan putar yang dihasilkan oleh rotor diinduksikan pada belitan jangkar sehingga belitan jangkar menghasilkan fluks magnet pada stator. Ukuran sungai dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Perubahan arus menyebabkan ggl induksi pada ujung kumparan.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang definisi, struktur dan prinsip kerja generator sinkron. Semoga informasi ini dapat menambah pemahaman atau dasar pengetahuan kita khususnya dalam dunia elektronika dan kelistrikan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url