Cara Memperbaiki Colokan Listrik: Mudah dan Cepat!

Disetiap rumah kita pasti mempunyai colokan atau bahasa kerennya colokan listrik. colokan listrik sendiri merupakan komponen yang wajib pada rumah kita karna fungsinya sendiri sangat penting seperti melakukan pengecasan HP, menghidupkan TV, Mesin Cuci, Kulkan dan peralatan elektronik lainnya. Dengan perannya yang sangat menting maka jika terjadi sesuatu kerusakan pada colokan listrik akan membuat kita kesulitan dalam melakukan sesuatu yang membutuhkan colokan listrik. nah disini Kelas Teknisi akan berusaha membantu Anda untuk menyelesaikan masalah pada colokan listrik rumah Anda.

Masalah-Masalah yang sering timbul colokan listrik diantarannya:

  1. colokan listrik tidak memiliki arus listrik
  2. Pemasangan colokan listrik kendor
  3. colokan listrik meleleh
  4. colokan listrik terbakar

1. Colokan Listrik Tidak Memiliki Arus Listrik

Didalam colokan listrik terdapat 3 buah kabel atau 2 buah kabel. satu kabel api, kedua kabel netral, dan yang ketiga kabel ground. Dan jika Anda meneukan dua buah kabel maka itu kebel api dan netral saja. lakukan pengecekan menggukanan tespen jika suatu peralatan elektronik yang Anda pasang tidak berfungsi. Setelah dilakukan pengecekan menggunakan tespen pada 2 buah lubang colokan listrik dan tespen tidak menyala itu tandanya colokan listrik tidak dialiri oleh listrik maka Anda bisa buka colokan listrik. 

Cara memperbaiki colokan listrik karna tidak terdapatnya arus pada colokan listrik dapat disebabkan oleh kabel phase yang terlepas, atau kabel pada jalur instalasi rumah putus. Sebelum Anda membuka colokan listrik matikan dahulu MCB pada rumah Anda, setelah itu anda dapat melakukan pengecekan dan membongkar colokan listrik, jika kabel terlepas pasangkan kembali dan kencangkan jika mengalami kelonggaran. Periksa kembali apakah sudah dialiri oleh listrik, jika telah teraliri listrik, maka pasang kembali colokan listrik.

2. Colokan Listrik Kendor

Pada saat colokan listrik kendor anda akan mengalami kesulitan dalam menghubungkan steker alat elektronik anda ke colokan listrik, kadang tersambung dan kadang tidak sambung. Permasalahan ini dikarnakan colokan listrik yang sering dipakai. Uuntuk cara memperbaiki colokan listrik dengan masalah ini, matikan sumber arus terlebih dahulu, dan buka colokan listriknnya lalu atur kembali kerapatan logam penjepit dalam colokan listrik menggunakan tang, kemudian pasang kembali colokan listrik.

3. Colokan Listrik Meleleh

colokan listrik meleleh terjadi dikarnakan pada saat pencolokan alat elektronik rumah tidak tepat atau kurang kuat hal ini akan menimbulkan panas pada sambungan, dan jika dibiarkan maka akan menyebabkan colokan listrik meleleh, untuk cara memperbaiki colokan listrik seperti masalah tersebut, kencangkan logam penjepit seperti cara kedua dan jika telah meleleh maka lakukan penggantian dengan colokan listrik yang baru.

4. Colokan Listrik Terbakar

Jangan sampai ini terjadi dirumah Anda karna dapat membahayakan keselamatan dan rumah Anda, kebakaran pada colokan listrik terjadi dikarnakan pada saat penyambung kabel colokan listrik tidak kuat dan menimbulkan percikan api, pastikan pada saat pemasangan kabel colokan listrik benar-benar kuat. lalu dapat disebabkan saat pencolakan steker dam colokan listrik yang kendor juga dapat menyebabkan colokan listrik terbakar, selanjutnya beban listrik yang terpasang mengalami kelebihan, ini juga berpengaruh pada pemasangan kabel yang tak sesuai standar pemasangan instalasi listrik yang telah ditetapkan, maka pastikan pada saat anda ingin mencolokkan beban yang besar seperti mesin-mesin yang menggunakan motor atau berdaya besar, Anda harus pastikan apakah kabel telah sesuai standar yang ditentukan.

Demikianlah pemaparan singkat terkait permasalahan dan cara memperbaiki colokan listrik, semoga bermanfaat untuk kita semua. lihat artikel kami lainnya, siapa tau bisa menjadi solusi bagi permasalahan Anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url