Teknologi EFI Merevolusi Pengalaman Menonton Sepak Bola

Sepak bola saat ini bukan hanya penampakan di lapangan atau di televisi. Pada saat sepak bola terus mengalami perkembangan, saat itu juga menarik hati peminatnya.

Sebagian besar dari fans sepak bola melihat permainan ini kian menarik saat mengetahui apa yang akan terjadi pada sebuah momen dikala pertandingan berlangsung di lapangan, baik dari segi terciptanya sebuah gol, penampilan sebuah tim, hingga rapor perindividu pemain saat bertanding.

Yang jelas, semakin berkembangnya sepak bola maka semakin kritis juga para fans sepak bola. Seperti keadaan yang terjadi dilapangan, bagaimana saat gol terjadi lalu kapan dinyatakan gol itu terjadi dalam hitungan persekian detik saja melalui teknologi.

Teranyar, FIFA menerapkan teknologi dalam bentuk aplikasi untuk memberikan informasi kepada para penonton berkaitan dengan data statistik pada sebuah pertandingan. FIFA memberikan sebutan terhadap teknoologi ini dengan nama Enchanced Football Intelligence (EFI).

Teknologi Enchanced Football Intelligence (EFI)

Dengan teknologi EFI ini, hanya dalam 30 detik setelah pertandingan berjalan, penonto dapat mengetahui informasi data statistik saat pertandingan berlangsung.

Data EFI ini mencakup beberapa hal teknis seperti:

  • Penguasaan bola
  • Penyerangan yang dilakukan oleh sebuah tim
  • Bagaimana saat sebuah tim melakukan perebutan bola
  • Menampilkan performa dari para pemaain saat pertandingan berjalan

Manfaat EFI Bagi Penggemar Sepak Bola

EFI (Enchanced Football Intelligence) memberikan informasi data statistik dalam waktu 30 detik setelah pertandingan dimulai seperti penguasaan bola, penyerangan tim, perolehan bola, dan performa pemain. Ini memungkinkan penonton untuk lebih memahami dan menikmati pertandingan yang sedang berlangsung. Teknologi ini juga memantau data real-time dan melalui perhitungan algoritma membuat hasil pertandingan lebih akurat. EFI meningkatkan pengalaman menonton sepak bola dengan memberikan informasi lebih detail dan akurat sehingga menambah keterlibatan dan rasa tertarik penonton pada pertandingan.

Metrik EFI dirancang guna memantau data saat pertandingan berlangsung yang disalurkan secara realtime dari penyedia ekseternal langsung menuju database FIFA. Data tersebut selanjutnya dikirim ke model dan diinput kedalam algoritma yang melakukan perhitungan hasil pertandingan.

Teknologi ini telah diuji coba oleh FIFA saat pertandingan play-off Piala Dunia 2022 pada pertandingan yang mempertemukan Kosta Rika vs Selandia Baru dan Australia vs Peru. Teknologi ini merupakan buah hasil pengembangan yang dilakukan oleh tim teknologi FIFA yakni FIFA's High Performance Programme, dan FIFA's Football Performance Analysis & Insights.

Program ini di nahkodai oleh Ulf Schott dan Chris Loxston yang mana keduanya merupakan ketua dari kedua tim analis dan teknologi FIFA. Teknologi EFI akan diperkenalkan FIFA secara bertahap dalam beberapa bulan yang akan datang dan Nantinya akan dipergunakan pada penggelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada bulan November 2022.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url