Kapasitor Tegangan Tinggi: Pengertian & Jenisnya

Pengertian Kapsitor Tegangan Tinggi 

Kapasitor Tegangan Tinggi
Gambar Kapasitor Tegangan Tinggi

Kapasitor tegangan tinggi adalah jenis kapasitor yang dirancang untuk beroperasi pada level tegangan tinggi. Jenis kapasitor ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk transmisi dan distribusi daya, infrastruktur utilitas listrik, dan transmisi daya DC tegangan tinggi.


Kapasitor tegangan tinggi dapat dibuat menggunakan berbagai bahan, termasuk keramik, film, dan elektrolitik. Mereka juga dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran agar sesuai dengan aplikasi yang berbeda. Peringkat tegangan kapasitor tegangan tinggi merupakan pertimbangan penting, karena menentukan tegangan maksimum yang dapat ditahan kapasitor tanpa mogok atau gagal.


Kapasitor tegangan tinggi digunakan dalam berbagai sistem kelistrikan tegangan tinggi, termasuk transformator, saluran listrik tegangan tinggi, dan sistem transmisi daya DC tegangan tinggi. Mereka juga digunakan dalam peralatan listrik seperti motor, generator, dan perangkat elektronik daya.


Jenis kapasitor yang digunakan pada sistem tenaga listrik

1. Kapasitor daya frekuensi 50 Hz atau 60 Hz. 

Kapasitor ini ada tiga jenis yaitu : kapasitor shunt, seri dan penyadap. Kapasitor shunt digunakan untuk kompensasi beban induktif  dan untuk pengaturan tegangan ujung transmisi. Kapasitor seri digunakan pada transmisi daya yang sangat panjang untuk mengkompensasi reaktansi induktif transmisi. Kapasitor penyadap digunakan untuk menyadap daya dari jaringan tegangan tinggi untuk keperluan daya yang tidak begitu besar.

2. Kapasitor gandeng, yaitu kapasitor yang digunakan  untuk pembawa sinyal komunikasi antar gardu induk atau antar pusat pembangkit. 

3. Kapasitor pembagi tegangan, yaitu kapasitor yang digunakan untuk pengukuran tegangan  transmisi dan rel daya tegangan tinggi. 

4. Kapasitor filter, yaitu kapasitor yang digunakan untuk konverter, terutama pada sistem transmisi arus searah.

5. Kapasitor perata, yaitu kapasitor yang digunakan untuk meratakan distribusi tegangan pada peralatan tegangan tinggi seperti pada pemutus tenaga/daya. 

 Jenis kapasitor yang digunakan pada tegangan tinggi

  • Kapasitor perata, yaitu kapasitor yang digunakan untuk meratakan gelombang tegangan keluaran pembangkit tegangan tinggi searah.
  • Kapasitor impuls, yaitu kapasitor yang digunakan untuk pembangkit arus tegangan tinggi impuls.
  • Kapasitor standar, yaitu kapasitor yang digunakan untuk pengukuran faktor rugi-rugi dielektrik (Tg δ).
  • Kapasitor pembagi tegangan, yaitu kapasitor yang digunakan untuk pengukuran tegangan tinggi.

Kapasitor pembangkit frekuensi tinggi digunakan pada rangkaian ossilator pemancar radio komunikasi.Meski pada tegangan yang sangat tinggi, kapasitor dapat dibuat hampir ideal, yakni: rugi-rugi rendah dan tanpa induktansi sendiri. Itulah penjelasan tentang kapasitor tegangan tinggi, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar nya yah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url