Penyebab MCB Sering Turun dan Cara Memperbaikinya

Penyebab MCB Sering Turun - Listrik pada rumah Anda tiba-tiba mati, setelah diperiksa ternyata MCB (Miniatur Circuit Breaker) nya turun (trip), kenapa hal tersebut bisa terjadi? 

Cara memperbaiki MCB yang sering turun - Banyak hal yang menyebabkan MCB sering turun atau trip. MCB dipasang disetiap instlasi listrik rumah sebagai pengaman jika terjadi lonjakan arus yang melebihi batas normal.

MCB trip bukan berati selalu mengindikasikan bahwa MCB tersebut rusak, namun bisa juga disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada instalasi rumah Anda, sehingga mengakibatkan MCB tersebut bekerja dan memutuskan aliran listrik dari sumber PLN ke rumah kita. Jadi sebelum kita beranggapan bahwa MCB kita rusak, kita harus memastikan dulu penyebab MCB kita turun atau trip.

Berikut ini saya mencoba membantu anda mencari apa saja penyebab yang membuat MCB rumah anda menjadi trip, mengetahuinya dan bagaimana cara perbaikannya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Colokan Listrik

1. Pemakaian peralatan listrik yang berlebihan


Penyebab MCB menjadi trip bisa diakibakan oleh pemakaian alat-alat listrik yang berlebihan, hingga melebihi batas aman dari MCB yang terpadang pada rumah Anda.

Cara mengetahuinnya:

Pada saat kondisi listrik rumah Anda padam dikarnakan MCB trip, coba anda lakukan perhitungan terhadap total daya peralatan-peralatan listrik yang anda gunakan, apakah telah melebihi batas kemampuan MCB yang terpasang pada rumah Anda?

Solusinya: Jika setelah anda menghitung total daya para peralatan yang anda gunakan dan menyatakan bahwa penggunaan daya listrik anda melebihi kemampuan MCB yang terpasang pada rumah anda maka solusinya iyala:
  • Gunakan alat-alat listrik anda secara bijak dan bergantian, jangan menyalakan peralatan-peralatan listrik anda secara bersamaan.
  • Atau anda dapat menambah kapasitas terpasang pada daya listrik rumah anda. Jika sebelumnya memiliki kapasitas daya 900 VA, anda dapat menghubungi PLN untuk menaikkan kapasitas daya terpasang dirumah anda menjadi 1300 VA
Namun jika setelah anda menghitung total daya pada peralatan-peralatan yang anda gunakan secara bersamaan dan masih berada pada batas aman dari MCB anda, maka MCB menjadi trip dapat disebabkan oleh hal lainnya

2. MCB rusak

MCB mengalami trip atau turun dapat disebabkan karna MCB pada rumah anda mengalami kerusakan. Penggunaan alat-alat listrik pada rumah anda masih normal seperti biasanya, namun MCB dirumah anda mengalami trip.

Cara mengetahuinya: Pada saat listrik dirumah anda padam dikarnakan MCB dirumah anda turun padahal peralatan listrik yang anda gunakan sedikit dan anda rasa tidak melebihi batas aman dari MCB, maka coba periksa kondisi MCB, apakah terdapat kejanggalan, seperti Suhu MCB yang panas....Apakah terminal kabel MCB hitam seperti gosong....Apakah setelah anda naikkan kembali MCB tersebut dan tak berselang lama trip lagi?

Solusinya: 
  • Jika setelah di cek ternyata peralatan listrik yang anda gunakan tidak melebihi batas kemampuan MCB tetapi tetap trip, suhu MCB panas, bisa diindikasikan kabel MCB mengalami kelonggaran maka kencangkan baut MCB tersebut.
  • Jika MCB anda naikkan kembali namun tuasnya seperti dol atau tidak berselang lama anda naikkan kembali dan turun lagi, maka hubungi PLN untuk meminta bantuan perbaikan atau menukar MCB lama dengan yang baru.

3. Adanya peralatan listrik yang menalami kerusakan

MCB yang tiba tiba trip (turun), bisa juga dikarnakan oleh peralatan listrik yang kita gunakan mengalami kerusakan atau korslet.

Cara mengetahuinnya:
Saat MCB dirumah anda trip, matikan seluruh peralatan listrik yang anda gunakan, cabut colokan peralatan yang terpasang, matikan seluruh lampu anda, lalu naikkan MCB anda kembali, jika MCB bekerja dengan normal dan tidak trip lagi berarti mengindikasikan bahwa peralatan listrik yang anda gunakan dirumah mengalami kerusakan.

Solusi:
Nyalakan lampu dan peralatan anda satu persatu, jika pada saat anda menyalakan kipas angin atau mesin cuci MCB langsung trip (turun) ini berarti ada kerusakan pada kipas angin atau mesin cuci tersebut atau salah satu lampu yang anda nyalakan, namun MCB langsung trip, ini berarti mengindikasikan bahwa lampu tersebut mengalami kerusakan. 

Segera perbaiki atau ganti peralatan listrik rumah anda yang menyebabkan MCB dirumah anda menjadi trip. Namun jika seluruh peralatan dan lampu telah anda matikan dan MCB coba anda hidupkan kembali namu langsung jebret atau trip lagi ini mengindikasikan telah terjadi hungun singkat atau korsleting pada bagian instalasi listrik rumah anda.

4. Korsleting pada instalasi listrik rumah

MCB rumah anda tiba-tiba trip (turun) juga dapat disebabkan karna adanya korselting listrik pada instalasi listrik rumah anda baik terjadi pada kabel instalasi, fitting, atau stop kontak yang mengalami korslet.

Cara mengetahuinya:
Saat listrik dirumah anda padam dikarnakan MCB yang trip secara tiba-tiba melebihi batas, kemudian anda cabut seluruh peralatan listrik hingga matikan lampu pada rumah anda, lalu naikkan kembali MCB,  jika MCB telah dinaikkan namun kembali trip ini mengindikasikan telah terjadi korsleting listrik pada instalasi listrik rumah anda.

Solusinya:
Jangan naikkan kembali MCB tersebut, segera hubungi teknisi listrik berperngalaman untuk membantu anda memastikan kondisi dari instalasi listrik rumah anda, dan lakukan segera perbaikan.

Korsleting atau Short Circuit adalah kondiri dimana tegangan pada kabel fase dan kabel netral bersentuhan secara langsung ataupun dengan perantara benda lain yang dapat menghantarkan listrik, sehingga mengakibatkan terjadinnya lonjakan arus yang besar.

Itulah penyebab MCB sering turun dan cara memperbaiki mcb sering turun, semoga bermanfaat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url