7 Alasan Mengapa Tembaga Digunakan Pada Kabel Listrik



Selama hampir 200 tahun, sejak listrik pertama kali ditemukan, tembaga telah menjadi pilihan pertama dalam hal material yang mentransmisikan listrik. Mulai dari perangkat konstruksi, komputer, hingga peralatan rumah tangga, hampir setiap teknologi dan instalasi menggunakan kabel listrik tembaga . Yang menimbulkan pertanyaan, mengapa tembaga sering digunakan sebagai penyambung kabel listrik? Berikut ini kelasteknisi beri ulasannya, yuk disimak.

1. Penghantar listrik yang baik

Sama seperti logam lainnya, tembaga adalah konduktor listrik. Namun, yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih populer adalah karena merupakan konduktor yang paling efektif. Dengan resistansi rendah, elektron bebas berkeliaran, menyebabkan listrik melewati kabel dengan mudah dan efisien tanpa hambatan atau kehilangan terlalu banyak energi.

2. Harga terjangkau

Kabel listrik tembaga menawarkan dua manfaat sekaligus, efektivitas dan keterjangkauan, menjadikannya pilihan optimal bagi produsen kabel listrik. Meskipun emas dan perak juga dapat menghantarkan listrik, keduanya memiliki harga yang relatif mahal. Di sisi lain, tembaga dapat menghantarkan listrik lebih baik daripada emas dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Fleksibilitas tinggi

Selain terjangkau dan efisien, tembaga juga merupakan bahan yang sangat fleksibel. Dengan kata lain, Anda dapat memutar dan memutar kabel dengan risiko kerusakan minimal. Manfaat ini memudahkan untuk diaplikasikan di segala macam area seperti dinding, lantai, plafon, atau bahkan ruang sempit tanpa takut kehilangan tenaga dan efisiensinya.

4. Tahan panas

Salah satu keuntungan besar menggunakan kabel listrik tembaga adalah kemampuannya yang mengesankan untuk menahan panas. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan kabel aluminium yang tidak tahan panas dan mudah terbakar. Selain itu, ketahanan termal tembaga tidak hanya menghindari panas berlebih, tetapi juga dapat memperpanjang masa pakai kabel karena suhu yang berfluktuasi tidak menjadi masalah yang dapat menyebabkan kerusakan.

5. Tahan korosi

Tembaga memiliki lapisan pelindung alami yang memungkinkannya menjadi logam yang tahan terhadap korosi. Hal ini menjadikan kabel listrik tembaga pilihan yang sempurna untuk digunakan di semua jenis lingkungan dengan intensitas kelembaban tinggi seperti pedesaan, industri dan atmosfer laut karena daya tahannya terhadap korosi.

6. Sumber daya yang memadai

Untungnya, tembaga adalah bahan logam yang memiliki sumber daya yang memadai. Menurut survei para ahli geologi, ada banyak sekali tembaga di bawah permukaan bumi. Hal ini tentunya membantu menjaga keterjangkauannya dan memastikan pasokan kebutuhan kabel listrik yang aman dan efektif di masa depan.

7. Standar internasional

Kabel listrik tembaga memiliki standar keamanan yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, kabel tembaga tersedia dalam berbagai ukuran, dari kecil hingga besar, dan digunakan secara universal karena sangat kompatibel untuk memenuhi berbagai kebutuhan listrik untuk berbagai instalasi, peralatan listrik, rumah, komersial atau bahkan industri. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url