7 Penemu Indonesia Yang Namanya Diakui Dunia


Kelasteknisi.com - Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di Dunia, ternyata memiliki banyak penemu hebat. Temuan mereka juga diakui dunia saat ini.

Temuan-temuan menghebohkan ini datang dari berbagai bidang. Institut Teknologi Batam merilis 7 penemu hebat asal Indonesia, berikut daftar nama-nama penemunya.

1. Khoirul Anwar (Penemu Konsep Dua Fast Fourier Transform)

Penemuan konsep Dua Fast Fourier Transform (FTT) ini digunakan oelh 4G LTE dan menjadi standar International Telecoomunication Union (ITU) dan mendapatkan hak paten pada tahun 2005. Khoirul Anwal merupakan lulusan Nara Institute of Science and Technology Jepang.

Khoirul juga memiliki sejumlah hak paten lainya selain konsep FTT, seperti sistem pendeteksi ilegal transmitter yang berpotensi akan digunakan dalam teknologi 5G.

2. R.M Sedyatmo (Penemu Fondasi Cakar Ayam)

Sedyatmo merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung yang menemukan sistem arsitektur infrastruktur atau dikenal dengan fondasi cakar ayam. Aplikasi fondasi cakar ayam ini diguakan pada landasan pacu Soekarno-Hatta.


Baca juga: 5 Penemuan Energi Terbarukan Yang Dapat Diterapkan Pada Rumah Anda

3. Randall Hartolaksono (Penemu Bahan Bakar Anti-Panas dan Anti Api)

Penemuan ke tiga yakni bahan bakar anti panas dan anti api oleh Randal Hartolaksono. Ia merupakan lulusan Universitas of London. Penmuan bahan bakar tersebut dari kulit singkong. Penmuannya digunakan oleh perusahaan otomotif dunia dan diakui oleh perusahaan seperti Ford dan Petronas.

4. Tjokorda Raka Sukawati (Penemu Sistem Penyangga Jalan Layang)

Penemu selanjutnya yaitu Tjokorda yang menemukan konstruksi Sosrobahu atau landasan putar bebas hambatan (LPBH). Sistem ini bisa memudahkan pembangunan jalan layang dengan tidak menggantu arus lalu lintas.

Sistem yang memudahkan pembangunan jalan yang ini telah diaplikasikan oleh Insinyur Amerika Serika (AS) dalam pembangunan jembatan di Seattle.

5. Muhammad Nurhuda (Penemu Kompor Ramah Lingkungan)

Muhammad Nurhuda merupakan Dosen di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya berhadil menciptakan kompor ramah ingkungan. Nurhuda juga melakukan pengembangan pada Rancang Bangun Pilot Plan Grasifikasi Sampah menjadi Syngas sebagai alternatif pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan, limbah yang dihasilkan dibawah batas minimum yang ditetapkan oleh WHO.

6. Warsito P. Taruno (Penemu Alat Terapi Kanker)

Penemu ke enam yang ini datang dari Warsito, Ia menemukan alat terapi kanker. ide yang diciptakan olehnya untuk membantu kakeknya yang memiliki riwayat penyakit kanker payudara stadium IV. Alat terapi yang diciptakannya adalah Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT).

Baca juga: 5 Teknologi Terbaru Dalam Layanan Kesehatan

7. Yogi Ahmad Erlangga (Penemu Rumus Matematika dalam Permintakan)

Penemu terakhir yang dirilis adalah Yogi Ahmad Erlangga, Yogi sukses menyelesaikan persamaan Helmholtz dengan menggunakan matematika numerik secara cepat (Robust). Hasil yang didapatkan digunbakan dalam pemrosesan data seismik menajdi seratus kali lipat lebih cepat.

Metode yang digunakan ini dinilai lebih baik dari yang digunakan oleh perusahaan minyak. Dia juga berhasil menemukan berbagai rumus dalam menyelesaikan permasalahan perminyakan seta kemampuan yang dimilikinya menarik perhatian perusahaan minyak dunia yakni Shell.

Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post