Kenapa AC tidak Dingin? Ini Penyebab & Solusinya

Kenapa AC tidak Dingin? Ini Solusinya - Saat cuaca mulai berubah, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa unit AC Anda tidak sedingin dulu. Anda tidak sendirian, dan banyak orang melaporkan masalah ini. Meskipun ada banyak kemungkinan penjelasan, berikut adalah lima alasan mengapa AC Anda mungkin tidak sedingin dulu:

1. Aliran Udara yang Buruk

Aliran udara yang buruk membuat ac tidak sedingin dulu , membuat rumah terasa pengap dan panas. Ini juga dapat meningkatkan tagihan energi Anda karena AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah Anda. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan aliran udara di rumah Anda dan membuat AC Anda lebih efektif.

Pertama, periksa ventilasi dan pastikan terbuka dan tidak terhalang. Jika Anda memiliki furnitur atau gorden yang menghalangi ventilasi, pindahkan agar udara dapat mengalir dengan bebas. Kedua, ganti filter AC Anda secara teratur, dan filter yang tersumbat akan membatasi aliran udara dan mempersulit AC Anda untuk melakukan tugasnya. Terakhir, pastikan tidak ada celah di sekitar pintu atau jendela tempat udara dapat keluar. Menutup celah ini akan meningkatkan aliran udara dan membuat rumah Anda lebih nyaman.

2. Filter Udara Tersumbat

Filter udara yang tersumbat dapat membuat perbedaan besar dalam efisiensi AC Anda . Filter bersih memungkinkan udara mengalir bebas melalui sistem, sementara filter tersumbat membatasi aliran udara dan membuat sistem bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah Anda. Selain itu, filter yang tersumbat dapat menyebabkan koil evaporator membeku, yang menyebabkan kerusakan parah. Jika Anda menyadari bahwa AC Anda tidak sedingin dulu, atau tampaknya bekerja lebih keras dari biasanya, periksa filter udara dan ganti jika perlu. Menjaga filter udara AC Anda tetap bersih dapat membantunya bekerja lebih efisien dan mencegah perbaikan yang mahal.

Baca juga: Perawatan dan Perbaikan Rice Cooker

3. Termostat

Jika termostat Anda tidak berfungsi dengan benar, ini dapat menyebabkan unit AC Anda hidup dan mati lebih sering dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya daya pendinginan dan menyulitkan untuk mempertahankan suhu yang konsisten di rumah Anda. Dalam beberapa kasus, termostat yang rusak juga dapat menyebabkan unit AC Anda bekerja lebih lama dari yang diperlukan, yang menyebabkan tagihan energi yang lebih tinggi. Jika Anda menduga termostat Anda tidak berfungsi dengan benar, hubungi teknisi HVAC yang memenuhi syarat untuk diagnosis dan perbaikan.

4. Kebocoran Refrigeran

Kebocoran refrigeran dapat menyebabkan unit AC Anda kehilangan daya pendinginannya. Refrigeran membantu mendinginkan udara saat bersirkulasi melalui unit, sehingga udara tidak akan sedingin saat terjadi kebocoran. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa unit AC Anda bekerja lebih sering daripada biasanya, karena mencoba mengkompensasi hilangnya zat pendingin. Jika Anda menduga unit AC Anda mengalami kebocoran refrigeran, penting untuk memperbaikinya oleh teknisi yang berkualifikasi. Jika tidak, masalahnya hanya akan bertambah buruk dan dapat merusak unit AC Anda secara signifikan.

5. Kurangnya Pemeliharaan

Seperti yang akan dikatakan oleh teknisi HVAC kepada Anda, perawatan rutin sangat penting untuk menjaga AC Anda dengan benar. Seiring waktu, kotoran dan debu dapat menumpuk di kumparan, mencegahnya menyerap panas secara efektif. Selain itu, level freon mungkin perlu diakhiri, dan filter mungkin perlu diganti. Jika hal-hal tersebut tidak dilakukan secara rutin, unit AC Anda tidak akan dapat berfungsi seefisien saat pertama kali dipasang. Akibatnya, rumah Anda tidak akan sehebat yang seharusnya, dan tagihan energi Anda akan lebih tinggi dari yang seharusnya, jadi jika Anda ingin rumah Anda tetap nyaman dan menghemat uang, lakukan perawatan rutin untuk unit AC Anda.

Baca juga: Perawatan dan Perbaikan Setrika Listrik

Jika AC Anda sudah tidak sedingin dulu, salah satu dari lima alasan di atas mungkin menjadi biang keladinya. Untungnya, sebagian besar masalah dapat dengan mudah diperbaiki jika Anda tahu apa yang harus dicari. Jadi sebelum Anda memanggil teknisi perbaikan, atasi sendiri masalahnya selama beberapa menit. Dan jika semuanya gagal, jangan ragu untuk menghubungi teknisi. Demikian dari kelasteknisi semoga bermanfaat.

Referensi: Google.com (Diakses Agustus 2022)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url