Pengertian Generator Induksi dan Aplikasinya


Pengertian Generator Induksi

Generator induksi adalah mesin induksi yang bekerja seperti generator. Ini dikenal juga sebagai generator asinkron. Jadi dalam kondisi apa sebuah mesin induksi akan berperilaku sebagai generator induksi?

Sebuah mesin induksi akan berperilaku sebagai generator induksi ketika:

  • Slip menjadi negatif karena ini arus rotor dan ggl rotor mencapai nilai negatif.
  • torsi penggerak utama menjadi berlawanan dengan torsi listrik.

Sekarang mari kita bahas bagaimana kita dapat mencapai kondisi ini. Misalkan sebuah mesin induksi dikopel dengan penggerak mula yang kecepatannya dapat dikendalikan. Jika kecepatan penggerak utama ditingkatkan sehingga slip menjadi negatif (yaitu kecepatan penggerak utama menjadi lebih besar dari kecepatan sinkron).

Karena itu, semua kondisi yang telah kami sebutkan di atas akan terpenuhi dan mesin akan berperilaku seperti generator induksi. Sekarang jika kecepatan penggerak mula ditingkatkan lebih lanjut sehingga melebihi nilai maksimum negatif dari torsi yang dihasilkan maka efisiensi pembangkitan generator hilang. Jelas, kecepatan generator induksi selama seluruh operasi tidak sinkron, oleh karena itu generator induksi disebut juga generator sinkron .

Generator induksi bukanlah mesin self-excited. Oleh karena itu untuk mengembangkan medan magnet putar diperlukan arus magnetisasi dan daya reaktif. Generator induksi memperoleh arus magnetisasi dan daya reaktifnya dari berbagai sumber seperti suplai utama atau mungkin generator sinkron lainnya.

Sebuah generator induksi tidak dapat bekerja secara terpisah karena terus menerus membutuhkan daya reaktif dari sistem suplai. Namun, kita dapat memiliki pembangkitan induksi mandiri atau terisolasi jika kita menggunakan bank kapasitor untuk catu daya reaktif alih-alih sistem catu daya AC.

Aplikasi Generator Induksi

Mari kita bahas aplikasi generator induksi : Kami memiliki dua jenis generator induksi mari kita bahas aplikasi masing-masing jenis generator secara terpisah: Generator eksitasi eksternal banyak digunakan untuk pemutusan regeneratif kerekan yang digerakkan oleh motor induksi tiga fasa .

Generator self-excited digunakan di kincir angin. Jadi generator jenis ini membantu dalam mengubah sumber energi yang tidak konvensional menjadi energi listrik .

Sekarang mari kita bahas beberapa kerugian dari generator eksitasi eksternal:

  • Efisiensi generator eksitasi eksternal tidak begitu baik.
  • Kita tidak dapat menggunakan generator eksitasi eksternal pada faktor daya tertinggal yang merupakan kelemahan utama dari generator jenis ini.
  • Besarnya daya reaktif yang digunakan untuk menjalankan generator jenis ini dibutuhkan cukup besar.

Keuntungan dari Generator Induksi

  • Ini memiliki konstruksi yang kuat yang membutuhkan lebih sedikit perawatan
  • Relatif lebih murah
  • Ukuran kecil daya keluaran per kW (yaitu kepadatan energi tinggi)
  • Ini berjalan secara paralel tanpa berburu
  • Tidak diperlukan sinkronisasi ke jalur suplai seperti generator sinkron

Kekurangan Generator Induksi

  • Itu tidak dapat menghasilkan reaktif volt ampere. Ini membutuhkan reaktifvoltamperedari jalur suplai untuk melengkapi eksitasinya.
Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon koreksinya melalui komentar terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url