Jenis Beban Listrik: Resistif, Induktif, & Kapasitif



Ketika kita berbicara tentang daya dan berbagai cara penggunaan daya dalam aplikasi sistem tenaga modern, kita sering merujuk pada beban listrik. Beban listrik adalah salah satu prinsip dasar energi listrik dan transmisi di sirkuit apa pun. Mari kita melihat sekilas teori kelistrikan dan membahas beberapa beban listrik dasar yang berbeda, sebelum melihat peran yang berbeda dari beban listrik dalam sistem tenaga juga. 


APA ITU BEBAN LISTRIK?

Beban listrik adalah setiap perangkat atau komponen listrik yang mengkonsumsi energi listrik dan mengubah energi itu menjadi bentuk lain. Sebagai bagian dari rangkaian listrik, komponen mengubah arus menjadi sesuatu yang berguna, biasanya gerak, cahaya, atau panas. Lampu listrik atau bahkan motor adalah contoh sederhana.

Secara garis besar beban listrik dapat mengacu pada: peralatan yang menggunakan energi listrik; daya yang dibutuhkan dari rangkaian tertentu; arus (atau daya) yang melewati saluran.


BERBAGAI JENIS BEBAN LISTRIK

Jenis beban listrik pada dunia kelistrikan ada tiga, yaitu:
  1. Beban Kapasitif
  2. Beban Induktif
  3. Beban Kapasitif

BEBAN LISTRIK RESISTIF

Setiap beban yang terdiri dari elemen pemanas umumnya disebut sebagai beban resistif. Beban resistif menghalangi aliran energi di sirkuit, mengubahnya menjadi energi panas. Lihat lampu pijar dan pemanas listrik.

Yang penting, beban resistif menarik daya listrik dengan cara yang menjaga gelombang arus dan tegangan dalam fase. Faktor daya untuk beban resistif adalah satu.

Baca juga: Jenis Konduktor Yang Digunakan Di Saluran Listrik Udara

BEBAN LISTRIK INDUKTIF

Beban induktif sangat berbeda dan akan menggunakan medan magnet untuk melakukan semua pekerjaan. Dalam hal ini, beban dapat berupa transformator, generator, atau, lebih umum, motor. Beban induktif memiliki kumparan yang menyimpan energi magnet ketika arus melewatinya.

Ini berarti bahwa gelombang arus mengikuti di belakang gelombang tegangan. Oleh karena itu, faktor daya dari beban induktif tertinggal.

BEBAN LISTRIK KAPASITIF

Dan, seperti yang sudah Anda duga, gelombang arus memimpin gelombang tegangan dalam beban kapasitif. Gelombang arus mencapai maksimum sebelum gelombang tegangan, dan itu berarti bahwa faktor daya memimpin.

Menariknya, tidak ada beban kapasitif yang berdiri sendiri – tidak ada beban kapasitif, seperti bola lampu atau motor. Kapasitor digunakan dalam rangkaian daya besar untuk mengontrol penggunaan daya.

Faktanya, sebagian besar rangkaian daya modern akan menggunakan kombinasi beban resistif, induktif, dan kapasitif. Misalnya, Anda hampir selalu menemukan kapasitor (beban kapasitif) yang digunakan untuk membantu mengendalikan motor (beban induktif) selama start-up atau saat sedang berjalan.


BEBAN LISTRIK DALAM SISTEM TENAGA

Sekarang, kita akan melihat aplikasi yang lebih praktis dari jenis beban listrik ini. Bagaimana beban ini digunakan dalam sistem tenaga? Ini dapat dipecah menjadi empat kategori utama beban dalam sistem tenaga.


BEBAN LISTRIK DOMESTIK (PERUMAHAN)

Beban domestik adalah total energi yang dikonsumsi oleh peralatan listrik di lingkungan rumah tangga – atau rumah tangga. Secara alami, ini bervariasi antara rumah tangga, dan sangat bervariasi antara negara yang berbeda.

Lampu, lemari es, pemanas, AC, hanyalah beberapa dari peralatan rumah tangga yang akan menciptakan beban rumah tangga total. Banyak dari ini hanya terhubung selama beberapa jam setiap hari, dan mengkonsumsi sedikit daya.


BEBAN LISTRIK KOMERSIAL

Alihkan perhatian Anda ke jalan raya. Beban komersial terdiri dari penerangan toko, peralatan kantor, peralatan restoran, atau beban listrik lainnya yang digunakan secara komersial. Peralatan ini biasanya terhubung lebih lama daripada beban domestik.


BEBAN INDUSTRI

Beban industri berikutnya, dan terdiri dari permintaan beban di berbagai industri yang berbeda. Ini adalah beban menyeluruh, mulai dari industri skala kecil hingga industri berat. Beban umumnya akan terdiri dari mesin berat dan sistem lain yang melibatkan motor induksi. Mereka cenderung terhubung setiap saat.


BEBAN KOTA

Beban kota adalah jenis beban listrik terakhir dalam sistem tenaga yang akan kita lihat. Sistem drainase, sistem saluran pembuangan, dan lampu lalu lintas semuanya akan menciptakan beban kota. Beberapa dari sistem ini beroperasi pada malam hari, seperti penerangan jalan, atau pompa yang mengisi tangki penyimpanan di atas kepala.

Baca juga: Jenis Sistem Kontrol | Sistem Kontrol Linier dan Non Linier

Beban pertanian, beban irigasi, dan beban traksi adalah jenis beban lain yang kurang umum.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url