Perbedaan Antara Arus Bolak-balik (AC) dan Arus Searah (DC)

Arus Bolak-balik (AC) dan Arus Searah (DC)

Perbedaan Antara Arus Bolak-balik (AC) dan Arus Searah (DC) - Bahan konduktor memiliki elektron bebas yang berpindah dari satu atom ke atom lain ketika perbedaan potensial ditimbulkan. Aliran elektron dalam rangkaian tertutup ini disebut arus. Berdasarkan arah gerak elektron dalam rangkaian tertutup, arus listrik terutama diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu arus bolak-balik dan arus searah.

Salah satu perbedaan utama antara arus bolak-balik dan arus searah adalah bahwa dalam arus bolak-balik polaritas dan besarnya arus berubah pada interval waktu yang teratur sedangkan pada arus searah tetap konstan. Beberapa perbedaan tersebut dijelaskan di bawah ini dalam bentuk tabel perbandingan dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Perbedaan arus bolak-balik dan arus searah dirangkum dalam bentuk tabel berikut:


Dasar Arus Bolak-Balik(AC) Arus Searah (DC)
Definisi Arah arus balik secara periodik. Arah arus tetap sama
Penyebab aliran elektron Memutar kumparan dalam medan magnet seragam atau memutar medan magnet seragam dalam kumparan stasioner Medan magnet konstan melintasi kawat
Frekuensi 50 atau 60 Hertz Nol
Arah aliran elektron Dua arah searah
Faktor kekuatan Terletak antara 0 dan 1 Selalu 1
Polaritas Memiliki polaritas (+, -) Tidak memiliki polaritas
Jenis beban Beban mereka resistif, induktif atau kapasitif. Beban mereka biasanya bersifat resistif.
Representasi grafis Diwakili oleh gelombang tidak beraturan seperti gelombang segitiga, gelombang persegi, gelombang gigi persegi, gelombang sinus. Diwakili oleh garis lurus.
Dialirakan Dapat ditransmisikan jarak jauh dengan beberapa kerugian. Ini dapat ditransmisikan melalui jarak yang sangat jauh dengan kerugian yang dapat diabaikan.
Perubahan Dapat diubah menjadi arus searah Dapat diubah menjadi arus bolak-balik
Cabang Beberapa gardu diperlukan untuk pembangkitan dan transmisi Lebih banyak gardu diperlukan untuk pembangkitan dan transmisi
Aplikasi Pabrik, Industri dan untuk keperluan dalam negeri Elektroplating, Elektrolisis, Peralatan Elektronik

Pengertian Arus Bolak-balik (AC)

Arus yang berubah arahnya secara periodik, jenis arus tersebut disebut arus bolak-balik. Besaran dan polaritasnya juga berubah seiring waktu. Dalam jenis arus seperti itu, elektron bebas (muatan listrik) bergerak maju dan mundur.
apa perbedaan arus ac dan arus dc


Frekuensi (jumlah siklus yang diselesaikan dalam satu detik) dari arus bolak-balik adalah 50 hingga 60 Hz tergantung pada negaranya. Arus bolak-balik dengan mudah diubah dari nilai tinggi ke nilai rendah dan sebaliknya dengan bantuan transformator. Dengan demikian, ini terutama digunakan untuk transmisi dan distribusi.

apa perbedaan arus bolak-balik dan arus searah


Pengertian Arus Searah (DC)

Ketika muatan listrik di dalam penghantar mengalir dalam satu arah, maka jenis arus seperti itu disebut arus searah. Besarnya arus searah selalu tetap dan frekuensi arusnya nol. Ini digunakan di ponsel, kendaraan listrik, pengelasan, peralatan elektronik, dll.
perbedaan ac dan dc


Representasi grafis dari arus bolak-balik ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
perbedaan arus ac dan dc


Arus bolak-balik (AC), Prinsip kerja arus bolak-balik, Sistem arus bolak-balik, Perbedaan arus bolak-balik dengan arus searah (DC), Keuntungan arus bolak-balik, Aplikasi arus bolak-balik, Standar arus bolak-balik, Frekuensi arus bolak-balik, Transformator arus bolak-balik, Generator arus bolak-balik, Kontrol arus bolak-balik, Pemasangan arus bolak-balik.

Perawatan arus bolak-balik, Konsumsi daya arus bolak-balik, Analisis arus bolak-balik, Pemeliharaan arus bolak-balik, Efisiensi arus bolak-balik, Kinerja arus bolak-balik, Sertifikasi arus bolak-balik, Pemeliharaan arus bolak-balik, Pembuatan arus bolak-balik, Pengukuran arus bolak-balik, Proteksi arus bolak-balik, Harmonisa arus bolak-balik, Power Quality arus bolak-balik, Metode pengukuran arus bolak-balik, Sistem distribusi arus bolak-balik.

Arus searah (DC), Prinsip kerja arus searah, Sistem arus searah, Perbedaan arus searah dengan arus bolak-balik (AC), Keuntungan arus searah, Aplikasi arus searah, Standar arus searah, Komponen arus searah, Generator arus searah, Kontrol arus searah, Pemasangan arus searah, Perawatan arus searah, Konsumsi daya arus searah.

Analisis arus searah, Pemeliharaan arus searah, Efisiensi arus searah, Kinerja arus searah, Sertifikasi arus searah, Pemeliharaan arus searah, Pembuatan arus searah, Pengukuran arus searah, Proteksi arus searah, Metode pengukuran arus searah, Sistem distribusi arus searah, Perangkat arus searah, Baterai arus searah, Motor arus searah, Regulator arus searah, Konektor arus searah.

Perbedaan utama antara Arus Bolak-balik dan Arus Searah


  1. Arus yang mengubah arahnya pada selang waktu yang teratur jenis arus seperti itu disebut arus bolak-balik. Arus searah bersifat searah atau mengalir hanya dalam satu arah.
  2. Muatan dalam arus bolak-balik mengalir baik dengan memutar sebuah kumparan dalam medan magnet atau dengan memutar medan magnet di dalam sebuah kumparan stasioner. Dalam arus searah, muatan mengalir dengan menjaga magnet konstan sepanjang kawat.
  3. Frekuensi arus bolak-balik adalah 50 hingga 60 hertz tergantung pada standar negara, sedangkan frekuensi arus searah selalu tetap nol.
  4. Faktor daya arus bolak-balik terletak antara nol sampai satu, sedangkan faktor daya arus searah selalu tetap satu.
  5. Arus alternator dihasilkan oleh alternator. Arus searah dihasilkan oleh generator, baterai dan sel.
  6. Beban arus bolak-balik adalah kapasitif, induktif atau resistif. Beban arus searah selalu bersifat resistif.
  7. Arus bolak-balik dapat direpresentasikan secara grafis melalui bentuk gelombang tidak beraturan yang berbeda seperti gelombang segitiga, gelombang persegi, gelombang periodik, gelombang gigi gergaji, gelombang sinus, dll. Arus searah secara grafis diwakili oleh garis lurus.
  8. Arus bolak-balik mentransmisikan jarak jauh dengan beberapa kerugian, sedangkan arus searah mentransmisikan jarak yang sangat jauh dengan kerugian yang dapat diabaikan.
  9. Arus bolak-balik diubah menjadi arus searah dengan bantuan penyearah sedangkan arus searah diubah menjadi arus bolak-balik dengan bantuan inverter.
  10. Beberapa gardu induk memerlukan pembangkitan dan transmisi arus bolak-balik. Gardu tambahan diperlukan untuk transmisi arus searah.
  11. Arus bolak-balik digunakan dalam industri, pabrik, dan untuk keperluan rumah tangga. Arus searah terutama digunakan dalam peralatan elektronik, lampu kilat, kendaraan hibrida, pelapisan listrik, elektrolisis, untuk menarik belitan medan rotor, dll.
Jadi itulah perbedaan Antara Arus Bolak-balik (AC) dan Arus Searah (DC) semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url