Apa itu Optical Line Terminal (OLT)

Optical Line Terminal

Optical Line Terminal (OLT) adalah perangkat keras titik akhir (endpoint) pada passive optical network (PON). OLT mempunyai keterkaitan dengan fiber to the home (FTTH). Apa itu FTTH? FTTH atau kepanjangan dari Fibe to the Home juga disebut sebagai fiber to the premises (FTTP) adalah pemasangan dan penggunaan serat optik dari titik pusat langsung ke bangunan individu seperti gedung apartemen, tempat tinggal, dan bisnis dlam menyediakan akses internet berkecepatan tinggi.


Dalam jaringan telekomunikasi saat ini yang semakin canggih, Fiber to the Home (FTTH) sukses menarik perhatian banyak orang terhusus dari perusahaan telekomunikasi.


OLT sendiri didalamnya terdapat router gateway (GWR), Central Processing Unit (CPU), kartu uplink voice gateway (VGW), passive optical network cards yang dapat mengirimkan sinyal data kepada pengguna pada 1490 nanometer (nm). Sinyal tersebut dapat melayani hingga 128 ONT yang berkisar hingga 12.5 mil dengan menggunakan pembagi optik (optical splitters).


Fungsi OLT (Optical Line Terminal)

Optical Line Terminal (OLT) mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai berikut:

1. Mengubah sinyal standar yang digunakan pada penyedia FiOS ke frekuensi dan framing yang digunakan pada sistem PON (Passive Optical Network).

2. Melakukan kordinasi multiplexing antara perangkat konversi dalam terminal jaringan optic (OLT) yang terdapat di lokasi pelanggan.


OLT sering digunakan pada akses jaringan serat optic di berbagai tingkatan daerah, kota, kabupaten, hingga desa. Hal ini dapat membantu secara efisien dalam mengurangi biaya konstruksi jaringan, jaminan bandwith tang tinggi, dan juga integrasi tinggi.


Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana OLT dapat meningkatkan pengalaman internet Anda, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan internet Anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url