6 Alat Ini Bisa di Kombinasikan dengan IOT

 Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung ke jaringan internet, sehingga dapat diakses dan dikontrol dari jarak jauh. Berikut adalah 6 alat yang dapat dikombinasikan dengan teknologi IoT:

1. Smart Home 

Smart home perangkat rumah tangga seperti AC, lampu, dan lainnya yang dapat diatur dan dikontrol secara jarak jauh melalui internet. Dengan smart home, kita bisa mengontrol perangkat-perangkat rumah tangga hanya dengan menggunakan smartphone atau perangkat lain yang terhubung ke internet. Misalnya, kita bisa mematikan AC yang lupa kita matikan dari jarak jauh, atau menyalakan lampu sebelum tiba di rumah.

2. Smart Agriculture

Smart agriculture perangkat pertanian seperti sensor suhu, kelembaban, dan kondisi lainnya yang dapat membantu mengoptimalkan kondisi di lahan pertanian. Dengan smart agriculture, petani bisa mengontrol suhu, kelembaban, dan kondisi lainnya di lahan pertanian secara real time, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.

3. Smart Transportation

Smart transportation perangkat transportasi seperti sensor lalu lintas, kamera CCTV, dan lainnya yang dapat membantu mengontrol lalu lintas dan memberikan informasi kepada pengemudi. Dengan smart transportation, kita bisa mendapatkan informasi tentang lalu lintas secara real time, sehingga bisa menghindari jalan macet atau kecelakaan.

4. Smart Healthcare

Smart healthcare perangkat kesehatan seperti jam tangan pintar yang dapat memberikan informasi tentang kondisi tubuh seseorang dan memberi kabar kepada keluarga atau kerabat terdekat. Dengan smart healthcare, kita bisa lebih memantau kondisi tubuh kita dan segera mengambil tindakan jika terjadi masalah.

5. Smart City

Smart city perangkat yang dapat membantu mengoptimalkan kondisi di kota, seperti sensor lalu lintas, kamera CCTV, dan lainnya. Dengan smart city, pemerintah bisa lebih mudah mengontrol lalu lintas, mengetahui keadaan kota secara real time, dan membuat keputusan yang lebih tepat.

6. Smart Factory

Smart factory perangkat yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya di pabrik, seperti sensor produksi, konsumsi energi, dan kondisi mesin. Dengan smart factory, pihak manajemen bisa lebih mudah mengetahui kondisi.

Itulah perangkat pintar yang dapat kita kombinasikan dibeberapa sektor kehidupan kita agar lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. disisi lain dengan semakin berkembangnya teknologi apalagi dibidangi iot, dan semakin berkurangnya tenaga kita untuk melakukan pekerjaan dan sudah dipermudah dengan adanya robot-robot pintar, semoga dengan berkembangnya teknologi saat ini juga membuat kita semakin berkembang dan dapat bersaing di dunia kerja.

Baca juga: Mengenal Teknologi IoT Dari Layanan Smart Transportation Hingga GPS

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url