Penyebab dan Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Pengguna set-top box digital terkadang menghadapi masalah saat menggunakannya yaitu saluran TV ada sinyal atau gagal menampilkan siaran dengan baik. Jadi kami mempunyai cara untuk mengatasi masalah ini.



Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah dengan set top box, jika tidak ada sinyal, tidak akan berfungsi dengan baik dan siaran akan terputus. Seperti apa artinya mengalahkannya? 


Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal


Pastikan area Anda tercakup oleh sinyal TV digital


Untuk menikmati siaran TV digital dengan nyaman melalui STB, itu adalah sinyal yang telah dijangkau di wilayah Anda. Jika sinyal TV digital masih belum menjangkau area Anda, kemungkinan besar sinyal tersebut terhalang atau bahkan tidak ada sama sekali.


Untuk mengecek apakah sudah ada sinyal TV digital di wilayah Anda atau belum, Anda bisa menggunakan aplikasi Digital TV Signal yang kini sudah tersedia untuk diunduh pengguna secara gratis di Play Store atau App Store.


Aplikasi sinyal TV digital memungkinkan Anda mengetahui seberapa jauh pemancar dari rumah Anda, sehingga Anda juga dapat mengetahui apakah area Anda terjangkau oleh sinyal TV digital atau tidak.


Sebelum beralih ke dekoder, Anda harus mengunduh aplikasi Digital TV Signal terlebih dahulu agar tidak membeli dekoder secara gratis. Karena jika daerah Anda tidak terjangkau oleh sinyal digital, set top box juga tidak akan berfungsi karena sinyalnya belum ada.


Periksa kondisi antena

Periksa kondisi antena bekas apakah kabel atau konektornya berkarat atau tidak. Jika ternyata benar-benar berkarat atau berkarat, segera ganti.


Jika kabel atau konektor berkarat, ini mungkin menjadi alasan tidak menerima sinyal. Apalagi jika Anda menggunakan antena eksternal dan sudah lama menggunakannya, kualitas antena bisa menurun karena korosi dan karat. Selain itu, hujan juga dapat membasahi bagian dalam kabel dari antena eksternal sehingga membuat penerimaan sinyal TV menjadi lemah atau tidak stabil.


Gunakan antena eksternal

Disarankan untuk menggunakan antena luar ruangan, karena dapat sepenuhnya menangkap sinyal TV digital. Penggunaan antena eksternal dianggap perlu, terutama untuk set-top box berlabel DVB-T2. Jika Anda menggunakan DVB-T2 STB dan belum mengganti antena eksternal, sebaiknya ganti terlebih dahulu.


Jika Anda tetap ingin menggunakan antena dalam ruangan juga bisa, namun pastikan lokasi Anda berada di dekat area pancaran cahaya. Alasannya, tentu saja, antena dalam ruangan hanya dirancang untuk tempat yang lebih dekat dengan pemancar, sehingga meskipun antena ditempatkan di dalam ruangan, transmisi TV akan berhasil. Hal ini berbeda jika Anda tinggal atau berada di tempat yang kondisi sinyalnya sulit.


Periksa kabel HDMI atau RCA

Dalam beberapa kasus, dekoder hanya dapat menerima sinyal TV digital jika menggunakan kabel RCA. Namun jika kabel RCA diganti dengan kabel HDMI, maka set top box tidak dapat menemukan sinyal dan bisa terjadi sebaliknya.


Jadi pastikan kabel HDMI atau RCA terhubung dengan benar ke port STB dan TV. Tidak ada yang dibalik atau diubah. Terkadang kotoran juga bisa tersangkut di konektor HDMI atau RCA, jadi Anda harus mencoba membersihkannya terlebih dahulu.


Setelah Anda memverifikasi bahwa tidak ada kotoran pada kabel atau konektor dan bahwa pemasangan tidak diubah atau dibatalkan, tekan tombol Sumber pada remote control. Kemudian pilih opsi HDMI jika Anda ingin menyambungkan STB ke TV dengan kabel HDMI. Jika koneksi berhasil, layar pengaktifan STB akan muncul di layar. 


Mulai ulang STB

Kesalahan pada perangkat lunak STB juga dapat menyebabkan dekoder tidak dapat memperoleh atau menerima sinyal, sehingga tidak ada sinyal pada layar yang ditampilkan. Salah satu cara untuk mengatasi set top box tanpa sinyal, yang juga memungkinkan, adalah dengan me-reboot set top box.


STB masih menyala, matikan sebentar lalu hidupkan kembali dan lihat apakah berfungsi. 


Perbarui perangkat lunak STB

Jika Anda sudah lama tidak melakukan pembaruan perangkat lunak, harap periksa apakah pembaruan perangkat lunak tersedia sekarang atau tidak. Harap pastikan untuk terlebih dahulu menghubungkan STB ke internet atau ke adaptor nirkabel yang sesuai untuk adaptor nirkabel Anda dan perbarui perangkat lunak untuk mendapatkan pembaruan terbaru.


STB diatur ulang

Reset STB adalah cara untuk mengembalikan pengaturan STB ke default pabrik. Jadi STB seperti awal lagi. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini, Anda harus berurusan dengan STB terlebih dahulu, yang tidak dapat mentolerir sinyal dengan cara sebelumnya. Penggantian koneksi TV

Apa itu koneksi TV? Jack TV adalah alat yang menghubungkan set top box ke antena. Coba periksa apakah ada masalah dengan koneksi TV. Jika demikian, kemungkinan besar set top box tidak mengirimkan sinyal karena konektor TV, sehingga konektor TV harus segera diganti.


Meskipun ada beberapa cara untuk mengatasi set top box tanpa sinyal, Anda juga perlu memahami alasan mengapa set top box Anda tidak memiliki sinyal. Jika Anda mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencegah masalah sebelum terjadi.


Lantas apa penyebab STB tidak ada sinyal?


Alasan set top box, tidak ada sinyal

Berdasarkan apa yang kami sampaikan tadi tentang cara mengatasi set top box yang tidak ada sinyal, maka dapat disimpulkan beberapa hal yang dapat menyebabkan set top box tidak ada sinyal, antara lain :



Area yang tidak terjangkau oleh sinyal TV

Tidak peduli seberapa baik Anda menggunakan set top box, itu tidak membantu jika ternyata masalahnya bukan pada set top box, tetapi dengan area di mana sinyal TV yang diinginkan masih belum tersedia. Jadi STB juga melaporkan tidak ada sinyal.


Posisi antena yang digunakan

Lokasi antena juga mempengaruhi penerimaan sinyal. Posisi antena yang tidak menguntungkan dapat berarti bahwa dekoder juga tidak dapat menangkap sinyal dengan baik.


Contoh penempatan antena yang kurang baik adalah antena yang diletakkan berdekatan sehingga menyebabkan antena saling berebut sinyal. Karena itu, ada baiknya memisahkan antena agar tidak berebut sinyal.


Kabel HDMI atau RCA tidak tersambung dengan benar

Dalam pengoperasiannya, STB hanya bisa menggunakan kabel HDMI atau RCA. Padahal, keduanya bisa bekerja dengan baik jika dipasang atau dihubungkan dengan benar. Di sisi lain, jika kabel tidak tersambung dengan benar ke port yang seharusnya, ada masalah transmisi yang tidak dapat ditangkap atau ditransmisikan.


Perangkat lunak set-top box (STB) yang belum diperbarui

Secara umum, STB selalu menyediakan update software. Jika perangkat lunak terbaru tersedia tetapi Anda belum memutakhirkannya, sinyal mungkin tidak ditampilkan dengan kualitas yang baik.


Masalah dengan koneksi TV

Padahal, koneksi TV yang bermasalah bisa mengakibatkan sinyal drop dan acara TV tidak terpancar dengan baik. 


Baca juga.

Cara Daftar dan Install URL Playlist ZalTV Indonesia Terbaru

Frekuensi Inews TV Digital DVB-T2 Terbaru 2023


Fungsi Set Top Box (STB).

Tugas utama set-top box adalah membuat suara dan gambar siaran menjadi lebih jelas. Bagi Anda pengguna TV analog, tidak perlu mengganti TV set untuk menerima tayangan TV berkualitas HD seperti yang ditayangkan di TV digital, cukup menggunakan set top box.


set top box tidak hanya membuat suara dan gambar TV menjadi lebih jernih, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lain, seperti:


Tidak dibebani biaya bulanan seperti pemasangan TV Kabel

Hingga saat ini masih banyak kesalahpahaman tentang STB yang berkembang di masyarakat yaitu STB atau set-top box adalah layanan TV kabel untuk menonton acara TV, padahal tentu saja bukan.


STB bukanlah perangkat tambahan untuk menikmati TV kabel. Oleh karena itu, pemasangan atau pemasangan STB tidak akan pernah mengubah program atau siaran TV, dan tidak akan membebankan biaya bulanan kepada penonton. 


Dengan STB, orang hanya perlu membelinya sekali dan menikmatinya selamanya, tentunya hingga set top boxnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi, sehingga harus membeli yang baru. Selama konfigurator masih berfungsi, tidak ada biaya tambahan atau biaya bulanan yang harus dibayar.


Lebih banyak program TV disiarkan di STB

Jika Anda menggunakan TV analog, Anda hanya akan menemukan program TV, dengan set top box Anda akan mendapatkan lebih banyak program TV lokal. Tentunya semua program TV lokal yang jumlahnya terus bertambah ini bisa disaksikan atau ditonton secara gratis dan gratis setiap harinya.


Tentu saja, karena acara TV lebih banyak, Anda tidak akan bosan saat menonton acara TV. Jika Anda bosan atau tidak menyukai suatu acara, Anda dapat langsung beralih ke program TV lain.


Sinyal radio jauh lebih baik

Menurut situs web Ask Any Difference, dijelaskan bahwa memasang STB di TV memungkinkan TV mengambil sinyal 0-bit atau 1-bit. Atau artinya resolusi atau tingkat resolusi sinyalnya jauh lebih tinggi daripada televisi analog.


Hal ini dikarenakan acara di TV analog menerima sinyal yang disiarkan secara langsung dan terus menerus, sehingga cuaca buruk seperti hujan atau petir lebih mudah mengganggu sinyal di TV analog.


Pada saat yang sama, STB memungkinkan menangkap sinyal dari televisi dan pemancar satelit untuk transmisi, memungkinkan transmisi tetap jelas dan tidak terputus meskipun ada gangguan. Sedikit informasi yang dapat kami berikan tentang pemrosesan konfigurasi, sinyal tidak dapat dibuat. Bagi anda yang TV analog dan belum menggunakan set top box, sebaiknya segera miliki karena set top box memiliki banyak kelebihan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url