8 Skill Yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Elektro

8 Skill Yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Elektro - Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, lulusan teknik elektro perlu menguasai berbagai keterampilan kunci untuk sukses.

Pada artikel ini Kelas Teknisi akan membahas delapan skill penting yang harus dimiliki oleh setiap lulusan teknik elektro, dari problem solving hingga keterampilan coding, yang tidak hanya meningkatkan kompetensi mereka tetapi juga mendukung perkembangan karir yang lebih baik. Apa saja skill tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

1. Aktif Belajar Hal Baru

Insinyur lulusan manapun harus selalu memperkaya dirinya, baik semasa kuliah, atau belajar diluar perkuliahan. Sudah bukan rahasia kalau perkembangan teknologi saat ini sangat cepat. Jika nggak cepat tanggap, bisa-bisa tertinggal.

Jika aktif mempelajari hal baru, bukan hanya kita mendapat banyak pengetahuan. Bisa saja mempermudah jenjang karir yang lebih baik serta meningkatkan rasa percaya diri didepan orang lain.

2. Berfikir Kritis dan Cepat Tanggap

Nantinya lulusan teknik dituntut untuk memecahkan masalah dan mencari solusinya. Salah satu syaratnya adalah apabila memiliki kemampuan berfikir kritis. Anak Elektro diharuskan melihat permasalahan dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan serta solusi yang dapat digunakan untuk pengembangan lanjut.

3. Problem Solving

Dimanapun tempat kita berada, mau dikerjaan atau diperkuliahan kita perlu dapat mengidentifikasi masalah yang berurusan dengan teknik. Khususnya pada teknik elektro akan dihadapkan dengan permasalahan kelistrikan yang terkadang sulit terselesaikan.

4. Dapat Berinovasi

Sebagai seorang insinyur elektro haruslah kita mampu berinovasi. Melihat perkembangan teknologi yang sangatlah cepat menjadi salah satu penyebabnya. Jika tidak mampu melahirkan inovasi tentu akan kalah dalam persaingan.

Enaknya berinovasi di dunia teknik adalah tidak ada batasan desainnya harus sempurna. Yang terpenting adalah rancangan yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. Pada akhirnya desain akan menyesuaikan ketika kita sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Fisika dan Matematika

Setelah menyelesaikan kuliah teknik elektro, matematika dan disika harus dibawa sampai kapanpun. Bukan hanya berurusan dengan angka-angka saja, nantinya lulusan elektro harus mampu menyelesaikan permasalahan praktis dengan matematika dan fisika.

Seorang insinyur juga harus dapat menganalisis suatu rangkaian kerja di teknik elektro. dan dapat menentukan arah yang harus ditempuh dengan analisisnya.

6. Membaca dan Membuat Desain Sirkuit PCB

Membaca dan membuat papan sirkuit bagi anak elektro adalah keharusan. Sama halnya dengan anak arsitek yang harus bisa membuat dan menggambar dengan AutoCAD.

Maka suda selayak dan sepantasnya selama belajar harus menguasai tentang PCB, desain yang digunakan untuk membuat sistem kelistrikan atau rangkaian digital, dll.

7. Pengetahuan Tentang Karakter Komponen Elektronika

Selain menguasai PCB, mengetahui sifat dan karakteristik komponen kelistrikan dapat menambah nilai tersendiri. Dapat memapulasi masukan dan keluaran arus adalah salah satu dari jobdesk yang harus dikerjakan.

Manfaat dari mengetahui sifat dan karakteristik komponen kelistrikan adalah dapat mengantisipasi apabila ada kerusakan pada sirkuit. Sehingga memudahkan teknisi untuk memperbaiki atau merakit benda kerja yang diinginkan.

8. Bisa Coding

Ternyata bukan hanya anak IT yang harus bisa coding, anak elektro juga bernasip serupa. Pasalnya nanti waktu ngerjain proyek Arduino menggunakan bahasa pemrograman C serta codingan bahasa C++, Pyton, Android, atau menggunakan MATLAP buat penggunaan analisa system dan data.

Dengan menguasai delapan skill ini, lulusan teknik elektro siap untuk menghadapi tantangan di dunia profesional, mengambil peran penting dalam inovasi teknologi, dan membangun karir yang sukses dan berkelanjutan dalam bidang teknik elektro.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url