Cara Mengatasi Token Listrik Yang Gagal Terus Terbaru


Cara Mengatasi Token Listrik Yang Gagal Terus Terbaru - Token listrik merupakan alat yang sangat penting bagi kebanyakan orang untuk memasok listrik ke rumah atau tempat usaha mereka. Namun, kadang-kadang token listrik bisa mengalami masalah dan mengalami kegagalan berulang. Ini dapat menjadi masalah besar bagi mereka yang membutuhkan listrik secara terus-menerus.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan token listrik gagal, seperti masalah pada sistem pembayaran, kerusakan pada perangkat, atau kesalahan dalam proses pengisian. Namun, tenang saja, masalah ini bisa dikesampingkan dengan beberapa solusi yang dapat diterapkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasi token listrik yang gagal terus dan memastikan listrik tetap mengalir dengan lancar.

Penyebab Tokel Listrik Gagal di Masukkan

Beberapa dari pengguna listrik prabayar pernah menjumpai atau mengalami gagal saat memasukkan token listrik. Nah berikut ini pemaparan masalah dan cara mengatasi token listrik yang gagal terus saat di masukkan ke meteran:

1. Server PLN error

Gagal memasukkan token yang pertama disebabkan oleh server PLN yang mengalami gangguan, jadi kamu harus menunggu hingga server PLN kembali normal dikarnakan sedang ada perbaikan. Setelah server PLN berjalan normal, silahkan masukkan kembali token listrik Anda, pastikan ID dan nomor token tidak mengalami kesalahan, jika saat pembelian anda salah memasukkan id itu dapat berdapak dan kode anda tidak dapat dimasukkan kedalam kWh meter prabayar anda karna tidak sesuai dengan id yang Anda miliki.

2. Salah memasukkan kode token listrik berulang kali hingga terblokir

Setelah anda mempunyai kode token yang telah anda beli, Anda harus memastikan kode saat penginputan Anda telah benar, Anda harus teliti dan berhai hati karna salah 1 angka saja dapat mengakibatkan kegagalan saat memasukkan token listrik Anda. Jika berulang kali gagal dalam memasukkan token listrik maka meteran anda akan terblokir, langkah yang perlu andalakukan setelah terblokir yaitu menghubungi PLN seupaya masalah anda dapat teratasi.

3. kWh over limit

Apabila pemakaian token listrik anda telah mencapai batas dalam 1 bulan maka token listrik yang anda masukkan selanjutnya akan gagal terinput.

4. Meteran listrik bermasalah

Masalah yang ke empat ini pada meteran prabayar anda akan muncul ikon atau tulisan dilayar meteran anda, sperti ikon telapak tangan, tulisan blocked, periksa, atau mati, maka anda dapat menghubungi PLN untuk diatasi.

5. Instalasi listrik buruk

Permasalahan selanjutnya yaitu pada kondisi  instalasi listrik rumah anda yang tidak baik, sehingga mengakibatkan anda gagal  dalam memasukkan kode listrik bahkan dapat beresiko mengakibatkan konsleting listrik hingga kebakaran. Apabila instalasi anda mengalami masalah maka secepatnya anda harus menghubungi PLN untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Mematikan Bunyi Token Listrik, Mudah!

Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal Terus


Token listrik yang telah dibeli mengalami masalah saat saat memasukkan kode ke meteran listrik prabayar, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan tetap tenang, berikut cara mengatasi token listrik yang gagal terus:
  1. Tekan 00 lalu enter pada meteran listrik prabayar anda, kode tersebut berguna untuk me-reset meteran apabila mengalami kesalahan saat memasukkan kode token listrik sebelumnya.
  2. Tunggu sebentar hingga meteran selesai melakukan reset.
  3. Selanjutnya, masukkan kembali nomor token listrik ke meteran Anda. Pastikan kode atau nomor token anda telah sesuai dengan yang telah anda beli.
  4. Setelah pengisian berhasil, maka token listrik anda akan langsung masuk atau token listrik anda akan bertambah.
  5. Sedangkan jika telah dicoba lebih dari dua kali dan setelah di periksa kodenya telah sesuai dan masih mengalami gagal input, maka Anda perlu menghubungi pihak PLN dengan Contact center PLN ke nomor 123 atau ( kode area ) 123.

Dalam artikel ini, telah dibahas berbagai penyebab dan cara mengatasi token listrik yang gagal terus. Mulai dari masalah teknis seperti kesalahan pemasangan, kabel rusak, hingga masalah non-teknis seperti sistem pembayaran yang error. Pengetahuan ini sangat penting bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalami masalah tersebut dan ingin mengatasinya dengan cepat dan efektif.

Selain itu, harus diingat bahwa untuk masalah teknis seperti kesalahan pemasangan atau kabel rusak, disarankan untuk menghubungi ahlinya. Sementara untuk masalah non-teknis seperti sistem pembayaran, dapat dikontakkan melalui layanan pelanggan dari perusahaan penyedia listrik. Dengan demikian, masalah token listrik yang gagal terus dapat segera teratasi dan kembali mengalir dengan lancar.

Sumber referensi:
  1. PLN (Perusahaan Listrik Negara)
  2. Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)
  3. Forum konsumen listrik
  4. Blog teknologi energi
  5. Layanan Pelanggan PLN melalui nomor telepon 123 atau melalui aplikasi mobile PLN.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url