Penyebab dan Pencegahan Korsleting Listrik


Penyebab Terjadinya Korsleting Listrik

Banyak yang berpendapat dan menduga bahwa penyebab terjadinya korsleting listrik adalah beradunya dua kabel listrik yang menjadi pemicu dan penyebab terbesar kebakaran. Kalau dua kabel listrik yang bertegangan beradu atau bersentuhan, memang akan terjadi percikan api yang besar, bahkan mungkin terjadi ledakan kalau arusnya cukup besar. Namun kejadian demikian jarang menyebabkan kebakaran, kecuali di tempat dekat percikan tersebut ada barang-barang yang mudah terbakar seperti bensin, atau bahan kimia.

Dalam banyak kasus  penyebab terjadinya korsleting listrik apabila terjadi percikan api, MCB (Mini Circuit Breaker) secara otomatis akan langsung turun dan memutus aliran listrik. Kalau percikan listriknya besar, apalagi sampai terjadi ledakan, misalnya terjadi di tiang listrik PLN, biasanya MCB milik PLN yang terdapat di gardu-gardu listrik juga akan turun untuk memutus aliran listrik. Penyebab kebakaran yang lebih sering terjadi, adalah terbakarnya outlet atau colokan listrik yang dikenal dengan sebutan steker listrik.

Mungkin kita pernah mengalami ketika memasang colokan ke dalam stop kontak terasa longgar, tergoyang, dan bila tergeser sedikitmati. Kemudian colokan tersebut harus digoyang sedikit lagi agar hidup lagi. Situasi seperti itulah yang bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting listrik dan muncul percikan api kecil, yang bergantung pada beban listrik yang dialirkan oleh steker. Semakin besar beban listrik (Watt), maka akan semakin besar pula percikan api yang dikeluarkannya.

Percikan api kecil yang terus menerus, lama-lama akan menghanguskan bagian dari steker atau stop kontak yang biasanya terbuat dari plastik atau karet. Pada bagian yang hangus ini seperti arang yang semakin mudah terbakar. Tidak hanya steker dan stop kontak yang kemudian rawan terbakar, kabel di dalam stop kontak pun menjadi sangat panas dan bisa pula terbakar.

Berbeda dengan kejadian korsleting listrik yang langsung menimbulkan percikan api atau ledakan yang langsung akan menjadi perhatian orang, kejadian terbakar akibat panas dan longgar berlangsung secara lambat dan jarang disadari pemilik rumah sampai semuanya sudah terlambat. Kejadian kebakaran sebagai akibat yang kedua ini, umumnya lebih seringmenjadi  penyebab terjadinya korsleting listrik daripada yang pertama.

Pencegahan Korsleting Listrik

Untuk mencegah kebakaran sebagai akibat panas berlebih seperti yang dijelaskan di atas, kita hendaknya lebih teliti dan mewaspadai berbagai hal yang kemungkinan dapat menjadi penyebab terjadinya korsleting listrik:

  1. Perhatikan peralatan listrik yang mengonsumsi daya besar ( watt besar) dan terpasang terus menerus. Contohnya, AC, lemari es, kompor listrik, pemanas air, atau lampu penerangan dengan watt besar. Untuk alat-alat tersebut gunakanlah kabel, stop kontak, steker, sakelar yang bermutu dan berkualitas bagus. Adapun pemakaian watt besar, adalah peralatan listrik yang mengonsumsi beban atau daya listrik lebih dari 250 Watt.
  2. Perhatikan kalau ada peralatan listrik, misalnya lampu yang suka berkedip-kedip, mati sendiri, dan hidup sendiri. Hal itu dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik.
  3. Perhatikan apabila mencium bau gosong yang tidak biasa. Bau gosong tersebut biasanya tidak terlalu menyengat, tetapi tidak hilang-hilang.
  4. Bila mendeteksi adanya kerusakan pada alat-alat listrik, seperti tercium bau gosong, bau asap dan lain sebagainya, langkah pertama yang harus segera dilakukan, adalah segera mematikan aliran listrik dari MCB utama (di bawah meteran listrik).
  5. Sebaiknya mematikan semua peralatan listrik (kecuali lemari es) sebelum tidur.

Sebelum terjadi sebuah kecelakaan, alangkah lebih baik apabila kita melakukan pencegahan korsleting listrik secara dini dan mengantisipasi kejadian negatif yang membahayakan. Begitu pun dengan penggunaan alat-alat kelistrikan di rumah diperlukan pemahaman terhadap fungsi dan manfaat serta kecelakaan yang mungkin ditimbulkan dari kerusakan alatalat listrik.

Kebakaran merupakan satu hal yang dapat terjadi di manapun dan kapan pun juga. Bahaya kebakaran dapat menyebabkan kerugian harta benda dan jiwa. Untuk itu, mengetahui cara pencegahan korsleting listrik korsleting listrik menjadi sangat diperlukan oleh kita semua agar dapat terhindar dari bahaya yang akan mengancam. Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab kebakaran akibat korsleting listrik maka kita dapat lebih mawas diri dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url