Kelebihan dan Kekurangan Motor Induksi

Keuntungan Motor Induksi

  1. Keuntungan paling penting dari motor induksi adalah konstruksinya cukup sederhana. Konstruksi Stator serupa baik pada motor sinkron maupun motor induksi . Namun, cincin slip diperlukan untuk mengumpankan Pasokan DC ke Rotor dalam kasus Generator Sinkron. Slip ring ini tidak diperlukan dalam motor induksi sangkar tupai karena belitannya dihubung singkat secara permanen. Jika dibandingkan dengan Motor DC , motor induksi tidak memiliki sikat dan karenanya, perawatan yang diperlukan cukup rendah. Ini mengarah pada konstruksi sederhana.
  2. Kerja motor tidak tergantung pada kondisi lingkungan. Ini karena motor induksi Kuat dan kuat secara mekanis.
  3. Motor induksi sangkar tupai tidak mengandung sikat, cincin slip, dan komutator. Karena alasan ini, biaya motor cukup rendah. Namun, Slip Rings digunakan pada motor induksi tipe Luka untuk menambah resistansi eksternal pada belitan rotor.
  4. Karena tidak adanya Kuas, tidak ada percikan api di motor. Hal ini juga dapat dioperasikan dalam kondisi berbahaya.
  5. Tidak seperti motor sinkron, motor induksi 3 fasa memiliki torsi awal yang tinggi, pengaturan kecepatan yang baik, dan kapasitas beban berlebih yang wajar.
  6. Motor induksi adalah mesin yang sangat efisien dengan efisiensi beban penuh bervariasi dari 85 hingga 97 persen.

Kekurangan Motor Induksi

  1. Motor induksi satu fasa , tidak seperti motor induksi 3 fasa, tidak memiliki torsi awal sendiri. Alat bantu diperlukan untuk memulai motor satu fasa.
  2. Selama kondisi beban ringan, faktor daya motor turun ke nilai yang sangat rendah. Ini karena selama start, motor menarik arus magnetisasi yang besar untuk mengatasi keengganan yang ditawarkan oleh celah udara antara Stator dan Rotor. Juga, motor induksi akan mengambil arus yang sangat sedikit dari suplai utama. Jumlah vektor arus beban dan arus magnetisasi tertinggal dari tegangan sekitar 75-80 derajat dan karenanya, faktor dayanya rendah. Karena arus magnetisasi yang tinggi, rugi-rugi tembaga pada motor meningkat. Hal ini pada gilirannya menyebabkan penurunan efisiensi motor.
  3. Kontrol kecepatan motor induksi sangat sulit untuk dicapai. Hal ini karena motor induksi 3 fasa adalah motor dengan kecepatan konstan dan untuk seluruh rentang pembebanan, perubahan kecepatan motor sangat rendah.
  4. Motor induksi memiliki arus lonjakan input yang tinggi, yang disebut sebagai Arus Masuk Magnetisasi . Hal ini menyebabkan penurunan tegangan pada saat menstarter motor.
  5. Karena torsi awal yang buruk, motor tidak dapat digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan torsi awal yang tinggi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url