Keuntungan Sistem Tiga Fasa Dibandingkan Sistem Satu Fasa


Pengertian Sistem Tiga Fasa

Sistem tiga fasa adalah sistem yang menggunakan tiga fasa arus AC (alternating current) yang berbeda dan saling terkait secara terpisah. Setiap fasa memiliki amplitudo dan fase yang berbeda, sehingga ketika mereka diplot pada diagram fasa, mereka akan membentuk segitiga. Sistem tiga fasa umumnya digunakan untuk menyalurkan arus listrik dengan daya yang lebih besar, seperti pada jaringan listrik di rumah-rumah, pabrik, dan pusat-pusat kelistrikan.

Pengertian Sistem Satu Fasa

Sistem satu fasa adalah sistem yang hanya menggunakan satu fasa arus AC. Sistem ini umumnya digunakan untuk menyalurkan arus listrik dengan daya yang lebih kecil, seperti pada peralatan rumah tangga, seperti lampu, televisi, dan mesin cuci. 

Meskipun sistem satu fasa tidak memiliki daya yang sebesar sistem tiga fasa, ia masih dapat digunakan untuk menyalurkan arus listrik dengan daya yang cukup besar jika diperlukan.

Kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sistem tiga fasa memiliki daya yang lebih besar dan lebih efisien dibandingkan dengan sistem satu fasa, tetapi lebih sulit untuk dipasang dan memerlukan peralatan yang lebih rumit. Sistem satu fasa lebih mudah dipasang dan lebih sederhana, tetapi memiliki daya yang lebih kecil dan kurang efisien dibandingkan dengan sistem tiga fasa.


Saat ini sistem AC tiga fasa sangat populer dan digunakan di seluruh dunia untuk pembangkit listrik , transmisi daya, distribusi dan untuk motor listrik.




Baca juga: Apa itu Sinyal Analog dan Digital? Perbedaan, Contohnya

Keuntungan Sistem tiga fase

  1. Rasio daya terhadap berat alternator 3 fasa lebih tinggi dibandingkan dengan alternator 1fasa . Artinya untuk pembangkitan untuk jumlah Daya Listrik yang sama , ukuran alternator 3fasa  lebih kecil dibandingkan dengan alternator 1 fasa. Oleh karena itu, biaya keseluruhan alternator berkurang untuk menghasilkan jumlah daya yang sama. Selain itu, karena pengurangan berat, transportasi dan pemasangan alternator menjadi nyaman dan lebih sedikit ruang yang dibutuhkan untuk menampung alternator di pembangkit listrik.
  2. Untuk transmisi dan distribusi tenaga listrik dengan jumlah daya yang sama, kebutuhan bahan konduktor lebih sedikit dalam sistem 3 fasa  dibandingkan dengan sistem 1 fasa. Oleh karena itu, sistem transmisi dan distribusi 3 fasa  lebih ekonomis dibandingkan sistem 1 fasa.
  3. Mari kita perhatikan daya yang dihasilkan oleh suplai satu fasa dan suplai 3-fasa pada faktor daya satu . Bentuk gelombang daya yang dihasilkan akibat suplai 1 fasa pada faktor daya satu ditunjukkan pada gambar (C), dan gambar (D) menunjukkan bentuk gelombang daya yang dihasilkan karena suplai 3 fasa.
  4. Dari bentuk gelombang daya yang ditunjukkan pada gambar (C) dan (D) di atas jelas bahwa dalam sistem 3 fasa, daya sesaat hampir konstan selama siklus menghasilkan pengoperasian mesin yang mulus dan bebas getaran. Sedangkan dalam sistem 1 fasa daya sesaat berdenyut sehingga berubah selama siklus, yang menyebabkan getaran pada mesin.
  5. Rasio daya terhadap berat motor induksi tiga fasa lebih tinggi dibandingkan dengan motor induksi satu fasa . Berarti untuk besaran Daya Mekanik yang sama, ukuran motor induksi tiga fasa lebih kecil dibandingkan dengan motor induksi satu fasa. Oleh karena itu, biaya keseluruhan motor induksi berkurang. Selain itu, karena pengurangan berat, transportasi, dan pemasangan motor induksi menjadi nyaman dan lebih sedikit ruang yang dibutuhkan untuk mengakomodasi motor induksi.
  6. Motor induksi 3 fasa dapat memulai sendiri karena fluks magnet yang dihasilkan oleh suplai 3 fasa berputar di alam dengan besaran konstan. Sedangkan motor induksi fasa tidak dapat memulai sendiri karena fluks magnet yang dihasilkan oleh suplai 1 fasa bersifat berdenyut. Oleh karena itu, kita harus membuat beberapa pengaturan untuk membuat motor induksi 1 fasa dapat hidup sendiri yang selanjutnya meningkatkan biaya motor induksi 1 fasa
  7. Motor 3 fase memiliki faktor daya yang lebih baik
  8. Rasio daya terhadap berat transformator 3 fasa lebih tinggi dibandingkan dengan transformator 1-ΓΈ. Artinya untuk jumlah Daya Listrik yang sama, ukuran trafo 3 fasa lebih kecil dibandingkan dengan trafo 1 fasa . Oleh karena itu, biaya keseluruhan transformator akan berkurang. Selain itu, karena pengurangan berat, transportasi dan pemasangan trafo menjadi nyaman dan lebih sedikit ruang yang dibutuhkan untuk menampung trafo.
  9. Jika gangguan terjadi pada setiap belitan transformator 3 fasa, sisa dua belitan dapat digunakan pada delta terbuka untuk melayani beban 3 fasa. Hal yang sama tidak mungkin terjadi pada transformator 1fasa. Kemampuan transformator 3 fasa ini semakin meningkatkan keandalan transformator 3 fasa.
  10. Sistem 3-fase dapat digunakan untuk memberi makan beban 1 fasa, sedangkan sebaliknya tidak dimungkinkan.
  11. DC yang disearahkan dari suplai 3 fasa memiliki faktor riak 4% dan DC yang disearahkan dari suplai 1 fasa memiliki faktor riak 48,2%. Rata-rata DC yang diperbaiki dari suplai 3 fasa mengandung lebih sedikit riak dibandingkan dengan DC yang diperbaiki dari suplai fasa . Oleh karena itu kebutuhan filter berkurang untuk DC yang diperbaiki dari suplai 3-fase. Yang mengurangi biaya keseluruhan konverter.
Dari atas jelas bahwa sistem 3 fasa lebih ekonomis, efisien, andal, dan nyaman dibandingkan dengan sistem 1 fasa .

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url