8 Referensi Website Untuk Belajar Arduino Bagi Pemula


8 Daftar Web Untuk Belajar Arduino Bagi Pemula - Arduino adalah perangkat mikrokontroler open source. Perangkat ini banyak digunakan pada perangkat elektronik dan dapat dioperasikan oleh komputer. Itu sebabnya begitu banyak orang belajar Arduino. Maka dari itu pada konten kali ini kami akan berbagi terkait 8 daftar web terbaik untuk belajar arduino bagi pemula 

Arduino memiliki kelebihan. Singkatnya, ini adalah bahasa pemrograman sederhana yang berjalan pada sistem operasi Windows dan harganya terjangkau. Keunggulan inilah yang membuat mahasiswa jurusan elektronika, teknik elektro dan mekatronik menjadi judul skripsi mereka, tak terkecuali juga para pecinta Robotik sendiri banyak menggunakan Arduino sebagai komponen utamanya.

Anda memiliki kesempatan untuk belajar Arduino secara online dengan nyaman. Salah satunya melalui website dengan tutorial cara belajar Arduino. 

Jika Anda seorang pelajar atau penggemar teknologi yang ingin menjelajahi Arduino, Anda dapat mencari tutorial belajar Arduino bagi pemula di internet. Berikut daftar web untuk berlajar arduino bagi pemula:

1. Arduino.cc

Arduino cc adalah situs web resmi Arduino dengan konten tentang produk, proyek, dan tutorial Arduino. Anda akan menerima informasi ini secara gratis. Juga, jika Anda ingin berpartisipasi dalam diskusi di forum, Anda dapat berpartisipasi sebagai anggota komunitas cocok terhadap anda yang belajar arduino bagi pemula

Situs web resmi selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan informasi harga asli untuk Anda. Anda juga dapat mengintegrasikan berbagai perangkat lunak yang terkait dengan bekerja dengan kombinasi Arduino. 

2. Adafruit Learning System

Adafruit sendiri merupakan pemasok papan Arduino dan komponen lainnya. Selain membuka booth, Anda juga bisa membaca artikel untuk menambah pengetahuan tentang bermain Arduino. Ada juga forum untuk berbagi ilmu terkait Arduino dan mikrokontroler. 

3. Instructables

Webside ini cocok untuk belajar arduino bagi pemula yang mana banyak karya seni  DIY (Do It Yourself) dibuat. Salah satunya adalah hasil berkreasi dengan Arduino. Ada banyak jenis karya Arduino yang bisa Anda amati, tiru, dan modifikasi sendiri. Anda juga dapat mengirimkan karya Anda untuk menginspirasi orang lain dari karya Arduino Anda. 

4. LifeHacker Arduino Projects

Lifehacker sendiri adalah situs DIY yang mirip dengan Instructables. Halaman ini memiliki banyak  konten tentang Arduino untuk membantu Anda mengisi waktu luang Anda dan menemukan inspirasi untuk tugas akhir Anda. 

5. Github

Github adalah situs tempat Anda dapat mengumpulkan para ahli dan amatir di bidang teknologi perangkat lunak. Banyak referensi dapat diunggah secara terbuka di sini. Github adalah komunitas open source, jadi ini jelas merupakan tempat yang ramah Arduino. Anda dapat menggunakan proyek anggota 

untuk mencobanya, mengembangkannya, dan meningkatkannya lebih lanjut. Ini adalah cara yang baik  untuk membangun hubungan dengan pengguna luar negeri serta bertanya tentang arduino bagi pemula. 

Ini adalah halaman yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Namun, beberapa situs menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar. Ini adalah daftar situs tutorial belajar arduino dalam bahasa indonesia. 

Baca juga: 20 Ide Proyek Robotika Terbaik Dunia

6. Ardutech

Selanjutnya web belajar arduino bagi pemula adalah Ardutech, merupakan situs penyedia layanan untuk belajar Arduino. Anda dapat belajar melalui kursus atau dari konten yang Anda buat. Contohnya termasuk pencatat data  suhu dan kelembaban, sensor suhu, dan konten sidik jari Arduino. 

7. Arduino Indoensia 

Halaman ini berisi artikel tentang cara belajar tutorial Arduino, serta video tutorial yang dapat Anda ikuti. Di sini Anda tidak hanya dapat mempelajari konten, tetapi juga perangkat elektronik. Selain itu, Anda dapat mencari Arduino Starter Kit sesuai kebutuhan. 

8. Robot Class

Situs Robot Class memiliki puluhan konten  tutorial Arduino. Ada tutorial cara membuat program pembacaan data, program LED, sensor suhu, audio, servomotor dan lainnya. Ada juga program latihan jika diperlukan. Uniknya, kelas robot menawarkan WAG (Grup WhatsApp) dan grup Telegram untuk membangun relasi dan berbagi pengetahuan tentang Arduino. 


Ini adalah daftar delapan website yang bisa anda jadikan referensi untuk belajar arduino bagi pemula. Kami sudah memiliki konten dan penjelasannya, jadi Anda tinggal menyiapkan komponen yang ingin digunakan. Semoga kamu berhasil.

Anda bisa baca artikel kami lainnya tentang jenis-jenis sensor arduino yang sering digunakan oleh user Arduino, apa saja sensornya, yuk cek di postingan kami 10 Jenis Arduino Sensor Terbaik. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • TeknoKu
    TeknoKu 21/01/23, 22.48

    Terima kasih banyak informasi bermanfaat nya mas, jadi banyak tahu tentang arduino

Add Comment
comment url