5 Alasan Kabel Listrik Penting Ber-SNI



SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah standarisasi resmi yang digunakan di Indonesia untuk menguraikan persyaratan yang harus ditempuh atau dipenuhi oleh sebuah perusahaan agar dapat disertifikasi.


Standar ini berfokus pada sistem manajemen mutu yang berfungsi untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang dijual dan diedarkan di pasaran telah memenuhi kualifikasi dan kelayakan yang sesuai agar dapat dikonsumsi dengan aman oleh konsumen.


Perlu Kamu tahu, sertifikasi SNI ini wajib dimiliki oleh beragam produk yang beredar di Indonesia agar dapat dijual-belikan secara legal, mulai dari makanan, minuman, bahan kimia, transportasi, sistem kelistrikan, dan masih banyak lagi.


Nah, salah satu produk pada kategori sistem kelistrikan yang wajib memiliki label SNI adalah kabel listrik. Jika Kamu bertanya-tanya apa manfaat label SNI pada kabel listrik, berikut ini merupakan alasan penting mengenai keunggulan kabel listrik bersertifikat SNI yang perlu Kamu tahu.


5 Manfaat Menggunakan Kabel SNI


1. Standar Kualitas Terjamin

Salah satu kriteria kabel dengan label SNI adalah adanya sistem manajemen mutu berdasarkan standarisasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sebagai hasil dari standarisasi ini, dengan demikian dihasilkan produk kabel berkualitas tinggi yang secara konsisten dapat memenuhi spesifikasi dan kelayakan yang sudah ditentukan. 

Karenanya, pelanggan pun dapat mengharapkan bahwa kabel yang mereka beli sudah memiliki jaminan kualitas yang unggul setiap saat.


2. Meningkatkan Perasaan Aman dan Nyaman

Tahukah Kamu, label SNI wajib digunakan pada elemen-elemen komersial yang erat kaitannya dengan keamanan negara, kepentingan umum, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.


Nah, membeli kabel listrik dengan label SNI dapat meningkatkan kepercayaan Kamu terhadap produk tersebut karena ada rasa aman dan nyaman yang muncul ketika Kamu menggunakannya.


Baca juga: 7 Alasan Mengapa Tembaga Sering Digunakan Pada Kabel Listrik


3. Mengurangi Resiko Bahaya Listrik

Kabel listrik tanpa label SNI menjadi salah satu penyebab yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Ini dikarenakan kabel berkualitas rendah yang dibuat asal-asalan tanpa adanya pengawasan ketat lebih rentan untuk mengalami korsleting, sehingga dapat menyebabkan berbagai macam bahaya listrik seperti tersetrum atau kebakaran. 


Oleh karena itu, guna mencegah dan meminimalisir ancaman bahaya tersebut, PT. PLN (Persero) pun menghimbau kepada konsumen agar selalu menggunakan kabel berlabel SNI untuk setiap instalasi listrik.


4. Proses Perizinan Yang Panjang

SNI tidak bisa didapat dengan mudah. Bagaimanapun, untuk dapat memperoleh dan mempertahankan sertifikat ini, ada banyak upaya yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan, mulai dari standar ketat yang harus diikuti, tahapan proses yang rumit, dan biaya yang tidak sedikit. 


Ini dikarenakan sertifikat SNI bertujuan untuk memastikan bahwa produk kabel yang Anda gunakan memiliki keunggulan yang difokuskan pada peningkatan kinerja guna menjamin keamanan dan kepuasan pelanggan.


5. Penghematan Dalam Jangka Waktu Lama

Salah satu faktor yang membuat banyak orang kerap membeli kabel non SNI adalah karena harganya yang cenderung murah. Namun jika Kamu melihat lebih jauh lagi dari aspek keamanan dan keawetan, sebenarnya kabel tanpa label SNI justru dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar di masa mendatang karena mudah rusak dan rawan memicu kebakaran. 


Berbeda dengan kabel SNI yang sudah terjamin kualitasnya, meskipun harganya lebih mahal dibandingkan kabel non SNI, namun keawetan dan keunggulannya tidak perlu dipertanyakan lagi.


Baca juga: 8 Cara Menghindari Gigitan Tikus pada Kabel Listrik di Rumah


Sertifikasi SNI tentu dibuat bukan tanpa tujuan. Berdasarkan aturan dan standar ketat yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dengan membeli kabel listrik berlabel SNI memungkinkan Kamu untuk selalu menerima produk dengan komponen berkualitas tinggi yang dapat dipercaya karena adanya sistem manajemen mutu yang andal dan mapan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url