Larangan Sepeda Listrik Digunakan di Jalan Raya


Kelasteknisi.com - Sepeda listrik sat ini menjadi tren dalam melengkapi aktivitas bersepeda yang populer di awal pandemi. Namun, dengan populernya sepeda listrik seolah menjadi fenomena dengan aturan pengunaannya di jalan raya. Di beberapa daerah di Indonesia sudah melarang penggunaan sepeda dengan sumber energi listrik ini. Ini dikarnakan banyak pengguna sepeda listrik yang mengendarainnya disembarang tempat hingga menggagu lalu lintas bahkan membahayakan nyawa.

Project Sales Manager PT Juara Bike untuk merek Selis Gabriel mengutarakan jika sepeda listrik memang dirancang bukan untuk dipergunakan di jalan raya. 

“Kita sarankan mereka (pembeli) memakainya untuk di komplek perumahan saja, jangan di jalan raya karena memang bahaya di jalan raya terutama anak kecil,” ujar Gabriel di PEVS 2022. 

Menurut Gabriel, bukan hanya penjual saja yang harus mengedukasi, namun setiap orang harus menumbuhkan pola pikir atau kesadaran diri sendiri akan penggunaan sepeda listrik.

“ Untuk anak kecil yang mau pakai sepeda listrik boleh saja tapi pemakaiannya di komplek, jangan di bawa ke jalan raya. Harus hati-hati dengan diawasi oleh orang tua. Dan harus pakai helm karena mengendarainya sama seperti naik sepeda biasa. 

Saat mengendarai sepeda, orang biasanya memulai dengan helm, pelindung kaki dan segala macam hal lainnya dan memakai perlengkapan keselamatan, "kata Gabriel.

Gabriel juga berbicara jika tidak keberatan dengan adanya regulasi tentang penggunaan sepeda listrik karena menurutnya regulasi ini dibuat untuk melindungi dari hal-hal berbahaya yang tidak kita inginkan. 

“Jadi yah saran kita kalau mau beli ya beli saja. Namun jagalah keselamatan diri sendiri . Beli di tempat yang tepat. Kita selaku penjual selalu edukasi pembeli, namun tidak dapat memprotek atau mengkontrol setelah kendaraan di beli,” kata Gabriel.

Baca juga: Pengertian Korsleting Listrik, Penyebabnya, dan Pencegahannya

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 28/07/22, 12.04

    Mudah''an kedepannya spd listrik smakin banyak dan diterbitkan SIM SEPEDA LISTRIK

    • Kelas Teknisi
      Kelas Teknisi 19/08/22, 12.06

      Siap

Add Comment
comment url