6 Jenis Motor Listrik dan Kegunaannya


Dipembahasan kita kali ini akan membahasa tentang jenis-jenis motor listrik berserta kegunaannya. Motor listrik banyak di jumpai di Industri. Nah untuk yang belum tau apa itu motor listrik bisa membaca artikel berikut ini: Mengenal Apa itu Motor Listrik, Jenis, dan Sejarah , kita lanjut kemebahasan.

Jenis-Jenis Motor dan Kegunaannya

Ada 6 jenis motor listrik serta kegunaannya untuk Anda ketahui berikut ini:

Jenis Motor DC

  • Motor DC Shunt
  • Motor Seri DC
  • Motor DC yang bersemangat sendiri

Jenis Motor AC

  • Motor sinkron
  • Motor induksi

1. Motor DC Shunt

Pada motor DC shunt torsi berbanding lurus dengan arus. Sebaliknya untuk torsi motor DC lilitan seri meningkat seiring dengan kuadrat arus jangkar. Motor DC untuk memberikan torsi start-up yang tinggi dan beban start-up yang tinggi.

Kegunaan untuk Motor DC: Motor DC tipe shunt yang memiliki kemampuan mengatur sendiri. Motor DC shunt ini ideal untuk berbagai operasi yang memerlukan kontrol presisi. Motor DC Shunt tidak memberikan torsi awal yang tinggi, Jadi ada torsi awal yang kecil.

Motor DC shunt termasuk peralatan mesin seperti mesin bubut & gerinda atau aplikasi industri yang mencakup kipas & kompresor .

2. Motor Seri DC

Ini mirip dengan motor lainnya karena fungsi utama motor adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor seri DC beroperasi berdasarkan prinsip elektromagnetik, setiap kali medan magnet terbentuk kira-kira konduktor pembawa arus bekerja sama dengan medan magnet luar, sehingga gerakan berputar dapat dihasilkan.

Komponen motor seri DC: rotor, komutator, stator, gandar , belitan medan.

3. Motor DC Self Excited

Motor di mana arus ke gulungan medan atau kumparan dapat diberi energi oleh motor itu sendiri. Pada motor DC self-excited, kumparan medan dapat disambung paralel dengan armature secara seri atau sebagian disambungkan secara seri & sebagian diparalelkan dengan belitan armature.

4. Motor Sinkron

Istilah sinkron berasal dari kecepatan rotor motor yang sama dengan medan magnet yang berputar. Motor ini adalah motor kecepatan tetap, kecepatannya disinkronkan dengan frekuensi. Motor sinkron membutuhkan sumber eksternal untuk memulai (bukan memulai sendiri). Motor sinkron yang memiliki karakteristik unik beroperasi di bawah faktor daya listrik apa pun. Ini digunakan dalam perbaikan faktor daya listrik.

Prinsip Motor Sinkron: Sinkron adalah mesin eksitasi ganda yaitu dua input listrik yang diperlukan untuk operasi yang aman. Ini adalah belitan stator yang terdiri dari suplai 3 fasa ke belitan stator 3 fasa & DC ke belitan rotor.

Lebih dalam tentang motor sinkron, baca artikel berikut: Motor Sinkron, Yuk Cari tahu Disini

5. Motor Induksi

Motor induksi optimal untuk operasi searah & terus menerus. (yaitu sistem konveyor ). Motor induksi dioperasikan dengan cara menancapkan motor ke suplai AC, sehingga motor dapat dengan mudah dioperasikan

Konfigurasi & Komponen Motor Induksi

  • Poros paralel , poros padat sudut kanan, jenis gigi berongga sudut kanan
  • Istirahat elektromagnetik tersedia.
  • Poros bulat (tidak ada Jenis gigi)
  • Inverter dijual terpisah.

Motor induksi terutama terdiri dari braket flensa, stator, kasing motor, poros keluaran, bantalan bola , kabel timah, Pengecatan.

Lebih lengkapnya tentang motor Induksi bisa baca artiker berikut, Motor Induksi: Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenisnya

6. Motor Tujuan Khusus / Special Purpose Motor

Dasar-dasar motor stepper:- seperti halnya motor listrik lainnya, motor stepper mempunyai bagian yang diam (stator), bagian yang berputar (rotor), pada rotor terdapat gigi-gigi yang disambungkan kumparan sedangkan rotor berupa magnet atau rotor permanen, inti besi reluktansi variabel .

Prinsip Dasar: - memberi energi satu atau lebih fase rotor, medan magnet terbentuk ketika arus mengalir dalam kumparan, rotor atau medan magnet

Aplikasi Motor Khusus 

Karena sifatnya, mereka digunakan di mana posisi sederhana untuk dikendalikan, kemampuan untuk menahan posisi termasuk:

Mesin ATM, lift baki pergerakan tagihan, efektor ujung lengan robot, printer 3D, pengaturan aperture/fokus kamera DSLR.

Baca juga: 5 Penyebab Motor Listrik Rusak dan Cara Mencegahnya

Itulah tadi pembahasan mengenai 6 jenis motor listrik beserta kegunaannya untuk Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url