Perbedaan Instalasi Listrik Industri VS Komersial VS Perumahan

Perbedaan Instalasi Listrik Industri, Komersial, Perumahan


Kelasteknisi.com -  Pada artikel ini kita akan melihat perbandingan antara instalasi Listrik Industri, Komersial, dan Perumahan. Kami akan membuat perbandingan sehubungan dengan jenis, prosedur, biaya, keamanan, peralatan, dan banyak faktor penting lainnya. Pertama-tama, mari kita ketahui apa itu instalasi listrik. Instalasi listrik adalah prosedur untuk memasang sirkuit listrik, kabel, peralatan, dan mesin. Instalasi listrik dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

1. Memasang peralatan atau perangkat atau mesin listrik 

2. Membuat sambungan atau kabel listrik untuk mereka 

3. Memberikan tegangan dan daya yang tepat untuk mengoperasikannya.

Apa itu Instalasi Listrik Industri?

Instalasi Listrik Industri terkait dengan pemasangan mesin listrik industri, panel listrik, keselamatan listrik industri, sistem catu daya, distribusi daya yang tepat untuk berbagai kategori (produksi, utilitas, bangunan), dll. Ini terkait dengan produksi atau pabrik, stasiun, dll. 

Instalasi listrik industri lebih rumit daripada yang lain karena ada begitu banyak pembatasan dan langkah-langkah keamanan yang diberikan oleh pemerintah. Di sini, begitu banyak jenis panel dipasang karena sebuah industri atau perusahaan manufaktur memiliki begitu banyak mesin dan perangkat. Misalnya, Panel MCC (Pusat Kontrol Motor) menghubungkan semua motor perusahaan itu. Panel PCC (Pusat Kontrol Daya) mendistribusikan daya ke bagian yang berbeda. Jadi instalasi listrik industri melibatkan begitu banyak kabel kompleks, sistem otomasi, fitur keselamatan, dll.

Apa itu Instalasi Listrik Komersial?

Instalasi listrik komersial terkait dengan pemasangan kabel dan perangkat listrik di bangunan komersial seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, gudang, dll. Tidak serumit instalasi industri. Karena di sini sebagian besar jenis beban tertentu digunakan. 

Di gedung-gedung komersial kebanyakan satu atau dua panel listrik dipasang dan juga sangat sederhana. Sebagian besar instalasi komersial bergantung pada catu daya tiga fase 380V seperti di Indonesia. Tidak banyak perangkat dan mesin mahal di instalasi listrik komersial seperti instalasi industri. pada instalasi listrik komersial pembatasan dan langkah-langkah keamanan juga lebih sedikit.

Apa itu Instalasi Listrik Perumahan?

Itu juga dikenal sebagai instalasi listrik rumah tangga. Instalasi Listrik Domestik atau Perumahan terkait dengan pengkabelan dan pemasangan bangunan tempat tinggal, rumah, kantor, toko kecil, dll. Instalasi perumahan bergantung pada pasokan Fase Tunggal 220v di Indonesia. Instalasi listrik perumahan lebih murah daripada yang lain. Pada instalasi perumahan hanya sedikit dan perangkat keamanan murah yang digunakan.

Instalasi Listrik Perumahan dilakukan oleh tukang listrik perumahan. Tukang listrik perumahan hanya memerlukan pengalaman yang mumpuni tanpa perlu memperoleh sertifikasi tambahan untuk kelayakan pemasangan instalasi rumah, tetapi sebaiknya jika membangun komplek perumahan tentu sebaiknya menggunakan jasa yang bersertifikat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url