Perbedaan Motor Sinkron dan Asinkron



Dalam konteks motor listrik, motor sinkron dan motor asinkron adalah dua jenis motor listrik yang beroperasi dengan cara berbeda.

Motor Sinkron

Motor sinkron dirancang untuk berjalan pada kecepatan tertentu yang berhubungan langsung dengan frekuensi catu daya. Motor sinkron menggunakan magnet permanen atau elektromagnet sebagai magnet medan untuk menghasilkan medan magnet, dan mereka beroperasi dengan memutar rotor pada kecepatan yang sama dengan medan magnet. Motor sinkron biasanya lebih efisien dan akurat daripada motor asinkron karena tidak bergantung pada selip rotor untuk menghasilkan torsi.

Motor Asinkron

Di sisi lain, motor asinkron, juga dikenal sebagai motor induksi, beroperasi menggunakan prinsip induksi elektromagnetik untuk menghasilkan medan magnet rotor. motor asinkron menggunakan belitan stator untuk menghasilkan medan magnet yang berputar, yang pada gilirannya menyebabkan rotor berputar. Motor asinkron kurang efisien daripada motor sinkron dan memiliki faktor daya yang lebih rendah, tetapi lebih sederhana dan lebih murah untuk diproduksi.

Dalam konteks as kendaraan, motor poros sinkron mengacu pada motor yang dirancang khusus untuk digunakan pada poros untuk menggerakkan kendaraan. Motor ini bisa sinkron atau asinkron, tergantung pada desain dan aplikasi spesifiknya.

Perbedaan Antara Motor Sinkron dan Asinkron dijelaskan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenisnya, slip, kebutuhan sumber daya tambahan, persyaratan cincin slip dan sikat, biayanya, efisiensi, faktor daya, suplai arus, kecepatan, self starting, efek torsi karena perubahan tegangan, kecepatan operasionalnya dan berbagai aplikasi motor Sinkron dan Asinkron.

Perbedaan Antara Motor Sinkron dan Asinkron dijelaskan di bawah ini dalam bentuk tabel.


DASAR MOTOR SINKRON MOTOR ASINKRON
Definisi Motor sinkron adalah mesin yang kecepatan rotor dan kecepatan medan magnet statornya sama.
N=NS=120f/p
Motor asinkron adalah mesin yang rotornya berputar pada kecepatan kurang dari kecepatan sinkron.
N < NS
Jenis Motor brushless, Motor Variable Reluctance, Motor Switched Reluctance dan motor Hysteresis adalah motor sinkron. Motor Induksi AC dikenal sebagai Motor Asinkron
Peringkat saat ini Tidak memiliki selip. Nilai slip adalah nol. Memiliki slip sehingga nilai slip tidak sama dengan nol.
Sumber daya tambahan Hal ini membutuhkan sumber daya DC tambahan untuk awalnya memutar rotor mendekati kecepatan sinkron. tidak memerlukan sumber awal tambahan
Slip ring dan sikat Cincin slip dan sikat diperlukan Slip ring dan sikat tidak diperlukan.
Biaya Motor sinkron lebih mahal dibandingkan dengan motor Asinkron Lebih murah
Efisiensi Efisiensi lebih besar dari motor asinkron. Kurang efisien
Faktor daya Dengan mengubah eksitasi, faktor daya dapat disesuaikan sebagai lagging, leading, atau unity Motor asinkron hanya berjalan pada faktor daya yang tertinggal
Pasokan saat ini Arus diberikan ke rotor motor sinkron Rotor motor asinkron tidak memerlukan arus apa pun.
Kecepatan Kecepatan motor tidak tergantung pada variasi beban. Ini konstan. Kecepatan motor asinkron menurun dengan meningkatnya beban.
Mulai sendiri Motor sinkron tidak memulai sendiri Ini dimulai dari diri sendiri
Mempengaruhi torsi Perubahan tegangan yang diterapkan tidak mempengaruhi torsi motor sinkron Perubahan tegangan yang diterapkan memang mempengaruhi torsi motor Asinkron
Kecepatan operasional Mereka beroperasi dengan lancar dan relatif baik pada kecepatan rendah yaitu di bawah 300 rpm. Pengoperasian motor berkecepatan di atas 600 rpm sangat baik.
Aplikasi Motor sinkron digunakan di pembangkit listrik, industri manufaktur, dll. Motor sinkron juga digunakan sebagai pengontrol tegangan. Digunakan dalam pompa dan kipas sentrifugal, blower, pabrik kertas dan tekstil, kompresor dan lift. dll.
Motor sinkron adalah motor yang beroperasi pada kecepatan sinkron, yaitu kecepatan rotor sama dengan kecepatan stator motor. Ini mengikuti hubungan N = N S = 120f/P, di mana N adalah kecepatan rotor dan Ns adalah kecepatan sinkron.

Motor asinkron adalah motor induksi AC. Rotor motor asinkron berputar pada kecepatan kurang dari kecepatan sinkron, yaitu N < N S

Perbedaan Antara Motor Sinkron dan Asinkron

  • Motor sinkron adalah mesin yang kecepatan rotor dan kecepatan medan magnet statornya sama. Motor asinkron adalah mesin yang rotornya berputar pada kecepatan kurang dari kecepatan sinkron.
  • Motor brushless, Motor Variable Reluctance, Motor Switched Reluctance dan motor Hysteresis adalah motor sinkron. Motor Induksi AC dikenal sebagai Motor Asinkron.
  • Motor sinkron tidak memiliki slip. Nilai slip adalah nol. Motor asinkron mengalami slip sehingga nilai slip tidak sama dengan nol.
  • Motor sinkron membutuhkan sumber daya DC tambahan untuk awalnya memutar rotor mendekati kecepatan sinkron. Motor asinkron tidak memerlukan sumber awal tambahan.
  • Slip ring dan sikat diperlukan pada motor sinkron, sedangkan motor asinkron tidak memerlukan Slip ring dan sikat. Hanya motor induksi tipe luka yang membutuhkan slip ring dan sikat.
  • Motor sinkron lebih mahal dibandingkan dengan motor asinkron.
  • Efisiensi motor sinkron lebih besar dari motor asinkron.
  • Dengan mengubah eksitasi, faktor daya motor sinkron dapat disesuaikan sebagai lagging, leading atau unity, sedangkan motor asinkron hanya berjalan pada faktor daya lagging.
  • Arus diberikan ke rotor motor sinkron. Rotor motor asinkron tidak memerlukan arus apa pun.
  • Kecepatan motor sinkron tidak tergantung pada variasi beban. Ini konstan. Kecepatan motor asinkron menurun dengan meningkatnya beban.
  • Motor sinkron tidak memulai sendiri, sedangkan Asinkron memulai sendiri.
  • Perubahan tegangan yang diberikan tidak mempengaruhi torsi motor sinkron, tetapi mempengaruhi torsi motor asinkron.
  • Motor sinkron beroperasi dengan lancar dan relatif baik pada kecepatan rendah yaitu di bawah 300 rpm, sedangkan di atas kecepatan 600 rpm Pengoperasian motor asinkron sangat baik. Motor asinkron digunakan dalam pompa dan kipas sentrifugal, blower, pabrik kertas dan tekstil, kompresor dan lift. dll.
  • Berbagai aplikasi motor sinkron adalah digunakan di pembangkit listrik, industri manufaktur, dll. Juga digunakan sebagai pengontrol tegangan.

Oleh karena itu dengan cara ini, motor sinkron dibedakan dari motor asinkron.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url