Mengapa Petir Memiliki Bentuk Zigzag? Ini Alasannya

Kenapa petir bisa terjadi


Petir merupakan fenomena elektromagnetik yang terjadi ketika ada perpindahan muatan listrik dari satu bagian ke bagian lain dari atmosfer. Petir dapat terjadi di atmosfer bumi karena adanya pengumpulan muatan listrik di atmosfer, yang terjadi karena fenomena cuaca seperti hujan, angin, dan awan. Ketika muatan listrik yang terkumpul cukup besar, terjadi arus listrik yang dapat mengalir dari satu bagian ke bagian lain dari atmosfer.


Petir biasanya memiliki bentuk yang zigzag karena arus listrik yang terjadi pada petir sangat kuat dan cepat. Arus listrik ini mengalir melalui udara yang merupakan medium yang tidak mulus, sehingga arus listrik tersebut terpengaruh oleh perbedaan kepadatan udara di atmosfer. Hal ini menyebabkan arus listrik pada petir terputus-putus, sehingga terlihat seperti zigzag.


Selain itu, arus listrik pada petir juga dipengaruhi oleh medan magnet bumi. Medan magnet bumi akan mengalihkan arus listrik pada petir sehingga tidak lurus, tapi membentuk zigzag.


Jadi, bentuk zigzag pada petir disebabkan oleh perbedaan kepadatan udara di atmosfer dan medan magnet bumi yang mempengaruhi arus listrik pada petir.


Apa yang menyebabkan sambaran petir?

Sambaran petir terjadi ketika arus listrik pada petir mengalir dari awan ke bumi atau sebaliknya. Arus listrik pada petir terjadi karena adanya pengumpulan muatan listrik di atmosfer, yang terjadi karena fenomena cuaca seperti hujan, angin, dan awan. Ketika muatan listrik yang terkumpul cukup besar, terjadi arus listrik yang dapat mengalir dari satu bagian ke bagian lain dari atmosfer.


Sambaran petir dapat terjadi di mana saja di atmosfer, tetapi lebih sering terjadi di awan-awan yang tinggi dan bertekanan tinggi. Sambaran petir dapat terjadi antara dua bagian awan atau antara awan dengan bumi. Ketika arus listrik pada petir mengalir dari awan ke bumi, maka akan terjadi sambaran petir ke bumi. Sebaliknya, jika arus listrik pada petir mengalir dari bumi ke awan, maka akan terjadi sambaran petir ke awan.


Sambaran petir dapat terjadi dengan cepat, dan dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, alat-alat elektronik, dan jaringan listrik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menghindari risiko terkena sambaran petir, seperti dengan menggunakan alat pelindung petir atau mencari tempat yang aman ketika terjadi sambaran petir. 


Baca juga tentang penangkal petir berikut ini Apa itu Lightning Arrester? Berikut Penjelasannya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url