Generator : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Komponennya

Artikel ini akan membahas pengertian generator, prinsip kerjanya, komponen-komponennya, serta berbagai jenis generator yang ada.


Pengertian Generator

Generator adalah mesin yang berperan mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Prinsip kerja generator didasarkan pada fenomena induksi elektromagnetik, yang menyatakan bahwa medan magnet yang bergerak memotong konduktor akan menghasilkan gaya elektromotor (Gelektromotive Force - EMF) pada konduktor tersebut. EMF inilah yang kemudian memicu aliran listrik. Pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada abad ke-19.


Komponen-komponen Generator

Komponen Utama Generator:

  • Rotor: Bagian bergerak generator yang terdiri dari kumparan penghantar listrik (armature) dan inti besi lunak. Rotor diputar oleh sumber energi mekanis, seperti mesin pembakaran internal ( bensin atau solar), turbin air, turbin angin, atau mesin uap.
  • Stator: Bagian tetap generator yang terdiri dari rangka dan inti besi lunak berlaminasi (dilapisi). Inti besi ini memiliki kutub-kutub magnet yang bisa berupa magnet permanen atau elektromagnet.
  • Sikat dan cincin penghantar (slip ring): Komponen penghantar arus listrik yang terdapat pada generator AC (arus bolak-balik). Sikat akan menggerakkan arus listrik yang dihasilkan rotor menuju rangkaian eksternal.

Jenis Generator

  • Generator AC (Arus Bolak-balik): Generator jenis ini menghasilkan listrik yang besarnya dan arahnya bolak-balik secara periodik. Kebanyakan generator yang digunakan untuk pembangkit listrik skala besar adalah generator AC.
  • Generator DC (Arus Searah): Generator DC menghasilkan listrik searah yang besarnya dan arahnya tetap. Jenis generator ini umumnya digunakan untuk keperluan tertentu seperti pengisian baterai.


Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan teknologi, generator kini dibuat lebih efisien dan ramah lingkungan. Pemanfaatan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan air  menjadi alternatif sumber energi mekanis untuk menggerakkan generator.  Dengan demikian, diharapkan penggunaan generator di masa depan dapat lebih ramah lingkungan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url