Mengenal P&ID dan Cara Membacanya


Dalam bidang teknik dan proses industri, pemahaman P&ID (Piping and Instrumentation Diagram) adalah hal yang terpenting. P&ID berfungsi sebagai tulang punggung pabrik industri mana pun, yang menggambarkan detail rumit perpipaan, instrumentasi, dan sistem kontrol. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari konsep mendalam P&ID, mengeksplorasi makna, komponen, dan signifikansinya dalam berbagai industri.


Pengertian P&ID

Piping and Instrumentation Diagram (P&ID) adalah representasi skematik terperinci yang digunakan dalam industri teknik dan proses untuk menggambarkan peralatan, perpipaan, instrumentasi, dan perangkat kontrol yang saling berhubungan dalam suatu sistem. P&ID sangat penting untuk merencanakan, merancang, dan memahami proses kompleks di bidang-bidang seperti teknik kimia, manufaktur, dan otomasi industri.

Simbologi identifikasi instrumentasi pengukuran & kontrol dalam diagram alur dan proses serta pada P&ID (Piping & Instrument Diagram), biasa disebut P&I (Piping & Instrumentation), secara umum menggunakan Standar ISA (Instrumentation Society of Automation) S.5.1, yang terdiri dari kode identifikasi dan simbol grafis.


Simbol P&ID

Simbol P&ID adalah ikon grafis dan notasi yang digunakan dalam diagram ini untuk mewakili berbagai komponen dan fungsi secara sistematis. Simbol-simbol ini mematuhi standar industri seperti standar ISA (Instrumentasi, Sistem, dan Masyarakat Otomasi) atau ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi). Beberapa simbol P&ID yang umum meliputi:


  1. Pipa dan Saluran: Mewakili aliran proses, menghubungkan berbagai komponen.
  2. Katup: Tunjukkan titik kontrol untuk pengaturan aliran fluida.
  3. Pompa: Menggambarkan perangkat yang digunakan untuk memindahkan cairan di dalam sistem.
  4. Instrumen: Melambangkan sensor, detektor, dan perangkat pengukuran.
  5. Tangki dan Kapal: Tampilkan unit penyimpanan atau penahanan.
  6. Penukar Panas: Mewakili peralatan untuk mentransfer panas antar cairan.
  7. Kompresor: Tunjukkan perangkat yang digunakan untuk mengompres gas.
  8. Motor: Menunjukkan motor listrik untuk peralatan mengemudi.
  9. Katup Kontrol: Tampilkan katup dengan fungsi kontrol tertentu.
  10. Filter: Mewakili perangkat yang digunakan untuk menghilangkan kontaminan dari cairan.

Berikut ini merupakan gambar simbol P&ID beserta artinya:





Cara Membaca Gambar P&ID


Dalam gambar P&ID tidak tercantum beberapa hal berikut, yaitu

  • Kondisi fisik dan operasi
  • Detail aliran
  • Lokasi peralatan
  • Ukuran pipa, rute, dan perlengkapan lainnya
  • Detail struktur
Perlu diketahui bahwa P&ID berkaitan dengan simbol dan Process Flow Diagram (PFD). Keduanya sangat berkaitan.

1. Kenali Kombinasi Huruf dan Angka pada P&ID

Pada gambar P&ID akan muncul kombinasi huruf dan angka yang berdasarkan dengan standar ISA (International Society of Automation). Setiap nomor akan ditetapkan oleh pembuat gambar.



Huruf awal yang mengartikan indikator terukur, yaitu

  • Analysis (A)
  • Flow (F)
  • Temperature (T)
Sedangkan huruf ke dua menunjukkan fungsi pasif maupun output.
  • Indicator (I)
  • Record (R)
  • Transmit (T)

Kombinasi huruf dan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat, jenis, komponen yang dikontrol dan nomor yang terdaftar di P&ID atau disebut dengan Nomor Tag. Setiap instrumen fisik akan diberi tanda dengan Nomor Tag.

2. Kenali Arah Aliran

Biasanya, arah aliran berlangsung dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Terdapat tanda panah inlet dan outlet untuk menandakan aliran masuk dan keluar dari diagram.

Arah panah akan tergabung dalam garis diagram untuk menunjukan arah arus pada diagram aliran. Tanda panah digunakan dalam saluran masuk ke peralatan dan mesin serta cabang pipa bagian hulu.

Garis proses yang masuk dan keluar dari diagram aliran harus berakhir pada sisi kiri atau kanan gambar.

3. Perhatikan Garis Aliran

Untuk mendapatkan representasi yang jelas, perbedaan lebar garis akan mempengaruhi pembacaan. Garis aliran utama harus diperhatikan lebih baik lagi.

Setiap garis pada gambar teknik selalu memiliki arti. Garis tebal maupun garis tipis memiliki pengertian yang berbeda-beda. Begitu juga berlaku pada gambar P&ID.

4. Lokasi Instrumen

Lokasi instrumen ditunjukkan dalam bentuk simbol seperti valves, transmitter, gauges, controller dan sebagainya.

Simbol-simbol ini digunakan untuk membuat representasi yang jelas dan standar dari proses yang kompleks, memfasilitasi komunikasi antara insinyur, operator, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam desain, pemeliharaan, dan operasi sistem. Menafsirkan simbol P&ID dengan benar sangat penting untuk memastikan operasi proses industri yang aman dan efisien.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url