Mengetahui Kerusakan Pompa Air Mendengung

Kali ini, Kelasteknisi akan membicarakan masalah yang sering terjadi pada pompa air, yaitu masalah mendengung.


Masalah Pompa Air Mendengung


Mendengung, atau secara sederhana dapat dijelaskan sebagai "tidak mau berputar seperti tertahan", merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada pompa air.


Ada beberapa penyebab utama, seperti kerusakan bearing, kapasitor, dan melemahnya gulungan dinamo. Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat pompa air mengalami masalah mendengung:


  • Kerusakan bearing atau klaher.
  • Kerusakan kapasitor.
  • Lemahnya dinamo.
  • Kerusakan kipas.
  • Poros pompa bengkok.

Dari kelima masalah di atas, kerusakan kapasitor dan bearing adalah yang paling umum terjadi.


Untuk lebih detailnya, mari kita bahas satu per satu.


1. Kerusakan Bearing

Bearing adalah alat yang menopang poros pompa air. Ini sangat penting dalam menjaga agar rotor dinamo dapat berputar dengan lancar. Salah satu tanda kerusakan bearing yang paling khas adalah perubahan suara menjadi lebih kasar.


Jika Anda mendengar suara kasar dari pompa air, sebaiknya Anda waspada dan segera lakukan perbaikan. Kerusakan bearing dapat menyebabkan gulungan dinamo terbakar karena beban kerja yang meningkat akibat gesekan.


2. Kerusakan Kapasitor

Fungsi kapasitor pada pompa air adalah untuk menggerakkan motor dinamo. Kerusakan kapasitor dapat menyebabkan dinamo tidak dapat berputar, yang mengakibatkan pompa air mengalami masalah mendengung.



Kapasitor yang rusak biasanya memiliki tanda seperti membengkak, mengeluarkan cairan lengket, atau terbakar.


Jika pompa air di rumah Anda tidak berputar dan mengeluarkan suara mendengung, kemungkinan disebabkan oleh kerusakan kapasitor. Anda dapat mencoba menggantinya dengan yang baru.


3. Lemahnya Dinamo

Kerusakan dinamo biasanya disebabkan oleh kerusakan bearing dan kapasitor, atau adanya kebocoran seal yang membuat air masuk dan merusak dinamo.



Dinamo adalah bagian paling vital dari pompa air karena menghasilkan medan listrik untuk memutar poros pompa. Jika dinamo bermasalah, pompa air tidak akan berfungsi dengan baik, dan masalah mendengung sering kali terjadi karena dinamo tidak mampu memutar poros dengan kuat.


Perbaikan dinamo merupakan masalah yang serius dan biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


4. Kerusakan Kipas

Kipas yang rusak, pecah, atau terlepas dapat menyebabkan pompa air mengalami hambatan saat berputar, yang menghasilkan suara mendengung. Terutama pada kipas belakang pompa air (jika pompa menggunakan kipas pendingin di bagian belakang).



Kerusakan kipas juga dapat mengubah suara pompa menjadi kasar, mirip dengan kerusakan bearing.


Baca juga: Transformator: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenis


5. As Pompa Bengkok

As pompa yang bengkok juga dapat membuat dinamo terhambat dalam berputar dan menghasilkan suara mendengung. Hal ini disebabkan oleh posisi poros yang tidak tegak lurus, menyebabkan putaran yang tidak merata.


Itulah beberapa penyebab umum kerusakan pompa air mendengung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url