Mengetahui Asal Kabel Netral

Kembali lagi di Kelas Teknisi, teman-teman yang mengunjungi artikel ini pasti mencari jawaban yang terlintas dipikiran, dari mana asal kabel netral? Netral terdapat pada 1 fasa dan 3 fasa.

Sebelum kita bahas dari mana kabel netral berasal, kita harus tau ciri-ciri kabel netral tersebut. Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Saat kabel dites dengan tespen, maka tidak memiliki tegangan.
  2. Warna kabel netral menurut Panduan Umum Instalasi Listrik (PUIL), berwarna biru.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kabel Netral 


Nah, apakah kabel netral ini sudah ada sejak pembangkit listrik dibangun, atau kabel netral sudah ada dari jaringan transmisi, distribusi primer atau umum disebut dengan jaringan listrik tegangan menengah. Jawabannya adalah tidak terdapat pada 3 jenis yang disebutkan tadi, jadi dari mana netral berasal?


Netral berasal dari trafo step down (trafo distribusi). Kok bisa trafo step down tersebut menghasilkan netral? Yuk perhatikan gambar trafo dibawah ini.


Berdasarkan gambar trafo step down diatas, terlihat pada sisi distribusi primer 20 kV terdapat 3 terminal yaitu R, S, dan T, sedangkan disisi distribusi sekunder 380/220 V terdapat 4 terminal yaitu R, S, T dan N (Netral).


Terlihat pada gambar diatas, menunjukkan bahwa pada trafo distribusi primer menggunakan rangkaian delta, sendangkan disisi trafo distribusi sekunder menggunakan rangkaian star yang memiliki kabel netral. Pada hubungan star, setiap ujung kumparan yang saling terhubung maka akan menghasilkan titik netral. Yang mengartikan bahwa kabel netral bersumber dari proses penurunan tegangan dari 20 kV menjadi 380/220 V pada trafo distribusi.

Demikian penjabaran dari Kelas Teknisi tentang asal kabel netral. Semoga dari artikel ini membuat teman-teman yang membaca, menjadi mengerti dari mana titik netral berasal. Apabila teman-teman ada pertanyaan, bisa ditaro dikolom komentar ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url