Mengenal Over Current Relay (OCR) Inverse dan Definite

 Over Current Relay (OCR) adalah suatu relay yang bekerja berdasarkan adanya kenaikan arus yang melebihi nilai pengaman tertentu dalam jangka waktu tertentu, sehingga relay ini dapat dipakai sebagai pola pengaman arus lebih. Over Current Relay ini berfungsi untuk memproteksi peralatan listrik terhadap arus lebih yang disebabkan oleh gangguan hubung singkat.Selain itu OCR juga berfungsi untuk mengamankan transformator dari arus yang melebihi dari arus yang dibolehkan pada transformator. Nah selain dari pengertian dari over current relay, kita akan bahas juga mengenai jenis berdasarkan karakteristik waktu kerjanya, yuk kita masuk ke pembahasan!

Jenis relay berdasarkan karakteristik waktu kerja

  1. Over Current Relay (OCR) definite
  2. Over Current Relay (OCR) inverse

Over Current Relay dibedakan oleh beberapa jenis, yaitu:

1. Over Current Relay (OCR) Inverse

Merupakan relay yang waktu kerjanya tergantungdari arus gangguan.Relay ini akan memberikan perintah kepada PMT (pemutus tenaga) dan jangka waktu relay mulai pick up sampai kerja waktunya diperpanjang berbanding terbalik dengan besarnya arus.

Dari OCR ini memliki 3 kelompok, diantaranya:

1. StandarInverse

2. Very Inverse

3. Extremely Inverse


Sifat atau karakteristik dari relay inverse adalah relay baru akan bekerja bila arus yang mengalirpada relay tersebut melebihi besarnya arus setting (Is) yang telah ditentukan. Dan lamanya waktu relay bekerja untuk memberikan komando tripping adalah paling lambat sesuai dengan waktu setting (Ts) yang dipilih.Pada relay ini bekerjanya (T trip) tidak sama dengan waktu setting (Ts).Karena sanggat tergantung dengan besarnya arus yang mengerjakan relay tersebut,sehingga makin besar arus yang masuk ke relay tersebut maka makin cepat waktu kerja (trip) dari relay tersebut.

2. Over Current Relay (OCR) Definite

Relay ini memiliki waktu kerja yang tidak bergantung dari arus gangguan.Relay ini memberikan perintah kepada PMT (Pemutus Tenaga)pada saat terjadinya gangguan, bila besar gangguan melampaui arus penyetelannya, dan jangka waktu relay ini mulai pick up sampai kerja di perpanjang dengan waktu tidak tergantungbesarnya arus.

Sifat atau karakteristik dari relay definite adalah relay baru akan bekerja bila arus yang mengalir pada relay tersebut melebihi besarnya arus setting (Is) yang telah ditentukan. Lamanya selang waktu relay bekerja untuk memberikan komando tripping adalah sesuai denganwaktu setting (Ts) yang diinginkan. Pada relay ini waktu bekerjanya (Tripping =Ts) tetap konstan, tidak dipengaruhi oleh besarnya arus yang mengerjakan relay tersebut.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan tentang dua jenis relay arus lebih yang penting, yaitu Over Current Relay Inverse dan Definite. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang berbeda dalam sistem kelistrikan, namun sama-sama penting untuk menjaga keselamatan dan stabilitas sistem. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua jenis ini, para profesional listrik dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan sistem yang akan dibangun atau diperbaiki.



Next Post Previous Post
1 Comments
  • mantap
    mantap 21/01/23, 22.16

    Materi yang bermanfaat.
    Terima kasih

Add Comment
comment url