Jenis Kabel yang digunakan dalam Otomasi Industri



Pelajari berbagai jenis kabel yang digunakan dalam sistem otomasi industri seperti PVC, PUR, POC, STP, UTP, Coaxial, dan kabel serat optik.

Kabel adalah bagian yang sangat penting dari otomasi industri . Anda harus mengetahui kabel mana yang akan digunakan dan di mana menggunakannya agar tidak terjadi kesalahan pada bagian instrumen atau bagian kelistrikan.

Jenis Kabel yang digunakan dalam Otomasi Industri

Ada banyak jenis kabel yang digunakan, tetapi penting untuk mengkategorikannya berdasarkan berbagai bagian. Karena tidak mungkin untuk mendefinisikan setiap jenis dalam satu bagian.

Jenis Kabel yang digunakan dalam Otomasi Industri

Mari kita kategorikan setiap bagian satu per satu.

Jenis Kabel Berdasarkan Bahan

Ada tiga jenis kabel dasar berdasarkan bahan yang digunakan. yaitu:

  • Kabel Polyvinyl Chloride (PVC)
  • Kabel Polyurethane (PUR)
  • kabel POC

Kabel PVC

Kabel Polyvinyl Chloride (PVC) adalah salah satu yang paling banyak digunakan dalam otomasi industri. Ini bagus untuk tekanan mekanis sedang dan menawarkan ketahanan yang baik terhadap bahan kimia yang berbeda.

Dalam aplikasi di mana kabel terkena suhu yang bervariasi , jenis ini sering digunakan. Ini paling cocok untuk aplikasi tegangan rendah dan menengah.

Kabel PUR

Kabel Polyurethane (PUR) baik untuk tekanan mekanis yang tinggi. Mereka dapat dengan mudah menangani keausan yang tinggi dari banyak aplikasi industri. Mereka sangat tahan api dan juga tahan terhadap percikan las.

Untuk aplikasi di mana menjaga kebersihan media tertentu di mana kabel akan lewat adalah penting, jenis ini banyak digunakan. Mereka mencegah pertumbuhan mikroba di dalam selubung dan dengan demikian, menghindari penyebaran bakteri.

Kabel POC

Dalam aplikasi di mana ada banyak aktivitas pengelasan atau percikan api, kabel POC paling cocok. Ini memiliki kekuatan mekanik yang sangat tinggi dan ketahanan termal 150 derajat C.

Jadi, kabel ini dapat menahan panas yang ekstrem dan cocok untuk aplikasi suhu tinggi tersebut.

Ada tiga jenis kabel dasar berdasarkan bahan yang digunakan. Yakni

  • Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
  • Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
  • Kabel koaksial
  • Kabel Serat Optik

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel unshielded twisted pair (UTP) adalah kabel twisted pair dengan total 8 kabel masing-masing 4 pasang. Semua 8 kabel ini dililit oleh kabel berinsulasi. Tapi, antara kabel dan kabel, tidak ada pelindung kawat pelindung.

Hal ini membuat kabel lebih rentan terhadap interferensi elektromagnetik dan jenis kebisingan lainnya. Jadi, sebagian besar digunakan di jaringan Ethernet lokal di mana gangguan noise lebih sedikit.

Kabel Shielded Twisted Pair (STP)

Kabel Shielded Twisted Pair (STP) adalah kabel twisted pair dengan total 8 kabel masing-masing 4 pasang. Semua 8 kabel ini dililit oleh kabel berinsulasi. Antara kabel dan kabel, ada pelindung kawat pelindung.

Hal ini membuat kabel kurang rentan terhadap interferensi elektromagnetik dan jenis kebisingan lainnya. Jadi, ini adalah kabel jaringan yang paling banyak digunakan dalam aplikasi otomasi industri. Ini lebih mahal daripada kabel UTPC. 

Kabel koaksial

Kabel koaksial adalah media yang mentransmisikan data dalam bentuk listrik tegangan rendah. Ini terdiri dari lima lapisan. Lapisan pertama adalah penutup plastik. Ini bertindak sebagai perisai untuk seluruh kabel.

Lapisan kedua adalah isolator pembungkus logam yang berfungsi sebagai pelindung terhadap kebisingan. Lapisan ketiga adalah konduktor dari jalinan logam, foil, atau kombinasi keduanya.

Lapisan keempat lagi merupakan perisai isolasi dan lapisan terakhir adalah konduktor tembaga. Kabel ini sangat tahan terhadap lampu neon, motor, atau jenis gangguan sinyal lainnya.

Kabel Serat Optik

Serat optik adalah media yang menggunakan pulsa cahaya bersama dengan serat transmisi , yaitu kaca, silika, atau plastik. Ini terdiri dari empat lapisan. Lapisan luar adalah lapisan plastik.

Lapisan kedua adalah cladding (kaca atau plastik yang kurang padat). Lapisan ketiga adalah inti dan yang terakhir adalah serat. Sinar cahaya merambat melalui serat ini dengan prinsip pemantulan internal.

Hal ini menyebabkan cahaya memantulkan dirinya melalui saluran dan berjalan sampai akhir. Kepadatan dari dua lapisan terakhir dipertahankan sedemikian rupa sehingga berkas cahaya yang melewati inti dipantulkan dari kelongsong.

Informasi ditransmisikan dengan cara biner sebagai urutan nyala atau mati lampu berkedip yang berarti 1 atau 0.

Lihat artikel ini untuk pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara serat optik dan kabel koaksial .

Dengan cara ini, kami membahas berbagai jenis kabel yang digunakan dalam sistem otomasi industri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url