Jenis-Jenis Kabel Listrik Yang Sering Digunakan


Listrik merupakan kebutuhan esensial manusia yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Dari peralatan elektronik rumah tangga seperti AC, televisi, kipas angin, dan lainnya, semuanya memerlukan kabel listrik agar dapat berfungsi dengan baik.


Tanpa kabel listrik, kita tidak dapat menikmati manfaat dari peralatan elektronik tersebut. Ada berbagai jenis kabel listrik yang perlu Anda ketahui! seperti kabel NYA, NYAF, NYM, NYMHY, dan NYY. Apakah Anda familiar dengan jenis-jenis kabel tersebut?


Mungkin banyak dari Anda yang belum mengenal jenis-jenis kabel ini. Padahal, setiap jenis kabel memiliki fungsi yang berbeda.


Ini Jenis Kabel Listrik Sering Digunakan berserta Fungsinya


Untuk lebih memahami jenis dan aplikasi penggunaan kabel, berikut adalah jenis-jenis kabel listrik beserta penggunaannya. Yuk, Simak penjelasannya agar tidak bingung lagi!


1. Kabel NYA

Kabel NYA terbuat dari tembaga tunggal dengan satu inti yang dilapisi dengan isolator PVC satu lapis. Kabel ini sering digunakan untuk instalasi di perumahan dan kabel udara. Untuk keamanan, kabel jenis NYA sebaiknya dilengkapi dengan pelindung seperti pipa PVC.


Contoh penggunaan kabel NYA termasuk instalasi rumah seperti stop kontak, saklar, lampu, dan instalasi di atas plafon (dalam pipa PVC). Kabel ini juga bisa digunakan untuk panel kontrol listrik dengan seni lekukan kabelnya.


2. Kabel NYM

Kabel NYM, juga dikenal sebagai kabel HYO, sering digunakan pada rumah dan gedung dengan inti kabel yang terdiri dari satu sampai empat inti dan dilengkapi dengan isolasi PVC. Isolasi ini memungkinkan kabel jenis NYM digunakan di daerah kering maupun basah, dan memberikan tingkat keamanan yang cukup baik.


Kabel jenis NYM cocok untuk lampu penerangan luar atau jalan, instalasi di atas plafon, dan lain sebagainya, menjadikannya ideal untuk instalasi listrik pada bangunan, baik rumah maupun gedung.


3. Kabel NYAF

Kabel NYAF memiliki inti tembaga berserabut dengan isolasi PVC satu lapis. Fleksibilitas tinggi karena inti tembaga berbentuk serabut, membuat kabel ini cocok untuk instalasi pada panel listrik yang membutuhkan banyak lekukan.


Namun, kabel jenis NYAF mudah mengelupas sehingga sebaiknya tidak digunakan di lingkungan terbuka yang basah atau kering. Kabel ini sering digunakan dalam produksi panel listrik oleh perusahaan.


4. Kabel NYMHY

Kabel NYMHY memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dengan isolasi luar PVC dan sering digunakan untuk instalasi listrik skala rumah tangga di bawah 900 watt. Kabel NYMHY terdiri dari konduktor, isolator pada bagian dalam, dan pelindung luar dari isolator PVC.


Contoh penggunaan kabel NYMHY termasuk terminal stop kontak dan penyambung kabel pompa air rumah di area kering.


5. Kabel NYY

Kabel NYY mempunyai inti tembaga berisolasi PVC dan diperuntuhkan untuk instalasi yang ditanam ke dalam tanah atau di lingkungan terbuka dengan komponen perlindungan tambahan seperti duct, pipa besi, atau pipa PVC,


Isolator pada jenis kabel NYY memiliki konstruksi kuat dan biasanya dilengkapi dengan anti gigitan tikus, membuatnya lebih mahal. Contoh penggunaan kabel NYY termasuk pompa air di tandon dan instalasi yang ditanam di tanah seperti penghubung panel utama ke panel pembagi yang ditanam atau dipasang di tray, sering digunakan oleh kontraktor listrik.


Itulah beberapa jenis kabel yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penjelasan mengenai fungsi-fungsi kabel di atas, semoga dapat menjadi referensi jika Anda membutuhkan informasi tentang kegunaan kabel berdasarkan jenisnya.


Artikel menarik lainnya:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url