8 Cara Melindungi Kabel Listrik dari Gigitan Tikus


Cara Melindungi Kabel Listrik dari Gigitan Tikus - Ada alasan alami mengapa tikus sering menggigit kabel listrik. Hal ini karena hewan pengerat memiliki gigi yang terus tumbuh. Sama seperti manusia yang harus memotong kukunya untuk mencegahnya tumbuh terlalu lama, tikus tikus harus terus mengunyah sesuatu untuk menghentikan pertumbuhan giginya. 

Selain itu, bentuk kabel yang melingkar semakin menarik perhatian tikus karena akan lebih mudah menggigitnya. Selain digunakan untuk memperlambat pertumbuhan giginya, tikus juga sering menggunakan potongan kawat untuk membuat sarangnya.

Sayangnya, kebiasaan tikus yang sering menggigit kabel tidak hanya mengganggu sistem instalasi listrik, tetapi juga dapat menimbulkan ancaman berbahaya seperti malfungsi dan gangguan listrik yang dapat memicu kebakaran atau korsleting. Oleh karena itu, demi keselamatan Anda dan keluarga di rumah, jangan pernah meremehkan kerusakan akibat gigitan tikus. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba untuk mencegah tikus menggigit kabel listrik di rumah Anda:

Tutup Lubang yang Berpotensi Dilalui Tukus

Perlu diingat bahwa tikus memiliki kemampuan untuk masuk melalui celah-celah kecil. Karena itu, pastikan Anda menutup rapat lubang-lubang kecil di sekitar rumah untuk menghalangi jalan masuk tikus.

Bersihkan Rumah Secara Rutin

Beberapa tempat seperti loteng atau gudang menjadi spot yang paling sering digunakan tikus untuk membuat sarang. Pembersihan secara rutin akan mengganggu tikus yang sedang bersembunyi dan bersarang, hal ini akan membuat tikus merasa terganggu dan cenderung meninggalkan tempat tersebut.

Gunakan Pelindung Kabel

Agar kabel tetap aman dari kerusakan yang tidak diinginkan, gunakan pelindung kabel yang keras seperti PVC atau baja. Selain mencegah gigitan tikus, pelindung kabel juga berfungsi untuk melindungi kabel dari faktor lain yang tidak diinginkan seperti kerusakan cuaca atau tumpahan air.

Potong Pohon Tinggi

Tikus tidak hanya masuk ke rumah Anda melalui lubang di tanah, tetapi juga dari atap. Untuk menghindari hal ini, tebang pohon-pohon tinggi di sekitar rumah Anda yang mungkin memberi akses ke tikus melalui cabang-cabangnya.

Baca juga: Pertolongan Pertama Untuk Korban Kesetrum

Periksa Kabel Secara Rutin

Percayalah, tikus bisa masuk dan bersarang di rumah Anda kapan saja saat Anda tidak waspada. Untuk memastikan kabel tetap aman, Anda bisa mengeceknya secara berkala. Selain itu, langkah ini juga berguna untuk deteksi dini jika terjadi kerusakan pada instalasi listrik di rumah Anda.

Pasang Ultrasonik Mouse

Cara termudah untuk mencegah tikus menggigit kabel di rumah Anda adalah dengan menghilangkan pertumbuhannya dengan menggunakan alat pengusir tikus seperti gelombang ultrasonik. Alat ini mengeluarkan nada suara tinggi yang mengganggu tikus, mengusir tikus dari tempat tersebut.

Merapikan Kabel

Meski terdengar sepele, cara mencegah kabel digigit tikus ini sangat ampuh dilakukan. Penting dingat bagi Anda untuk tidak membiarkan kabel di rumah berantakan. Sebab hal ini akan menjadi daya tarik tikus. Nah, apabila Anda telah selesai menggunakan alat dapur yang menggunakan kabel listrik, seperti blender, ada baiknya segera untuk merapikan dan meletekkannya di area yang sulit terjangkau tikus.

jangan sampai membiarkan kabel perangkat elektronik terurai. Sebab tikus akan mengira kabel tersebut mainan. Lalu jangan lupa mengelap kabel yang mungkin terkena bumbu atau bahan masakan. Tentunya agar tikus tidak tertarik dengan aroma yang menempel.

Dengan Hewan Peliharaan

Mungkin cara terakhir yang kelasteknisi sampaikan untuk mencegah kabel digigit tikus ini jarang disadari. Apabila Anda mempunyai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, maka hewan tersebut sangat berguna untuk mencegah adanya tikus yang bersarang di dalam rumah. Sebab, tikus biasanya akan menghind dari area-area rumah yang terdapat hewan peliharaan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Tembaga Sering Digunakan Pada Kabel Listrik

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url