Listrik Mati tapi Meteran Nyala? Ini Penyebab dan Solusinya



Kelasteknisi.com - Mengapa listrik mati namun meteran menyala? Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kondisi ini. Misalnya karena kehilangan kecepatan koneksi, pengaturan kabel yang lemah atau yang lainnya. 

Meteran listrik adalah alat yang membantu aliran listrik. Meteran akan melindungi pengguna dari arus lebih, sehingga Miniature Circuit Breaker (MCB) dapat memutus arus secara otomatis. 

Listrik dalam keadaan mati namun meteran tetap menyala, apa penyebabnya? Secara umum, kondisi ini dapat disebabkan oleh hal-hal berikut: 

1. Kabel Twist longgar 

Kabel Twisted adalah kabel listrik yang menghubungkan tiang PLN dengan rumah. Jika instalasi tidak cukup kuat, listrik tidak akan masuk ke dalam rumah. Jika Anda menggunakan meteran prabayar, pastikan Anda tidak kehabisan daya. Namun, jika pulsa  masih ada dan listrik ke pintu sebelah masih masuk, mungkin sanbungan kabel Anda kendor atau tidak cukup kuat. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi teknisi instalasi listrik untuk mengencangkan sambuangan kabel tersebut.

2. Kotak sekering rusak 

Berdasarkan buku  Rumah Hijau karya Sri Mulatsih, pada instalasi kWh meter gaya lama terdapat sekring atau kotak sekring. Jika  meteran listrik rumah kelebihan beban, dapat merusak kotak sekring dan memutus aliran listrik di dalam rumah saat meteran masih menyala. 

Jika Anda mengalami masalah ini, segera hubungi PLN untuk mengganti kotak sekring dan kabel. Dimungkinkan untuk mengganti kabel serat 1 atau 2 tergantung pada kapasitas listrik di rumah untuk menghindari kelebihan beban listrik, korsleting. 

3. KWh meter tidak terhubung dengan baik ke MCB 

Jika kabel dari kWh meter ke MCB diputus, listrik ke rumah akan padam dan MCB tetap menyala. Selain itu, pemasangan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kebakaran pada kabel dari kWh meter ke MCB. Jika hal ini terjadi, segera hubungi dealer PLN Anda untuk menyambungkan kabel kWh ke MCB dengan benar.  

Baca juga: Penyebab dan Solusi kWh Meter Muncul Tulisan Periksa

4. Saluran instalasi listrik terputus 

Penyebab lain padamnya listrik saat kWh meter menyala adalah tidak berfungsinya jalur instalasi listrik. Hal ini sering terjadi pada rumah-rumah yang menggunakan instalasi fiber optic. Karena itu, kabelnya mudah digigit tikus.  Jika  instalasi listrik rusak, sebagian aliran listrik di rumah akan terputus, kemungkinan karena gigitan kutu. Jika ini terjadi, segera periksa dan sambungkan kabel yang rusak. 

Jika listrik padam tetapi meteran tetap menyala, perhatikan tampilan meteran kWh  prabayar Anda. Jika ada cek atau sejenisnya harus segera menghubungi pihak PLN.  Namun, jika tampilan meteran  tidak menunjukkan apa-apa selain jumlah token yang Anda miliki, Anda perlu memeriksa arus dari terminal PLN ke meter kWh di rumah Anda. Di atas adalah 4 penyebab listrik mati tapi jam masih menyala dan cara mengatasinya. Sebaiknya perhatikan  sistem kelistrikan  rumah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url