Penyebab dan Solusi kWh Meter Muncul Tulisan Periksa

Penyebab dan Solusi kWh Meter Muncul Tulisan Periksa - Munculnya tulisan "Periksa" pada kWh meter membuat seluruh keluarga dirumah panik karena listrik padam. Karena kWh meter akan memutuskan aliran daya saat menampilkan Periksa, biasanya diikuti dengan simbol tangan yang muncul pada layar  kWh meter atau LCD. Disini saya berbagi pengalaman dari berbagai sumber dalam mengatasi timbulnya teks Periksa pada layar LCD kWh meter. 

Meteran listrik yang menampilkan tulisan periksa dan gambar tangan menandakan adanya masalah pada sistem instalasi listrik. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan munculnya tulisan periksa dan gambar tangan pada meteran listrik adalah:

Penyebabnya Meteran Muncul Tulisan Periksa

Gangguan pada meteran:

  • Kerusakan fisik: Meteran mungkin mengalami kerusakan fisik, seperti terjatuh, terkena air, atau konsleting.
  • Masalah internal: Ada kemungkinan masalah internal pada meteran, seperti kerusakan komponen atau kesalahan program.

Gangguan pada instalasi listrik:

  • Kebocoran arus: Kebocoran arus pada instalasi listrik dapat menyebabkan munculnya tulisan "Periksa" pada meteran.
  • Pemasangan kabel yang tidak tepat: Pemasangan kabel yang tidak tepat, seperti kabel netral yang digabung dengan kabel ground, dapat menyebabkan munculnya tulisan "Periksa".
  • Beban listrik berlebihan: Penggunaan daya listrik yang berlebihan dapat menyebabkan meteran memberikan peringatan "Periksa".

Faktor lainnya:

  • Tutup meteran tidak rapat: Tutup meteran yang tidak rapat dapat menyebabkan gangguan pada meteran dan munculnya tulisan "Periksa".
  • Manipulasi meteran: Manipulasi meteran, seperti penggunaan alat curang, dapat menyebabkan munculnya tulisan "Periksa".
  • Gangguan dari luar: Gangguan dari luar, seperti induksi magnetik, dapat menyebabkan munculnya tulisan "Periksa".


Solusi kWh Meter Muncul Tulisan Periksa

Kita dapat melihat di antara banyak penyebab munculnya tulisan periksa di kWh meter, tetapi tenang di bawah ini kami akan menawarkan solusi berdasarkan pengalaman dengan langkah-langkah yang tepat. 

1. Token pulsa Anda habis atau telat dalam pengisiannya

  • Untuk hal ini hubungi langsung  PLN tergantung wilayahnya. 
  • Anda akan menerima kode reset untuk dimasukkan ke dalam kWh meter melalui SMS atau Anda akan dipandu langsung dalam penginputannya. 
  • Masukkan kode  dan tekan enter 
  • Maka kWh Anda dapat diisi  dengan kode biasa. 

2. Karena ada masalah dengan instalasi listrik rumah  

Salah satu langkah cepat adalah memeriksa kode kWh tetapi tidak semua kWh meter dapat menghasilkan kode error, berikut langkah-langkahnya. 

  1. Matikan MCB pada kWh meter 
  2. Tekan 08 lalu Enter 
  3. Kode akan ditampilkan 
  4. kode (4-5-6) menunjukkan ada masalah dengan instalasi listrik rumah Anda 
  5. lalu tekan 09, Enter.  
  6. Jika muncul kode maka bermasalah di Instalasinya atau kWh karena jika MCB dimatikan maka kWh tetap aktif dan token akan terus terkuras. 

Bila instalasi listrik menjadi penyebabnya, berikut langkah-langkah untuk memperbaikinya. 

  1. Periksa kabel instalasi listrik apakah ada kabel ground dan kabel netral yang terhubung ata bersentuhan 
  2. Periksa isolasi kabel netral apakah terkelupas, jika demikian, ganti atau isolasi kembali sehingga tidak bersentuhan dengan dinding. 
  3. Periksa setiap sambungan pada T-dos untuk sambungan longgar yang menyebabkan arus kadang muncul kadang tidak. 
  4. Setelah dikakukan pemeriksaan dan semua dirasa aman, segera hubungi PLN untuk meminta kode reset pengaktifan kWh meter.

Ketika elektronik adalah penyebabnya 

  1. Langkah ini dilakukan setelah Anda memastikan bahwa instalasi listrik di rumah sudah benar dan aman. 
  2. Minta kode reset ke PLN 
  3. Matikan semua elektronik dan cabut semua yang ada di kunci kontak (Stop). 
  4. Nyalakan alat elektronik satu per satu. 
  5. Biasanya pompa air yang sering menyebabkan timbunya tulisan periksa pada layar LCD kWh meter, ketika kWh meter dihidupkan maka akan muncul tulisan Periksa. Maka perbaiki kembali perangkat elektronik yang bermasalah dan aktivasi kembali kWh meter Anda.

Nomor Telpon PLN yang Dapat Anda Hubungi

Dalam menghubungi PLN sekarang sudah sangat mudah dengan menelepon 123 akan terhubung ke layanan pelanggan milik PLN.

Pengalaman saya banyak orang yang tidak dapat menghubungi nomor 123 secara langsung karena panggilan pln ke nemor tersebut membutuhkan kode wilayah tambahan. Seperti,

Surabaya atau Jawa Timur yaitu 031 (031 123) agar anda dapat terhubung ke CS PLN 

Jakarta dengan kode wilayah 021 untuk kode area telepon yang berarti untuk menghubungi PLN dengan nomor (021 123) maka anda akan terhubung ke Costomer Service milik PLN dan siap melayani dan membantu terkait permasalahan pada kWh meter Anda. 

Untuk kode wilayah PLN daerah-daerah yang tidak saya sebutkan, dapat mencarinya di internet atau menanyakan ke kantor PLN yang berada di wilayah Anda.

Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri, disarankan untuk menghubungi instalatir yang terdaftar di PLN untuk memastikan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan standar dan aman. Jangan ragu untuk menghubungi instalatir jika Anda merasa kurang yakin atau tidak mampu mengatasi masalah ini sendiri. Semoga bermanfaat, jangan lupa cek artikel lainnya dari kelasteknisi.com, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url