Mengenal Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel)

panel lvmdp


Pada artikel ini kita akan membahas mengenai panel LVMDP, sebelum masuk ke pembahasan, kita harus tau dulu apa itu panel listrik? Panel listrik merupakan perangkat pendistribusian dan proteksi listrik dari PLN. Ada beberapa jenis panel listrik yang dibutuhkan dalam pendistribusian listrik dari PLN sehingga dapat dilakukan dengan terkendali dan aman.

Berikut adalah jenis-jenis panel listrik:

  1. Panel MVMDP
  2. Panel LVMDP
  3. Panel MDP
Dari ketiga jenis panel listrik diatas, kita akan membahas tentang panel LVMDP, ayo disimak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Panel LVMDP

Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) atau banyak dikenal dengan sebutan PUTR (Panel Utama Tegangan Rendah) adalah pusat kendali kelistrikan dalam suatu bangunan, baik itu pabrik, perkantoran, hotel, apartemen, atau rumah hunian.

Disebut sebagai pusat kendali kelistrikan karena sebelum listrik didistribusikan ke perangkat kelistrikan, penyuplaian listrik ke mesin-mesin elektrik akan dikontrol terlebih dahulu di panel LVMDP.

Komponen-Komponen Panel LVMDP

Selain dari pengertiannya, maka penting juga untuk mengetahui komponen yang terdapat pada panel Low Voltage Main Distribution Panel. Berikut merupakan komponen-komponen yang sering digunakan pada panel LVMDP.

1. Air Circuit Breaker (ACB)

ACB merupakan salah satu alat proteksi memadamkan terjadinya busur api berupa udara. ACB biasa pada tegangan menengan dan tegangan rendah. Bekerja dengan udara pada tekanan ruang atmosfer yang digunakan untuk predam busur api yang terjadi akibat gangguan atau proses witching.

2. Oil Circuit Breaker (OCB)

OCB merupakan jenis penutup sirkuit yang memakai minyak sebagai sarana pemadam busur api saat terjadi gangguan. Saat terjadi busur api, maka minyak yang berada dikekatnya akan berubah menjadi uap. Busr apa akan dikelilingi oleh gelembung uap minyak dan gas.

Gas yang tercipta mempunyai sigar konduktivitas termal yang bagus dengan tegangan ionisasi tinggi. Jadi Oil Circuit Breaker ini sangat cocok digunakan sebagai sarana pemadaman terjadinya percikan bunga api.

3. Mini Curcuit Breaker (MCB)

MCB (Mini Circuit Breaker) digunakan dengan tujuan untuk mengamankan arus lebih jika terjadi hubungan pendek. Alat ini akan memutus aliran listrik jika beban telah melebihi batas yang telah ditentukan.

4. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Pada komponen panel LVMDP, alat pengaman satu ini memiliki fungsi mengamankan peralatan dari terjadinya gangguan arus hubung singkat dan arus lebih. MCCB ini memiliki tingkat pengamanan terhadap arus lebih yang besar dari pada MCB.

5. Grounding 

Grounding pada panel LVMDP memiliki fungsi sebagai pengaman jika kabel listrik yang terkelupas mengenai body atau badan perangkat elektronik, maka dengan komponen ini akan mengalirkan arus lebih akan dibumikan atau dialirkan ketanah.

6. Current Transformator (CT)

Current Transformator merupakan komponen pada panel listrik yang berfungsi sebagai penurun arus pada box panel. Terbuat dari baja atau metal dengan bentuk gelang persegi atau lingkaran yang memiliki lubang pada bagian tengahnya.

7. Ground Fould Circuit Interruption (GFCI)

GFCI merupakan circuit breaker yang dapat bereaksi lebih cepat daripada MCB. Komponen ini dapat menentukan listrik lebih terperinci, maka dengan ini dapat meminimalisir terjadinya short circuit atau kabel terkelupas dan mengenai manusia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url