Cara Membuat lampu Led berjalan (Running Led)

Cara Membuat lampu Led berjalan (Running Led) - Pada kesempatan ini, kita akan mengulas tentang metode pembuatan lampu LED bergerak, sebuah aplikasi dasar yang dapat disesuaikan untuk membentuk teks, gambar, atau karakter bergerak dengan menyusun LED sesuai keinginan.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat rangkaian lampu LED bergerak hanya dengan menggunakan rangkaian elektronika konvensional.

Rangkaian lampu Led berjalan (Running Led

Setelah komponen - komponen elektronika tersedia, kita dapat melakukan perakitan terhadap komponen - komponen elektronika tersebut sesuai dengan gambar schematic dibawah ini:

Gambar diatas menunjukkan rangkaian clock dengan ic timer 555 dan rangkaian shift register yang diaplikasika sebagai rangkaian lampu led berjalan (running led)


Komponen lampu Led berjalan (Running Led)


Berikut adalah komponen-komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian lampu LED bergerak:


1. 10 buah lampu LED

2. IC shift register 4017

3. IC timer 555

4. Resistor 1 kilo Ohm

5. Variabel resistor 10 k ohm

6. Kapasitor 10 p Farad

7. Baterai 9 Volt DC sebagai sumber tegangan


Komponen-komponen elektronika tersebut mudah ditemukan di pasaran.


Setelah semua komponen tersedia, kita dapat mulai merakitnya sesuai dengan skema di bawah ini:


Penjelasan Rangkaian Led Berjalan (Running Led)


IC 4017 adalah decade counter 10 bit yang menghasilkan keluaran berupa logika tinggi secara bergantian dari bit signifikan rendah (LSB) hingga bit signifikan tinggi (MSB) dengan periode yang ditentukan oleh timer/clock yang masuk ke IC tersebut. Sebagai sumber clock, kita menggunakan IC 555 dengan konfigurasi dasar astable. Lamanya clock ini dapat diatur dengan mengubah nilai resistor variabel.


Saat rangkaian aktif, IC timer 555 akan menghasilkan sinyal clock dengan periode tertentu. Sinyal keluaran ini akan digunakan sebagai masukan ke IC 4017. Dengan sinyal clock ini (logika tinggi 1 dan logika rendah 0 secara bergantian), IC 4017 akan mengeluarkan sinyal keluaran yang bergantian dari LSB ke MSB sesuai dengan periode clock dari IC timer 555.


Rangkaian ini dapat disimulasikan menggunakan perangkat lunak Proteus untuk menguji keberhasilannya. Semoga penjelasan singkat tentang cara membuat lampu LED bergerak bermanfaat bagi pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url