Pengertian dan Macam-Macam Circuit Breaker



Pengertian Circuit Breakaer

Circuit Breaker, atau sering disebut pemutus arus, adalah komponen penting untuk proteksi dalam sistem tenaga listrik yang berfungsi melindungi perangkat dari gangguan beban lebih, hubung singkat, dan arus berlebih.

Berikut ini simbol cirucit breaker.


Macam-Macam Circuit Breaker

1. Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB berfungsi sebagai saklar pemutus hubungan arus listrik yang disebabkan oleh arus lebih, jika terjadi arus lebih maka secara otomatis MCB akan trip sehingga melindung instalasi listrik rumah dari konsleting listrik yang dapat menyebabkan perusakan pada peralatan.

2. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)


MCCB merupakan saklar yang berfungsi untuk memutuskan hubungan arus listrik seperti MCB, namun dengan kapasitas yang lebih besar hingga 1000 Ampere dibandingkan dengan MCB yang hanya bisa memutus hubungan listrik sampai 63 Ampere.

3. Residual Current Circuit Breaker (RCCB)


RCCB merupakan circuit breaker yang berfungsi melindungi perangkat dari arus bocor. RCCB bekerja memutus hubungan arus listrik pada saat adanya kebocoran arus listrik ke tanah atau grounding.

4. Residual Current Circuit Breaker witch Overload (RCBO)


RCBO adalah kombinasi antar MCB dan RCCB, RCBO berfungsi sebagai pengaman terhadap arus bocor dan mencegah terjadinya konsleting listrik atau hubung singkat.

5. Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)


ELCB berfungsi melindungi perangkat akibat terjadinya kebocoran arus listrik ke tanah. Kebocoran arus biasanya terjadi pada peralatan listrik yang dapat membahayakan pengguna.

6. Air Circuit Breaker (ACB)


ACB merupakan jenis circuit breaker yang bekerja dengan bantuan udara untuk memadamkan busur api.

7. Oil Circuit Breaker (OCB)


OCB berfungsi memadamkan busur api dengan menggunakan minyak saat terjadi gangguan. Pada saat terjadinya busur api dalam minya, maka minyak yang berdekatan dengan busur api akan berubah menjadi uap minyak sehingga busur api akan dikelilingi oleh gelembung uap berupa gas dan minyak.

8. Vacuum Circuit Breaker (VCB)


VCB berfungsi memproteksi alat dengan ruang hampa udara dalam memadamkan busur api, pada saat circuit breaker dalam keadaan terbuka, maka dapat mengisolir hubungan setelah terjadinya bunga api akibat gangguan atau sengaja dilepaskan.

9. SF6CB (Sulfur Circuit Breaker)


SF6 adalah cricuit breaker yang memutus rangkaian menggunakan gas SF6 untuk pemadaman busur api. Gas SF6 merupakan gas berat yang memiliki sifat dielektrik.


Itulah macam-macam circuit breaker beserta fungsinya. Jadi teman-teman bisa memilih circuit breaker sesuai dengan kebutuhan ya. Semoga artikel ini bermanfaat. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url