16 Kerusakan Instalasi Listrik di Rumah dan Solusinya

Apa saja macam kerusakan listrik yang sering terjadi di rumah kita, serta bagaimana mengatasi berbagi macam kerusakan listrik tersebut? Kerusakan listrik yang terjadi di rumah anda tentu dapat mengakibatkan timbulnya masalah baru seperti teganggunya peralatan listrik, listrik mati, yang lebih parahnya lagi timbulya percikan api hingga menimbulkan bahaya kebakatan. 




Yuk disimak pembahasannya dibawah ini berbagai macam kerusakan listrik yang terdapat dirumah kita.

1. Hubung Singkat atau konsleting Listrik


Ini merupakan masalah yang sering terjadi pada instalasi rumah kita, hubung singkat ini dapat menimbulkan percikan api hingga kebakaran


2. MCB Sering Trip atau Membalik


Masalah ini cukup sering dijumpai di instalasi listrik, MCB menjadi turun atau trip, Hal ini lumayan membuat kita jengkel apalagi trip ketika kita sedang melakukan aktivitas serta kejadiannya secara berulang setelah dinaikkan turun lagi

3. Lampu Rumah Berkedip

Lampu dirumah kita berkedip-kedip, ini salah satu masalah dalam instalasi listrik rumah yang awalnya bercahaya terang sekarang mengalami kedap-kedip. Ini disebabkan oleh lampu yang telah rusak, kabel penyambungan mengalami masalah, terdapat air di fitting dan bebrapa penyebab lainnya.

4. Bola Lampu Sering Putus

Anda mungkin pernah mengalami hal demikian, Salah satu lampu dirumah ada putus. Setelah dganti kembali putus lagi dan berulang-ulang jika dibiarkan terus menerus akan membuat pemborosan pada keuangan anda. Anda harus melakukan perbaikan terhadap masalah ini.

5. Cahaya Lampu Rumah Redup


Anda mungkin pernah menjumpai lampu rumah Anda tiba-tiba mendadak redup semua, bahkan peralatan listrik Anda seperti komputer yang tiba2 mati, kipas angin melambat dan lain sebagainya. Hal ini terjadi dikarnakan tegangan pada rumah anda mengalami penurunan yang mengakibatkan tegangan untuk penyuplaian berkurang. Ini ini bisa disebabkan oleh beban yang anda gunakan besar, rusaknya jaringan instalasi, atau kabel sambungan longgar.

6. Saklar atau Stop Kontak Longgar


Stop kontak yang loggar umunya disebabkan karna pemasangannya yang kurang baik, baut mengalami dol, kotak stop kontak terlalu besar, kualitas saklar maupun stop kontak yang dipakai kurang baik.

7. Fitting Lampu Kendor


Ini juga merupakan masalah yang sering terjadi, kendornya fitting lampu bisa dikarnakan kualitas fitting dan pemasanganya yang kurang baik. Anda bisa mengencangkan bautnya atau mengganti fitting Anda.

8. Fiting Lampu Basah


Fitting lampu basa bisa timbul karna kerusakan pada atap yang membuat air masuk ke plafon Anda. Fitting yang basah dapat mengakibatkan korsleting Listrik hingga menimbulkan percikan api dan kebakaran. Silahkan Anda cek atap anda apakah mengalami kebocoran atau hal lainnya.

9. Steker atau cok meleleh


Steker meleleh bisa disebabkan karna pemasangannya yang tidak baik yang mengakibat kan longgal dan menimbulkan percikan api yang membakan steker tersebut. Ada harus memastikan lagi steker yang anda pasang telah tepat atau mengalami keloggaran.

10. Stop Kontak Meleleh


Sama halnya seperti steker diatas, jika mengalami hal ini anda harus menggantinya dengan yang baru.


11. Kabel Panas

Pemasangan kabel instalasi memiliki standar kemanannya sendiri, ada yang ukuran  kabel kecil dan sedang, bisa saja kabel panas tidak sesuai dengan kapasitas penampuang arus nya yang seharusnya dipasang ukuran sedang namun yang dipasang ukuran kecil ini bisa menjadi penyebabnya. Kabel yang panas dapat menyebabkan percikan api hingga kebakaran. Maka dari itu pastikan kabel dirumah anda telah sesuai standar kelistrikan yang berlaku.

12. Peralatan Listrik Nyetrum

Pernahkah Anda mengalami sengatan listrik saat menyentuh peralatan listrik yang berada dirumah Anda seperti CPU komputer, setrika, dan peralatan listrik lainnya?, sengatan yang dirasa terkadang terasa kecil dan kuat, kenapa itu bisa terjadi yang membuat Anda tersentrum saat menyentuh peralatan listrik dirumah Anda.

Peralatan tersebut mengalami kebocoran arus sehingga aliran arus merambat ke bodi peralatan listrik yang terbuat dari bahan yang dapat menghantar listrik. Solusi dari permasalahan ini pastikan instalasi dan peralatan listrik Anda dilengkapi dengan kabel grounding yang baik dan hindari penggunaa peralatan yang nyentrum, kabel terkelupas, atau kerusakan yang dapat membuat Anda tersentrum.

13. Listrik Sering Padam

Selain karna MCB yang sering turun, padamnya listrik dapat disebabkan oleh sumber listrik PLN yang mengalami gangguan. Hal ini dikarnakan terdapat gangguan pada jaringan listrik ke rumah - rumah, seperti pohon tumbang, hujan deras, angin kencang, kabel putus dan sebagainya. Tunggu PLN untuk mengatasi gangguan ini.

14. Listrik Rumah Hidup Mati

Listrik rumah selalu hidup mati membuat kita jengkel bukan, lampu tiba-tiba pada dan tidak berselang lama hidup kembali ini terjadi berulang ulang dalam waktu berdekatan, hal ini dikarnakan adanya ganggua dari jaringan listrik PLN saat mengalirkan listrik ke rumah-rumah konsumen, ini terjadi dapat disebabkan oleh sambaran petir, pohon tumbang, angin kencang dll.

15. Bau Gosong

Selain dari bau gosong masakan bisa juga disebabkan oleh perangkat listrik atau instalasi rumah Anda mengalami masalah baik itu dari MCB, stop kontak, peralatan listrik atau sambungan kabel pada instalasi listrik rumah. Maka segera matikan MCB utama pada meteran dan cari sumber bau gosong untuk diperbaiki. Jangan dibiarkan dan jika berlarut-larut dapat menyebabkan korsleting listrik hingga kebakaran.

16. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik rumah anda tidak stabil, bisa turun bisa naik atau umum disebut orang-orang yakni spaning rendah atau tingga. Hal ini dapat menggagu perangkat elektronik rumah anda hingga bisa menyebabkan kerusakan para perangkat tersebut. Tegangan yang turun dapat menyebabkan kipas angin berputar lambar, lampu menjadi redup, dan kulkas mendengung dan sebagainya, begitu juga tegangan naik (Over Voltage) yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik Anda. Untuk mencegah dari dampak listrik yang tidak stabil dirumah Anda dapat memasang penstabil tegangan yang banyak dijual ditoko elektronik.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url